Program Unggulan - SMP Islam Sabilillah Malang

SMP Islam Sabilillah Malang

 

PROGRAM UNGGULAN - SMP

SMP Islam Sabilillah Malang menyelenggarakan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan, mengembangkan  kecendekiaan siswa bertaraf internasional dengan  pola pembelajaran ISLAMIC (Islam, Science, Language, and Multiple Intelengence Center) dan Moving Class.

 

  1. Visi Misi
  2. Lulusan
  3. Kurikulum
  4. Program
  5. Prestasi
  6. Pegawai
  7. MOS
 

VISI
Terwujudnya SMP Islam Sabilillah Malang sebagai sekolah menengah pertama unggulan dan rujukan dalam pembentukan karakter keislaman dan kebangsaan, serta kecendekiaan anak didik bertaraf internasional.

MISI

  • Mengembangkan sekolah unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan.
  • Mengembangkan sekolah unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter kecendekiaan bertaraf internasional.
  • Mengembangkan sekolah unggulan dalam membelajarkan anak didik menjadi manusia yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan keterampilan diri bertaraf internasional.

PROFIL LULUSAN
SMP Islam Sabilillah Malang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakteristik:
1. Memiliki karakter “We Love” Siswa Sabilillah Penuh Cinta
2. Memiliki kompentensi akademik (SSN plus)
3. Memiliki kompetensi membaca, tahfidz, dan terjemah Al Qur'an
4. Memiliki kompetensi berbahasa internasional (Inggris dan Arab) dengan baik dan benar
5. Memiliki keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan baik
6. Meraih prestasi yang tinggi dalam Ujian Nasional
7. Meraih medali tingkat Nasional & Internasional dalam Olimpiade pada berbagai kompetensi Ilmu Pengetahuan dan teknologi
8. Meraih medali tingkat nasional dalam berbagai lomba seni dan olahraga
9. Siap memasuki dan diterima di sekolah menengah atas unggulan, bertaraf internasional di dalam negeri maupun luar negeri.

Program Unggulan
1. Sistem Fullday School
Setiap hari siswa belajar satu hari penuh mulai pukul 06.30 – 15.30 WIB, sedangkan untuk hari Sabtu 06.30 – 11.15 WIB. Anak mendapatkan pendidikan yang utuh, dengan tiga paket pembelajaran yang terintegrasi dalam pembentukan karakter keislaman, kebangsaan, dan kecendekiaan dengan lingkungan sekolah yang kondusif.
2. Building Character Education
SMP Islam Sabilillah Malang mengembangakan pembentukan karakter siswa: cinta Allah, Rasul, orang tua dan guru, cinta diri sendiri, cinta sesama, cinta lingkungan, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi, cinta keunggulan dan cinta bangsa & negara.

3. Everyday With Al Quran (Tahfidz dan Terjemah Al Qur'an)
SMP Islam Sabilillah membelajarkan Al Quran setiap hari dengan metode Sabilillah Bil Qolam (SBQ), tahfidz dan terjemah Al Qur'an setiap hari. Akhir kelas VIII siswa memiliki sertifikat tashih membaca Al Quran dan tahfidz Al Qur'an. Akhir kelas IX siswa memiliki tashih terjemah Al Quran.
4. Bilingual
Pembelajaran Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab (We Can Speak) melalui penciptaan lingkungan dan kultur penerapan praktis penggunaan bahasa inggris dan arab dalam keseharian di sekolah.
5. Menggunakan Kurikulum Nasional Plus dan Kurikulum Muatan Lembaga
Kurikulum yang dikembangkan adalah Kurikulum Nasional Plus (KTSP Plus dan kurikulum 2013) dan Kurikulum Muatan Lembaga. Dalam pengembangannya mengadaptasi kurikulum sekolah-sekolah pada salah satu negara anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Kurikulum Muatan Lembaga yang meliputi: mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, Pembelajaran My Tecnology, Pembelajaran Al Qur'an (Sabilillah bil Qalam), Pembelajaran tahfidz dan terjemah Al Qur'an, Program Penanaman Aqidah Pagi (PAP), pembelajaran sholat nerjema'ah, sholat dhuha, sholat rowatib, amal jariyah, dan pembelajaran keislaman lainnya.
6. Pembelajaran dengan menggunakan konsep ISLAMIC (Islam, Science, Language, and Multiple Intelengence Center)
7. Pembelajaran membumi yang disemangati: Integrated Learning, Contekstual Teaching and Learning, & Problem Base Learning
8. Pembelajaran dengan sistem moving class
Kelas didesain sesuai dengan mata pelajaran dan bernuansa pengetahuan.
Menggunakan small class/kelas ideal (30 siswa tiap kelas)
9. Mastery Learning
Pola pembelajaran tuntas di sekolah sehingga meniadakan pekerjaan rumah (PR).

1. Sistem Semi Full-day Preschool Berbasis Pendidikan Karakter Dengan sistem semi full-day preschool (sekolah setengah hari), peserta didik tidak hanya mengikuti pembelajaran yang baik melainkan mendapatkan lingkungan sosial terdidik selama di sekolah dalam rangka pembentukan karakter secara penuh pada diri peserta didik. Siswa dapat belajar dan bermain di sekolah sepanjang hari dengan sarana-prasarana pendidikan yang lengkap, aman, nyaman, penuh kekeluargaan, dan menyenangkan

2. Everydaywith Al Quran Di TK Islam Sabilillah Malang diajarkan membaca Al Qur'an setiap hari. Pembelajaran Al Qur'an di TK islam Sabilillah Malang menggunakan metode Sabilillah Bil Qalam yang dikembangkan sendiri oleh guru-guru Al Quran.

3. Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam di TK Islam Sabilillah Malang diselenggarakan tidaksekedar transfer ilmu agama sebagaimana pada sekolah-sekolah pada umumnya. Pendidikan Agama Islam di TK Islam Sabilillah Malang lebih ditekankan pada proses habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah. Amalan ibadah tersebut antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), shalat dhuhur berjamaah yg diakhiri dengan dzikir. Di samping itu, semua peserta didik dibiasakan menyampaikan zakat fitrah untuk fakir miskin setiap menjelang hari raya Idul Fitri, mengikuti latihan manasik haji, menyampaikan hewan atau daging kurban bagi fakir miskin pada setiap hari raya Idul Adha. Semuanya diselenggarakan secara rutin dalam bimbingan guru kelas dengan tujuan mulia, yaitu memproses peserta didik menuju darajat mulia di sisi Allah (maqaaman mahmudah)

 4. Program We Can Speak Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan sehari-hari, sehinga lulusan TK Islam Sabilillah mengenal Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dilaksanakan melalui kegiatan praktis dengan metodepembelajaran yang menyenangkan dalam semua kegiatan pembelajaran

S. Pembelajaran Ekstrakurikuler Terdapat banyak pembelajaran ekstrakurikuler yang diselenggarakan, terdiri dari pembelajaran ekstrakurikuler wajib yaitu drumband dan pembelajaran esktrakurikuler pilihan meliputivocal, mewarnai dan menggambar, menari, tartil dan angklung.

6. Gerakan Sekolah Bersih Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali, pada hari Sabtu dilaksanakan Gerakan Sabtu Bersih (GSB). Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru untuk melakukan praktik menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah.

Sekolah Para Juara
Dalam beberapa tahun terakhir siswa SMP Islam Sabilillah Malang meraih aneka ragam kejuaraan di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Diantara prestasi yang terpilih sebagai berikut:
• Finalis International Mathematic Contest (IMC) Singapura
• Peringkat II Asian International Mathematic Olimpiad Open Contest (AIMO)
• Finalis Indonesian Scince Project Olimpiad (ISPO) Tingkat Nasional
• Peringkat IV lomba cipta Elektronik Nasional
• Peringkat VII Tolak Peluru (kelas Remaja) Tingkat Nasional
• Finalis Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) Tingkat Nasional
• National Competition for Islamic Studies & Mathematic FRC Tingkat Nasional
• Kompetisi Matematika Pasiad Tingkat Nasional
• Finalis Matematika Olimpaide Nasional Sains (OSN) Tingkat Nasional
• Finalis olimpiade sains & matematika Tingkat Se-Jawa Bali
• Peringkat II olimpiade matematika tingkat Jawa
• Finalis Fisika Olimpaide Nasional Sains (OSN) Tingkat Jawa Timur
• Peringkat VI dan IX Sprint 60 m Tingkat Jawa Timur
• Juara III Karate (kata Perorangan Putra) Tingkat Jawa Timur
• Finalis MTQ Tingkat Jawa Timur
• Juara Paskibra Tingkat Jawa Timur
• Juara Al Banjari Tingkat Jawa Timur
• Juara II Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Jawa Timur
• Finalis menulis cerpen Tingkat Jawa Timur
• Juara lomba Film Indie Tingkat Jawa Timur
• Juara Pencak Silat Tingkat Kota Malang
• Juara Fotografi & Jurnalistik Tingkat Kota Malang
• Juara lomba mading 2D dan mading 3D Tingkat Kota Malang
• Juara Desain Batik Tingkat Kota Malang
• Juara Seni Lukis Tingkat Kota Malang
• Juara Story Telling Tingkat Kota Malang
• Juara English Speech Contest Se-Malang Raya
• Juara Cerdas Cermat PAI Tingkat Kota Malang
• Juara English Olimpiade Se-Malang Raya

Pegawai

SMP   Islam Sabilillah Malang dibina oleh guru sarjana pendidikan yang kompeten di bidang pendidikan serta tenaga kependidikan yang professional sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam mendidik anak  satu hari penuh (fullday school)

MOS (Majlis Orang Tua Siswa)
A. Pengertian dan Jenis
Mengacu pada Sisdiknas tentang Komite Sekolah (Pasal 56, ayat 3 UU Nomor 20 Tahun 2003), maka MOS merpupakan lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan

B. Maksud dan Tujuan Pembentukan
1. Maksud dibentuknya MOS adalah agar ada suatu forum yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan
2. Tujuan pembentukan MOS adalah sebagai berikut:
a. Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa wali siswa dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
b. Meningkatkan tanggung-jawab dan peran serta wali siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
c. Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di lembaga/satuan pendidikan

C. Fungsi dan Peran MOS
1. Fungsi MOS lembaga/sekolah adalah:
a. Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitment wali siswa terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu
b. Melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu
c. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang diajukan oleh masyarakat
d. Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada lembaga/satuan pendidikan, mengenai berbagai hal terutama masalah peningkatan kualitas pendidikan
e. Mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan
f. Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
g. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, dan keluaran pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
2. Peran MOS adalah adalah sebagai:
a. controlling agency yaitu mengawasi (mengontrol) perencanaan dan pelaksanaan pendidikan
b. advisory agency yaitu memberikan pertimbangan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan
c. supporting agency yaitu memberikan dukungan pengelolaan sumberdaya, sarana prasarana dan anggaran
d. mediator yaitu sebagai jembatan komunikasi sekolah dan orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan

D. Organisasi
1. Majelis Orang Tua Siswa (MOS)
a. MOS Sekolah
1) Keanggotaan MOS Sekolah
a) Unsur Orang tua/wali siswa
b) Unsur Guru
c) Unsur staf administrasi
2) Kepengurusan MOS Sekolah
a) Pengurus sekurang-kurangnya terdiri atas: Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa Bidang Pengembangan
b) Pengurus diambilkan dari sebagian dari Koordinator Paguyuban Kelas
c) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
d) Ketua bukan berasal dari Tim Manajemen Lembaga
2. Paguyuban Kelas
a. Keangotaan Paguyuban kelas
1) Orang tua/wali siswa di kelas paralelnya
2) Setiap kelas terdiri dari maksimal 3 orang anggota
b. Kepengurusan Paguyuban Kelas
1) Pengurus hanya terdiri dari satu orang sebagai coordinator
2) Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
3. Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)
a. Komite Sekolah wajib memiliki AD dan ART;
b. Anggaran Dasar sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat:
1) Nama dan tempat kedudukan
2) Dasar, tujuan dan kegiatan
3) Keanggotaan dan kepengurusan
4) Hak dan kewajiban anggota dan pengurus
5) Keuangan;
6) Mekanisme kerja dan rapat-rapat
7) Perubahan AD dan ART serta pembubaran organisasi

Polling
Bagaimana desain website kami?
Bagaimana desain website kami?
You must select at least one item to vote!

Buku Tamu