Program Unggulan
Sistem Full-day School

Sistem Full-day School

TK Islam Sabilillah Malang diselenggarakan dengan sistem semi full-day preschool,  SD dan SMP dengan sistem full-day school, sedangkan SMA dengan sistem full-day school (rintisan Boarding School Berbasis Pesantren). Dengan sistem tersebut, peserta didik mendapatkan lingkungan sosial terdidik sehari dalam rangka pembentukan karakter secara penuh pada diri peserta didik.

Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju

Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju

Pembelajaran di TK, SD, SMP, dan SMA Islam Sabilillah Malang mengadopsi pembelajaran di negara-negara maju, seperti Singapura, Australia, Amerika, Inggris, dan Turki, yaitu menggunakan pendekatan yang menyenangkan, tematik integratif, kontekstual (membumi), berbasis saintifik, dan menggunakan perangkat teknologi informasi. Pembelajaran yang dilaksanakan antara lain Kids Competition, program Observing, Describing, Show, and Telling(ODDST), pementasan hasil pembelajaran (assembly) gerakan membaca Drop Every Thing and Read in Sabilillah (DEARS), Study Excursion dan Character Camp. Profil pembelajaran membentuk siswa memiliki kemampuan 4 C’s, meliputi: 1) critical thinking skills, 2) creative thinking skills, 3) collaboration skills, dan 4) communication skills melalui pendekatan Project Based Learning (PjBL).

Everyday with Al Qur'an

Everyday with Al Qur'an

Pembelajaran Al Qur'an di TK, SD, SMP, dan SMA Islam Sabilillah Malang menggunakan metode "Sabilillah bil Qalam” yang dikembangkan, dirancang, dan diselenggarakan secara profesional sendiri oleh guru-guru yang memiliki kompetensi khusus dalam pembelajaran Al Qur'an. Pembelajaran Al Qur'an diselenggarakan untuk mengatasi masalah makin langkanya pembelajaran Al Qur'an di masyarakat. Insya Allah semua anak mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar, bahkan mampu menghafalnya (minimal tahfidzul Qur'an Juz 30). Menterjemahkan Al Qur’an (SMP) dan menafsirkannya (SMA).

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam di TK, SD, SMP, dan SMA Islam Sabilillah Malang lebih ditekankan pada proses habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah yang bertujuan memproses peserta didik menuju darajat mulia di sisi Allah (maqaman mahmudah). Amalan ibadah tersebut antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Dhuha Morning (DM),  Daily Event By Qur’an and Sunnah Principle,shalat berjamaah yg diakhiri dengan membaca asma'ul husna, shalat jum'at dan kajian keputrian. Di samping itu, peserta didik dibiasakan shalat tahajud, berdo'a dan bermunajat kepada Allah, mengikuti istighotsah, membaca shalawat nabi, puasa ramadhan, puasa senin dan kamis bagi peserta didik yang mampu, menyampaikan zakat, tabungan umroh siswa, dan mengikuti perayaan hari-hari besar Islam lainnya.

Program We Can Speak

Program We Can Speak

Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan sehari-hari, sehinga lulusan SD, SMP, dan SMA Islam Sabilillah Malang cakap dalam berbahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Pembelajaran Ekstrakurikuler

Pembelajaran Ekstrakurikuler

Pembelajaran ekstrakurikuler yang diselenggarakan terdiri dari ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Pembelajaran ekstrakurikuler wajib meliputi pramuka  dan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), sedangkan ekstrakurikuler pilihan terdiri dari pembelajaran ekstrakurikuler olah raga, seperti atletik, senam, sepak bola/futsal, basket, voli, sepak takraw, bulutangkis, bela diri, tenis meja, dan catur. Ekstrakurikuler seni budaya meliputi  seni mewarna, seni lukis, seni suara, seni tari, seni musik, seni sastra, seni gerak. Pembentukan Grup Drum Band, Sanggar Al-Banjari, Sanggar Angklung, Sanggar Teater, Grup Musik Lintas Budaya, Grup Band, Grup Orkestra, Grup Paduan Suara, dan Sanggar Ilmiah Anak Sabilillah (SIAS).

Gerakan Sekolah Bersih

Gerakan Sekolah Bersih

Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali pada hari Sabtu dilaksanakan Gerakan Sabtu Bersih (GSB). Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru melakukan bersih-bersih di kelas masing-masing dan atau membersihkan lingkungan sekitar kelas.

Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter yang dikembangkan di lingkungan LPI Sabilillah Malang bertujuan menghantarkan siswa menjadi manusia yang sempurna (insan kamil).  Pendidikan karakter di Sekolah Sabilillah Malang dikembangkan menggunakan pendekatan menyeluruh (whole school development approach), yaitu melibatkan siswa, guru dan staf, pimpinan sekolah, dan orangtua siswa. Visi pendidikan karakter adalah Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love...) yaitu: menumbuhkembangkan delapan karakter pada diri siswa, yaitu: cinta Allah dan Rasul, cinta orang tua/guru, cinta sesama, cinta keunggulan, cinta diri sendiri, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, cinta alam sekitar, dan cinta bangsa dan negara.