Program Unggulan - SD Islam Sabilillah Malang

SD Islam Sabilillah Malang

 

PROGRAM UNGGULAN - SD

LPI Sabillah Malang menyediakan lembaga alternatif tingkat SD bagi orang tua untuk mengembangkan potensi putra putrinya, secara optimal baik potensi intelek maupun spiritualyang berpedoman pada ajaran Islam. Juga meningkatkan kemampuan anak didik untuk mengembangkan diri sejalan dengan tujuan perkembangan ilmu pengetahuan pengetahuan, teknologi informasi dan budaya yang berpedoman ajaran islam.

 

  1. Visi Misi
  2. Lulusan
  3. Kurikulum
  4. Program
  5. Prestasi
  6. Pegawai
  7. MOS

VISI
Terwujudnya SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah dasar Islam unggulan dan menjadi rujukan dalam pembentukan karakter keislaman, dan kebangsaan, serta kecendekiaan anak didik bertaraf internasional
MISI
1. Mengembangkan SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah dasar Islam unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan serta menjadi rujukan sekolah dasar di tingkat nasional maupun internasional.
2. Mengembangkan SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah unggulan dan menjadi rujukan sekolah dasar di tingkat nasional maupun internasional dalam membelajarkan anak didik menjadi manusia yang memiliki kemampuan akademik yang kuat, wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan bertaraf internasional

PROFIL LULUSAN
SD Islam Sabilillah Malang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakteristik:
1. Memiliki karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love…) yaitu cinta Allah dan Rasul; cinta orang tua/guru; cinta diri sendiri, cinta sesama; cinta alam sekitar, cinta bangsa dan negara, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, dan cinta keunggulan
2. Memiliki kompetensi akademik (SSN Plus).
3. Memiliki kompetensi membaca Al Qur'an (Metode Sabilillah Bil Qolam dan Tahfidz AL Qur'an) dengan baik dan benar.
4. Memiliki kompetensi dasar-dasar berBahasa Arab dan Inggris dengan baik.
5. Memiliki keterampilan dasar dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan baik.
6. Memiliki prestasi yang tinggi dalam Ujian Nasional
7. Meraih prestasi olimpiade dan lomba-lomba di tingkat sekolah dasar baik di tingkat nasional maupun internasional.
8. Siap memasuki dan diterima di SMP unggulan yang bertaraf internasional baik di dalam maupun luar negeri.

Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran
Struktur kurikulum SD Islam Sabilillah Malang berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran:
1 Kurikulum SD Islam Sabilillah Malang terdiri dari kurikulum nasional plus dan kurikulum muatan lembaga
2 Kurikulum nasional terintegrasi dengan kurikulum muatan lembaga yang meliputi: praktik beribadah, every day with Al-Qur'an, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
3 Kurikulum nasional mengikuti kebijakan 2013, ditambah dengan mengadaptasi dan mengadopsi kurikulum muatan mata pelajaran pada salah satu negara OECD atau negara maju lainnya, sebagai ”sister school” SD Islam Sabilillah Malang.
4 Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematik integratif dan menekankan pada pembelajaran saintifik.
5 Kurikulum muatan lembaga meliputi: pembelajaran Al Qur'an, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Daerah.
6 Pola pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran tuntas (Mastery Learning) sehingga meniadakan pekerjaan rumah (PR). Siswa mendapatkan layanan bimbingan belajar remedial dan pengayaan menggunakan lembar kegiatan siswa atau portofolio lainnya.
7 Sistem penilaian menggunakaan prinsip penilaian autentik (authentic assassment) melalui berbagai macam cara. Khusus untuk pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris menekankan pada aspek berbicara menggunakan tes lisan.
8 Laporan hasil belajar setiap bulan melalui laporan akuntabilitas berupa nilai ulangan harian, portofolio, pengamatan dan perkembangan karakter siswa. Setiap akhir semester dilaporkan melalui rapor semester berupa laporan nilai akademik, pencapaian kompetensi dasar dan karakter siswa.

Program Unggulan
1. Sistem Full-day School Berbasis Pendidikan Karakter
SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan dengan sistem full-day school (sekolah sehari). Setiap hari siswa belajar satu hari penuh mulai pukul 06.40 – 15.25 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu 06.40 – 10.30 WIB. Selama satu hari siswa mendapat bimbingan dari guru yang profesional dan kompeten di bidangnya dalam menumbuh kembangkan pengetahuan dan karakter Islami secara penuh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan sistem ini juga membantu orang tua melakukan pengawasan putra-putrinya, terutama para orang tua yang memiliki mobilitas yang tinggi (sibuk).

2. Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju
Pembalaran di SD Islam Sabilillah Malang mengadopsi pembelajaran di negara-negara maju, seperti Singapura, Australia, Amerika, Inggris, dan Turki, yaitu menggunakan pendekatan yang menyenangkan, tematik integratif, kontekstual (membumi), berbasis saintifik, menggunakan perangkat teknologi informasi. Pada setiap akhir tema diselenggarakan Kids Competition atau pementasan hasil pembelajaran (assembly) dengan mengundang wali siswa. Untuk menumbuhkan budaya baca peserta didik, sekolah mengadakan program gerakan membaca yang diberi label DEARS (Drop Every Thing and Read in Sabilillah) pada hari Sabtu pukul 06.45 – 07.00 WIB. Sebagai bagian dari pembelajaran kontekstual dan untuk memupuk komitmen kebangsaan dilakukan kegiatan studi wisata yang dilaksanakan setiap bulan di wilayah kota Malang (kelas I – III) seperti: tempat rekreasi, peninggalan bersejarah, kantor pemerintahan, dan obyek kunjungan lainnya sesuai dengan tema pembelajaran. Sedangkan untuk kelas IV - VI dengan tujuan luar kota Malang dilaksanakan setiap akhir semester (termasuk di dalamnya kegitan out bond, kemah dan jelajah alam). Selain itu, dalam rangka memupuk jiwa kepemimpinan peserta didik SD Islam Sabilillah Malang mengadakan kegiatan Character Camp untuk kelas tinggi (kelas IV dan V). Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing untuk memiliki karakter-karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love...) sehingga siswa mampu menjadi teladan bagi teman-temannya dan memimpin bangsa dan Negara di masa depan.

3. Everyday with Al Qur'an
Pembelajaran Al Qur'an di SD Islam Sabilillah Malang dilakukan setiap hari dengan menggunakan metode "Sabilillah bil Qalam" (SBQ). Target pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang adalah siswa kelas IV sudah mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar yang ditandai dengan lulus ujian tashih oleh pihak luar (Pondok Ilmu Qur'an Singosari). Sedangkan untuk kelas V dan VI, target pembelajaran Al Qur'an adalah tahfidzul Qur'an (juz 30).

4. Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan tidak sekedar transfer ilmu agama, akan tetapi lebih ditekankan pada proses habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah sehari-hari. Amalan ibadah yang dilakukan antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Dhuha Morning (DM), istighotsah, pembacaan sholawat nabi, shalat dhuhur berjamaah dilaksanakan oleh masing-masing kelas bersama dengan wali kelas sebagai bentuk pembelajaran bacaan dan gerakan sholat yang baik dan benar. Untuk kelas IV – VI sholat berjamaah bersama-sama dengan jamaah umum masjid Sabilillah. Selain kegiatan ibadah rutin setiap hari, siswa SD Islam Sabilillah Malang juga dibiasakan untuk melaksanakan peringatan hari besar islam seperti: Tahun Baru Islam, Maulid Nabi Muhammad saw., Manasik Haji, Idul Qurban, Pesantren Ramadhan, Isro' Mi'roj. Semua kegiatan diselenggarakan secara rutin dalam bimbingan wali kelas dengan tujuan mulia, yaitu memproses peserta didik menuju derajat mulia di sisi Allah (maqaaman dan mahmudah)
5. Program We Can Speak
Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dilakukan oleh profesional yang diundang dari luar sekolah setiap akhir semester.

6. Pembelajaran Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler terdiri dari 4 macam ekstrakurikuler wajib yaitu: (1) ekstrakurikuler Pramuka (2) ektrakurikuler tiwisada (UKS) (3) ekstrakurikuler seni dan (4) ekstrakurikuler olah raga. Kegiatan ekstrakurikuler seni terdiri dari : Sanggar Orchrestra, Sanggar Angklung, Sanggar Vokalia ( Paduan Suara), Sanggar Lukis “Lumrah ”, Sanggar Teater “ Damar ”, Sanggar Tari, Sanggar Idea (Jurnalis Anak), Sanggar Qiro'ah (Seni Baca Al Qur'an), Sanggar Terbang Al-Banjari, Sanggar Ilmiah Anak Sabilillah (SIAS), Sabilillah English Club (SEC), Teknologi Informasi (TI).
Kegiatan ekstrakurikuler olah raga terdiri dari: Klub Sepak Bola/Futsal, Klub Basket, Klub Bulu Tangkis, Klub Bela diri (Karate/INKAI), Klub Pencak Silat, Klub Catur, Klub Tenis Meja, Klub Atletik, Klub Bola Voli Mini.
7. Gerakan Sekolah Bersih
Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali, pada hari Jum'at dilaksanakan Gerakan Jum'at Bersih. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru melakukan bersih-bersih di kelas masing-masing dan atau membersihkan lingkungan sekitar kelas. Selain kegiatan tersebut sekolah juga menjalankan program ALISA (Ayo Lihat Sampah Ambil) untuk mengajak semua kompenen sekolah khususnya siswa membiasakan membuang sampah pada tempatnya serta mengambil sampah yang tidak dibuang pada tempatnya.

Sekolah Para Juara
1. Juara Lomba Menulis Cerita (LMC) Tingkat Nasional 2013,
2. Panasonic Eco Kideas kategori Pemanasan Global Tingkat Nasional 2013,
3. Peraih Medali Perunggu Matematika Nalaria Realistik tingkat Nasional 2013,
4. Peraih NUN tertinggi se-Kota Malang 2013,
5. Peraih nilai rata-rata tertinggi ke-2 sekolah negeri dan swasta di Malang Tahun 2013
6. Juara Olimpiade MIPA tingkat Jawa Timur 2013,
7. Juara Olympiade Speedy Cerdas tingkat Nasional 2012,
8. Juara Umum PBB, Formasi dan Yel Pramuka 2012
9. Juara Lomba Dokter Kecil tingkat Nasional 2011,
10. Peraih Honorable Mantion Olimpiade Sains Kuark tingkat Nasional 2010,
11. Peraih Perunggu Olimpiade Bahasa Indonesia tingkat Nasional 2010,
12. Juara Lomba Menulis Surat untuk Bunda tingkat Jawa Timur 2010,
13. The Best Visual pada ajang KWN (Kid Witness News) Panasonic tingkat Asean dan Oceania di Malaysia 2008,
14. Juara KWN (Kid Witness News) nasional 2008,
15. Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Jawa Timur 2008,
16. Sebagai peringkat 9 besar International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2008,
17. Juara Pantomim tingkat Jawa Timur, 2008
18. Juara Lomba Sinopsis Nasional 2007,
19. Peraih nilai rata-rata tertinggi NUN sekolah swasta se-Malang tahun pelajaran 2007/2008,
20. Peraih nilai rata-rata tertinggi ke-2 NUN sekolah negeri dan swasta se-Malang tahun pelajaran 2007/2008,
21. Juara Lomba lukis tingkat Jawa Timur tahun 2007,
22. Juara Lomba Puisi tingkat Jawa Timur,
23. Juara Lomba Mural Malang tahun 2007

SD Islam Sabilillah Malang dibina oleh guru sarjana pendidikan yang kompeten di bidang pendidikan serta tenaga kependidikan yang professional sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam mendidik anak satu hari penuh (fullday school)

MOS (Majlis Orang Tua Siswa)
A. Pengertian dan Jenis
Mengacu pada Sisdiknas tentang Komite Sekolah (Pasal 56, ayat 3 UU Nomor 20 Tahun 2003), maka MOS merpupakan lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan

B. Maksud dan Tujuan Pembentukan
1. Maksud dibentuknya MOS adalah agar ada suatu forum yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan
2. Tujuan pembentukan MOS adalah sebagai berikut:
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa wali siswa dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
b. Meningkatkan tanggung-jawab dan peran serta wali siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
c. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di lembaga/satuan pendidikan

C. Fungsi dan Peran MOS
1. Fungsi MOS lembaga/sekolah adalah:
a. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitment wali siswa terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu
b. Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu
c. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
d. Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada lembaga/satuan pendidikan, mengenai berbagai hal terutama masalah peningkatan kualitas pendidikan
e. Mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan
f. Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
g. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, dan keluaran pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
2. Peran MOS adalah adalah sebagai:
a. controlling agency yaitu mengawasi (mengontrol) perencanaan dan pelaksanaan pendidikan
b. advisory agency yaitu memberikan pertimbangan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan
c. supporting agency yaitu memberikan dukungan pengelolaan sumberdaya, sarana prasarana dan anggaran
d. mediator yaitu sebagai jembatan komunikasi sekolah dan orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan

D. Organisasi
1. Majelis Orang Tua Siswa (MOS)
a. MOS Sekolah
1) Keanggotaan MOS Sekolah
a) Unsur Orang tua/wali siswa
b) Unsur Guru
c) Unsur staf administrasi
2) Kepengurusan MOS Sekolah
a) Pengurus sekurang-kurangnya terdiri atas: Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa Bidang Pengembangan
b) Pengurus diambilkan dari sebagian dari Koordinator Paguyuban Kelas
c) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
d) Ketua bukan berasal dari Tim Manajemen Lembaga
2. Paguyuban Kelas
a. Keangotaan Paguyuban kelas
1) Orang tua/wali siswa di kelas paralelnya
2) Setiap kelas terdiri dari maksimal 3 orang anggota
b. Kepengurusan Paguyuban Kelas
1) Pengurus hanya terdiri dari satu orang sebagai coordinator
2) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
3. Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)
a. Komite Sekolah wajib memiliki AD dan ART;
b. Anggaran Dasar sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat:
1) Nama dan tempat kedudukan
2) Dasar, tujuan dan kegiatan
3) Keanggotaan dan kepengurusan
4) Hak dan kewajiban anggota dan pengurus
5) Keuangan;
6) Mekanisme kerja dan rapat-rapat
7) Perubahan AD dan ART serta pembubaran organisasi

  1. Visi Misi
  2. Lulusan
  3. Kurikulum
  4. Program
  5. Prestasi
  6. Pegawai
  7. MOS

VISI
Terwujudnya SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah dasar Islam unggulan dan menjadi rujukan dalam pembentukan karakter keislaman, dan kebangsaan, serta kecendekiaan anak didik bertaraf internasional
MISI
1. Mengembangkan SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah dasar Islam unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan serta menjadi rujukan sekolah dasar di tingkat nasional maupun internasional.
2. Mengembangkan SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah unggulan dan menjadi rujukan sekolah dasar di tingkat nasional maupun internasional dalam membelajarkan anak didik menjadi manusia yang memiliki kemampuan akademik yang kuat, wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan bertaraf internasional

PROFIL LULUSAN
SD Islam Sabilillah Malang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakteristik:
1. Memiliki karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love…) yaitu cinta Allah dan Rasul; cinta orang tua/guru; cinta diri sendiri, cinta sesama; cinta alam sekitar, cinta bangsa dan negara, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, dan cinta keunggulan
2. Memiliki kompetensi akademik (SSN Plus).
3. Memiliki kompetensi membaca Al Qur'an (Metode Sabilillah Bil Qolam dan Tahfidz AL Qur'an) dengan baik dan benar.
4. Memiliki kompetensi dasar-dasar berBahasa Arab dan Inggris dengan baik.
5. Memiliki keterampilan dasar dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan baik.
6. Memiliki prestasi yang tinggi dalam Ujian Nasional
7. Meraih prestasi olimpiade dan lomba-lomba di tingkat sekolah dasar baik di tingkat nasional maupun internasional.
8. Siap memasuki dan diterima di SMP unggulan yang bertaraf internasional baik di dalam maupun luar negeri.

Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran
Struktur kurikulum SD Islam Sabilillah Malang berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran:
1 Kurikulum SD Islam Sabilillah Malang terdiri dari kurikulum nasional plus dan kurikulum muatan lembaga
2 Kurikulum nasional terintegrasi dengan kurikulum muatan lembaga yang meliputi: praktik beribadah, every day with Al-Qur'an, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
3 Kurikulum nasional mengikuti kebijakan 2013, ditambah dengan mengadaptasi dan mengadopsi kurikulum muatan mata pelajaran pada salah satu negara OECD atau negara maju lainnya, sebagai ”sister school” SD Islam Sabilillah Malang.
4 Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematik integratif dan menekankan pada pembelajaran saintifik.
5 Kurikulum muatan lembaga meliputi: pembelajaran Al Qur'an, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Daerah.
6 Pola pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran tuntas (Mastery Learning) sehingga meniadakan pekerjaan rumah (PR). Siswa mendapatkan layanan bimbingan belajar remedial dan pengayaan menggunakan lembar kegiatan siswa atau portofolio lainnya.
7 Sistem penilaian menggunakaan prinsip penilaian autentik (authentic assassment) melalui berbagai macam cara. Khusus untuk pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris menekankan pada aspek berbicara menggunakan tes lisan.
8 Laporan hasil belajar setiap bulan melalui laporan akuntabilitas berupa nilai ulangan harian, portofolio, pengamatan dan perkembangan karakter siswa. Setiap akhir semester dilaporkan melalui rapor semester berupa laporan nilai akademik, pencapaian kompetensi dasar dan karakter siswa.

Program Unggulan
1. Sistem Full-day School Berbasis Pendidikan Karakter
SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan dengan sistem full-day school (sekolah sehari). Setiap hari siswa belajar satu hari penuh mulai pukul 06.40 – 15.25 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu 06.40 – 10.30 WIB. Selama satu hari siswa mendapat bimbingan dari guru yang profesional dan kompeten di bidangnya dalam menumbuh kembangkan pengetahuan dan karakter Islami secara penuh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan sistem ini juga membantu orang tua melakukan pengawasan putra-putrinya, terutama para orang tua yang memiliki mobilitas yang tinggi (sibuk).

2. Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju
Pembalaran di SD Islam Sabilillah Malang mengadopsi pembelajaran di negara-negara maju, seperti Singapura, Australia, Amerika, Inggris, dan Turki, yaitu menggunakan pendekatan yang menyenangkan, tematik integratif, kontekstual (membumi), berbasis saintifik, menggunakan perangkat teknologi informasi. Pada setiap akhir tema diselenggarakan Kids Competition atau pementasan hasil pembelajaran (assembly) dengan mengundang wali siswa. Untuk menumbuhkan budaya baca peserta didik, sekolah mengadakan program gerakan membaca yang diberi label DEARS (Drop Every Thing and Read in Sabilillah) pada hari Sabtu pukul 06.45 – 07.00 WIB. Sebagai bagian dari pembelajaran kontekstual dan untuk memupuk komitmen kebangsaan dilakukan kegiatan studi wisata yang dilaksanakan setiap bulan di wilayah kota Malang (kelas I – III) seperti: tempat rekreasi, peninggalan bersejarah, kantor pemerintahan, dan obyek kunjungan lainnya sesuai dengan tema pembelajaran. Sedangkan untuk kelas IV - VI dengan tujuan luar kota Malang dilaksanakan setiap akhir semester (termasuk di dalamnya kegitan out bond, kemah dan jelajah alam). Selain itu, dalam rangka memupuk jiwa kepemimpinan peserta didik SD Islam Sabilillah Malang mengadakan kegiatan Character Camp untuk kelas tinggi (kelas IV dan V). Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing untuk memiliki karakter-karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love...) sehingga siswa mampu menjadi teladan bagi teman-temannya dan memimpin bangsa dan Negara di masa depan.

3. Everyday with Al Qur'an
Pembelajaran Al Qur'an di SD Islam Sabilillah Malang dilakukan setiap hari dengan menggunakan metode "Sabilillah bil Qalam" (SBQ). Target pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang adalah siswa kelas IV sudah mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar yang ditandai dengan lulus ujian tashih oleh pihak luar (Pondok Ilmu Qur'an Singosari). Sedangkan untuk kelas V dan VI, target pembelajaran Al Qur'an adalah tahfidzul Qur'an (juz 30).

4. Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan tidak sekedar transfer ilmu agama, akan tetapi lebih ditekankan pada proses habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah sehari-hari. Amalan ibadah yang dilakukan antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Dhuha Morning (DM), istighotsah, pembacaan sholawat nabi, shalat dhuhur berjamaah dilaksanakan oleh masing-masing kelas bersama dengan wali kelas sebagai bentuk pembelajaran bacaan dan gerakan sholat yang baik dan benar. Untuk kelas IV – VI sholat berjamaah bersama-sama dengan jamaah umum masjid Sabilillah. Selain kegiatan ibadah rutin setiap hari, siswa SD Islam Sabilillah Malang juga dibiasakan untuk melaksanakan peringatan hari besar islam seperti: Tahun Baru Islam, Maulid Nabi Muhammad saw., Manasik Haji, Idul Qurban, Pesantren Ramadhan, Isro' Mi'roj. Semua kegiatan diselenggarakan secara rutin dalam bimbingan wali kelas dengan tujuan mulia, yaitu memproses peserta didik menuju derajat mulia di sisi Allah (maqaaman dan mahmudah)
5. Program We Can Speak
Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dilakukan oleh profesional yang diundang dari luar sekolah setiap akhir semester.

6. Pembelajaran Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler terdiri dari 4 macam ekstrakurikuler wajib yaitu: (1) ekstrakurikuler Pramuka (2) ektrakurikuler tiwisada (UKS) (3) ekstrakurikuler seni dan (4) ekstrakurikuler olah raga. Kegiatan ekstrakurikuler seni terdiri dari : Sanggar Orchrestra, Sanggar Angklung, Sanggar Vokalia ( Paduan Suara), Sanggar Lukis “Lumrah ”, Sanggar Teater “ Damar ”, Sanggar Tari, Sanggar Idea (Jurnalis Anak), Sanggar Qiro'ah (Seni Baca Al Qur'an), Sanggar Terbang Al-Banjari, Sanggar Ilmiah Anak Sabilillah (SIAS), Sabilillah English Club (SEC), Teknologi Informasi (TI).
Kegiatan ekstrakurikuler olah raga terdiri dari: Klub Sepak Bola/Futsal, Klub Basket, Klub Bulu Tangkis, Klub Bela diri (Karate/INKAI), Klub Pencak Silat, Klub Catur, Klub Tenis Meja, Klub Atletik, Klub Bola Voli Mini.
7. Gerakan Sekolah Bersih
Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali, pada hari Jum'at dilaksanakan Gerakan Jum'at Bersih. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru melakukan bersih-bersih di kelas masing-masing dan atau membersihkan lingkungan sekitar kelas. Selain kegiatan tersebut sekolah juga menjalankan program ALISA (Ayo Lihat Sampah Ambil) untuk mengajak semua kompenen sekolah khususnya siswa membiasakan membuang sampah pada tempatnya serta mengambil sampah yang tidak dibuang pada tempatnya.

Sekolah Para Juara
1. Juara Lomba Menulis Cerita (LMC) Tingkat Nasional 2013,
2. Panasonic Eco Kideas kategori Pemanasan Global Tingkat Nasional 2013,
3. Peraih Medali Perunggu Matematika Nalaria Realistik tingkat Nasional 2013,
4. Peraih NUN tertinggi se-Kota Malang 2013,
5. Peraih nilai rata-rata tertinggi ke-2 sekolah negeri dan swasta di Malang Tahun 2013
6. Juara Olimpiade MIPA tingkat Jawa Timur 2013,
7. Juara Olympiade Speedy Cerdas tingkat Nasional 2012,
8. Juara Umum PBB, Formasi dan Yel Pramuka 2012
9. Juara Lomba Dokter Kecil tingkat Nasional 2011,
10. Peraih Honorable Mantion Olimpiade Sains Kuark tingkat Nasional 2010,
11. Peraih Perunggu Olimpiade Bahasa Indonesia tingkat Nasional 2010,
12. Juara Lomba Menulis Surat untuk Bunda tingkat Jawa Timur 2010,
13. The Best Visual pada ajang KWN (Kid Witness News) Panasonic tingkat Asean dan Oceania di Malaysia 2008,
14. Juara KWN (Kid Witness News) nasional 2008,
15. Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Jawa Timur 2008,
16. Sebagai peringkat 9 besar International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2008,
17. Juara Pantomim tingkat Jawa Timur, 2008
18. Juara Lomba Sinopsis Nasional 2007,
19. Peraih nilai rata-rata tertinggi NUN sekolah swasta se-Malang tahun pelajaran 2007/2008,
20. Peraih nilai rata-rata tertinggi ke-2 NUN sekolah negeri dan swasta se-Malang tahun pelajaran 2007/2008,
21. Juara Lomba lukis tingkat Jawa Timur tahun 2007,
22. Juara Lomba Puisi tingkat Jawa Timur,
23. Juara Lomba Mural Malang tahun 2007

SD Islam Sabilillah Malang dibina oleh guru sarjana pendidikan yang kompeten di bidang pendidikan serta tenaga kependidikan yang professional sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam mendidik anak satu hari penuh (fullday school)

MOS (Majlis Orang Tua Siswa)
A. Pengertian dan Jenis
Mengacu pada Sisdiknas tentang Komite Sekolah (Pasal 56, ayat 3 UU Nomor 20 Tahun 2003), maka MOS merpupakan lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan

B. Maksud dan Tujuan Pembentukan
1. Maksud dibentuknya MOS adalah agar ada suatu forum yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan
2. Tujuan pembentukan MOS adalah sebagai berikut:
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa wali siswa dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
b. Meningkatkan tanggung-jawab dan peran serta wali siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
c. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di lembaga/satuan pendidikan

C. Fungsi dan Peran MOS
1. Fungsi MOS lembaga/sekolah adalah:
a. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitment wali siswa terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu
b. Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu
c. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
d. Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada lembaga/satuan pendidikan, mengenai berbagai hal terutama masalah peningkatan kualitas pendidikan
e. Mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan
f. Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
g. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, dan keluaran pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
2. Peran MOS adalah adalah sebagai:
a. controlling agency yaitu mengawasi (mengontrol) perencanaan dan pelaksanaan pendidikan
b. advisory agency yaitu memberikan pertimbangan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan
c. supporting agency yaitu memberikan dukungan pengelolaan sumberdaya, sarana prasarana dan anggaran
d. mediator yaitu sebagai jembatan komunikasi sekolah dan orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan

D. Organisasi
1. Majelis Orang Tua Siswa (MOS)
a. MOS Sekolah
1) Keanggotaan MOS Sekolah
a) Unsur Orang tua/wali siswa
b) Unsur Guru
c) Unsur staf administrasi
2) Kepengurusan MOS Sekolah
a) Pengurus sekurang-kurangnya terdiri atas: Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa Bidang Pengembangan
b) Pengurus diambilkan dari sebagian dari Koordinator Paguyuban Kelas
c) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
d) Ketua bukan berasal dari Tim Manajemen Lembaga
2. Paguyuban Kelas
a. Keangotaan Paguyuban kelas
1) Orang tua/wali siswa di kelas paralelnya
2) Setiap kelas terdiri dari maksimal 3 orang anggota
b. Kepengurusan Paguyuban Kelas
1) Pengurus hanya terdiri dari satu orang sebagai coordinator
2) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
3. Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)
a. Komite Sekolah wajib memiliki AD dan ART;
b. Anggaran Dasar sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat:
1) Nama dan tempat kedudukan
2) Dasar, tujuan dan kegiatan
3) Keanggotaan dan kepengurusan
4) Hak dan kewajiban anggota dan pengurus
5) Keuangan;
6) Mekanisme kerja dan rapat-rapat
7) Perubahan AD dan ART serta pembubaran organisasi

  1. Visi Misi
  2. Lulusan
  3. Kurikulum
  4. Program
  5. Prestasi
  6. Pegawai
  7. MOS

VISI
Terwujudnya SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah dasar Islam unggulan dan menjadi rujukan dalam pembentukan karakter keislaman, dan kebangsaan, serta kecendekiaan anak didik bertaraf internasional
MISI
1. Mengembangkan SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah dasar Islam unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan serta menjadi rujukan sekolah dasar di tingkat nasional maupun internasional.
2. Mengembangkan SD Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah unggulan dan menjadi rujukan sekolah dasar di tingkat nasional maupun internasional dalam membelajarkan anak didik menjadi manusia yang memiliki kemampuan akademik yang kuat, wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan bertaraf internasional

PROFIL LULUSAN
SD Islam Sabilillah Malang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakteristik:
1. Memiliki karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love…) yaitu cinta Allah dan Rasul; cinta orang tua/guru; cinta diri sendiri, cinta sesama; cinta alam sekitar, cinta bangsa dan negara, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, dan cinta keunggulan
2. Memiliki kompetensi akademik (SSN Plus).
3. Memiliki kompetensi membaca Al Qur'an (Metode Sabilillah Bil Qolam dan Tahfidz AL Qur'an) dengan baik dan benar.
4. Memiliki kompetensi dasar-dasar berBahasa Arab dan Inggris dengan baik.
5. Memiliki keterampilan dasar dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan baik.
6. Memiliki prestasi yang tinggi dalam Ujian Nasional
7. Meraih prestasi olimpiade dan lomba-lomba di tingkat sekolah dasar baik di tingkat nasional maupun internasional.
8. Siap memasuki dan diterima di SMP unggulan yang bertaraf internasional baik di dalam maupun luar negeri.

Kurikulum Dan Sistem Pembelajaran
Struktur kurikulum SD Islam Sabilillah Malang berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran:
1 Kurikulum SD Islam Sabilillah Malang terdiri dari kurikulum nasional plus dan kurikulum muatan lembaga
2 Kurikulum nasional terintegrasi dengan kurikulum muatan lembaga yang meliputi: praktik beribadah, every day with Al-Qur'an, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.
3 Kurikulum nasional mengikuti kebijakan 2013, ditambah dengan mengadaptasi dan mengadopsi kurikulum muatan mata pelajaran pada salah satu negara OECD atau negara maju lainnya, sebagai ”sister school” SD Islam Sabilillah Malang.
4 Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan tematik integratif dan menekankan pada pembelajaran saintifik.
5 Kurikulum muatan lembaga meliputi: pembelajaran Al Qur'an, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Daerah.
6 Pola pembelajaran yang dikembangkan adalah pembelajaran tuntas (Mastery Learning) sehingga meniadakan pekerjaan rumah (PR). Siswa mendapatkan layanan bimbingan belajar remedial dan pengayaan menggunakan lembar kegiatan siswa atau portofolio lainnya.
7 Sistem penilaian menggunakaan prinsip penilaian autentik (authentic assassment) melalui berbagai macam cara. Khusus untuk pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris menekankan pada aspek berbicara menggunakan tes lisan.
8 Laporan hasil belajar setiap bulan melalui laporan akuntabilitas berupa nilai ulangan harian, portofolio, pengamatan dan perkembangan karakter siswa. Setiap akhir semester dilaporkan melalui rapor semester berupa laporan nilai akademik, pencapaian kompetensi dasar dan karakter siswa.

Program Unggulan
1. Sistem Full-day School Berbasis Pendidikan Karakter
SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan dengan sistem full-day school (sekolah sehari). Setiap hari siswa belajar satu hari penuh mulai pukul 06.40 – 15.25 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu 06.40 – 10.30 WIB. Selama satu hari siswa mendapat bimbingan dari guru yang profesional dan kompeten di bidangnya dalam menumbuh kembangkan pengetahuan dan karakter Islami secara penuh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan sistem ini juga membantu orang tua melakukan pengawasan putra-putrinya, terutama para orang tua yang memiliki mobilitas yang tinggi (sibuk).

2. Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju
Pembalaran di SD Islam Sabilillah Malang mengadopsi pembelajaran di negara-negara maju, seperti Singapura, Australia, Amerika, Inggris, dan Turki, yaitu menggunakan pendekatan yang menyenangkan, tematik integratif, kontekstual (membumi), berbasis saintifik, menggunakan perangkat teknologi informasi. Pada setiap akhir tema diselenggarakan Kids Competition atau pementasan hasil pembelajaran (assembly) dengan mengundang wali siswa. Untuk menumbuhkan budaya baca peserta didik, sekolah mengadakan program gerakan membaca yang diberi label DEARS (Drop Every Thing and Read in Sabilillah) pada hari Sabtu pukul 06.45 – 07.00 WIB. Sebagai bagian dari pembelajaran kontekstual dan untuk memupuk komitmen kebangsaan dilakukan kegiatan studi wisata yang dilaksanakan setiap bulan di wilayah kota Malang (kelas I – III) seperti: tempat rekreasi, peninggalan bersejarah, kantor pemerintahan, dan obyek kunjungan lainnya sesuai dengan tema pembelajaran. Sedangkan untuk kelas IV - VI dengan tujuan luar kota Malang dilaksanakan setiap akhir semester (termasuk di dalamnya kegitan out bond, kemah dan jelajah alam). Selain itu, dalam rangka memupuk jiwa kepemimpinan peserta didik SD Islam Sabilillah Malang mengadakan kegiatan Character Camp untuk kelas tinggi (kelas IV dan V). Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing untuk memiliki karakter-karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love...) sehingga siswa mampu menjadi teladan bagi teman-temannya dan memimpin bangsa dan Negara di masa depan.

3. Everyday with Al Qur'an
Pembelajaran Al Qur'an di SD Islam Sabilillah Malang dilakukan setiap hari dengan menggunakan metode "Sabilillah bil Qalam" (SBQ). Target pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang adalah siswa kelas IV sudah mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar yang ditandai dengan lulus ujian tashih oleh pihak luar (Pondok Ilmu Qur'an Singosari). Sedangkan untuk kelas V dan VI, target pembelajaran Al Qur'an adalah tahfidzul Qur'an (juz 30).

4. Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan tidak sekedar transfer ilmu agama, akan tetapi lebih ditekankan pada proses habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah sehari-hari. Amalan ibadah yang dilakukan antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Dhuha Morning (DM), istighotsah, pembacaan sholawat nabi, shalat dhuhur berjamaah dilaksanakan oleh masing-masing kelas bersama dengan wali kelas sebagai bentuk pembelajaran bacaan dan gerakan sholat yang baik dan benar. Untuk kelas IV – VI sholat berjamaah bersama-sama dengan jamaah umum masjid Sabilillah. Selain kegiatan ibadah rutin setiap hari, siswa SD Islam Sabilillah Malang juga dibiasakan untuk melaksanakan peringatan hari besar islam seperti: Tahun Baru Islam, Maulid Nabi Muhammad saw., Manasik Haji, Idul Qurban, Pesantren Ramadhan, Isro' Mi'roj. Semua kegiatan diselenggarakan secara rutin dalam bimbingan wali kelas dengan tujuan mulia, yaitu memproses peserta didik menuju derajat mulia di sisi Allah (maqaaman dan mahmudah)
5. Program We Can Speak
Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dilakukan oleh profesional yang diundang dari luar sekolah setiap akhir semester.

6. Pembelajaran Ekstrakurikuler
Kegiatan Ekstrakurikuler terdiri dari 4 macam ekstrakurikuler wajib yaitu: (1) ekstrakurikuler Pramuka (2) ektrakurikuler tiwisada (UKS) (3) ekstrakurikuler seni dan (4) ekstrakurikuler olah raga. Kegiatan ekstrakurikuler seni terdiri dari : Sanggar Orchrestra, Sanggar Angklung, Sanggar Vokalia ( Paduan Suara), Sanggar Lukis “Lumrah ”, Sanggar Teater “ Damar ”, Sanggar Tari, Sanggar Idea (Jurnalis Anak), Sanggar Qiro'ah (Seni Baca Al Qur'an), Sanggar Terbang Al-Banjari, Sanggar Ilmiah Anak Sabilillah (SIAS), Sabilillah English Club (SEC), Teknologi Informasi (TI).
Kegiatan ekstrakurikuler olah raga terdiri dari: Klub Sepak Bola/Futsal, Klub Basket, Klub Bulu Tangkis, Klub Bela diri (Karate/INKAI), Klub Pencak Silat, Klub Catur, Klub Tenis Meja, Klub Atletik, Klub Bola Voli Mini.
7. Gerakan Sekolah Bersih
Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali, pada hari Jum'at dilaksanakan Gerakan Jum'at Bersih. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru melakukan bersih-bersih di kelas masing-masing dan atau membersihkan lingkungan sekitar kelas. Selain kegiatan tersebut sekolah juga menjalankan program ALISA (Ayo Lihat Sampah Ambil) untuk mengajak semua kompenen sekolah khususnya siswa membiasakan membuang sampah pada tempatnya serta mengambil sampah yang tidak dibuang pada tempatnya.

Sekolah Para Juara
1. Juara Lomba Menulis Cerita (LMC) Tingkat Nasional 2013,
2. Panasonic Eco Kideas kategori Pemanasan Global Tingkat Nasional 2013,
3. Peraih Medali Perunggu Matematika Nalaria Realistik tingkat Nasional 2013,
4. Peraih NUN tertinggi se-Kota Malang 2013,
5. Peraih nilai rata-rata tertinggi ke-2 sekolah negeri dan swasta di Malang Tahun 2013
6. Juara Olimpiade MIPA tingkat Jawa Timur 2013,
7. Juara Olympiade Speedy Cerdas tingkat Nasional 2012,
8. Juara Umum PBB, Formasi dan Yel Pramuka 2012
9. Juara Lomba Dokter Kecil tingkat Nasional 2011,
10. Peraih Honorable Mantion Olimpiade Sains Kuark tingkat Nasional 2010,
11. Peraih Perunggu Olimpiade Bahasa Indonesia tingkat Nasional 2010,
12. Juara Lomba Menulis Surat untuk Bunda tingkat Jawa Timur 2010,
13. The Best Visual pada ajang KWN (Kid Witness News) Panasonic tingkat Asean dan Oceania di Malaysia 2008,
14. Juara KWN (Kid Witness News) nasional 2008,
15. Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Jawa Timur 2008,
16. Sebagai peringkat 9 besar International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2008,
17. Juara Pantomim tingkat Jawa Timur, 2008
18. Juara Lomba Sinopsis Nasional 2007,
19. Peraih nilai rata-rata tertinggi NUN sekolah swasta se-Malang tahun pelajaran 2007/2008,
20. Peraih nilai rata-rata tertinggi ke-2 NUN sekolah negeri dan swasta se-Malang tahun pelajaran 2007/2008,
21. Juara Lomba lukis tingkat Jawa Timur tahun 2007,
22. Juara Lomba Puisi tingkat Jawa Timur,
23. Juara Lomba Mural Malang tahun 2007

SD Islam Sabilillah Malang dibina oleh guru sarjana pendidikan yang kompeten di bidang pendidikan serta tenaga kependidikan yang professional sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam mendidik anak satu hari penuh (fullday school)

MOS (Majlis Orang Tua Siswa)
A. Pengertian dan Jenis
Mengacu pada Sisdiknas tentang Komite Sekolah (Pasal 56, ayat 3 UU Nomor 20 Tahun 2003), maka MOS merpupakan lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan

B. Maksud dan Tujuan Pembentukan
1. Maksud dibentuknya MOS adalah agar ada suatu forum yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan
2. Tujuan pembentukan MOS adalah sebagai berikut:
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa wali siswa dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
b. Meningkatkan tanggung-jawab dan peran serta wali siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
c. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di lembaga/satuan pendidikan

C. Fungsi dan Peran MOS
1. Fungsi MOS lembaga/sekolah adalah:
a. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitment wali siswa terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu
b. Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu
c. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
d. Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada lembaga/satuan pendidikan, mengenai berbagai hal terutama masalah peningkatan kualitas pendidikan
e. Mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan
f. Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
g. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, dan keluaran pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
2. Peran MOS adalah adalah sebagai:
a. controlling agency yaitu mengawasi (mengontrol) perencanaan dan pelaksanaan pendidikan
b. advisory agency yaitu memberikan pertimbangan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan
c. supporting agency yaitu memberikan dukungan pengelolaan sumberdaya, sarana prasarana dan anggaran
d. mediator yaitu sebagai jembatan komunikasi sekolah dan orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan

D. Organisasi
1. Majelis Orang Tua Siswa (MOS)
a. MOS Sekolah
1) Keanggotaan MOS Sekolah
a) Unsur Orang tua/wali siswa
b) Unsur Guru
c) Unsur staf administrasi
2) Kepengurusan MOS Sekolah
a) Pengurus sekurang-kurangnya terdiri atas: Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa Bidang Pengembangan
b) Pengurus diambilkan dari sebagian dari Koordinator Paguyuban Kelas
c) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
d) Ketua bukan berasal dari Tim Manajemen Lembaga
2. Paguyuban Kelas
a. Keangotaan Paguyuban kelas
1) Orang tua/wali siswa di kelas paralelnya
2) Setiap kelas terdiri dari maksimal 3 orang anggota
b. Kepengurusan Paguyuban Kelas
1) Pengurus hanya terdiri dari satu orang sebagai coordinator
2) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
3. Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)
a. Komite Sekolah wajib memiliki AD dan ART;
b. Anggaran Dasar sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat:
1) Nama dan tempat kedudukan
2) Dasar, tujuan dan kegiatan
3) Keanggotaan dan kepengurusan
4) Hak dan kewajiban anggota dan pengurus
5) Keuangan;
6) Mekanisme kerja dan rapat-rapat
7) Perubahan AD dan ART serta pembubaran organisasi

 

Polling
Bagaimana desain website kami?
Bagaimana desain website kami?
You must select at least one item to vote!

Buku Tamu