Program Unggulan - TK Islam Sabilillah Malang

TK Islam Sabilillah Malang

 

PROGRAM UNGGULAN - TK

Taman Kanak-Kanak Islam Sistem Semi Fullday Preschool mengembangkan pendidikan karakter, membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak, mengenalkan baca, tulis, hitung dan bahasa internasional  melalui pembelajaran bermain dan bernyanyi sehingga siap memasuki pendidikan sekolah dasar unggulan di tingkat nasional maupun internasional.

 

  1. Visi Misi
  2. Lulusan
  3. Kurikulum
  4. Program
  5. Prestasi
  6. Pegawai
  7. MOS

VISI

Terwujudnya TK Islam Sabilillah Malang unggulan dan rujukan dalam pembentukan karakter keislaman dan kebangsaan, serta kecendekiaan peserta didik bertaraf internasional
MISI

    a.Mengembangkan TK Islam Sabilillah Malang sebagai TK Islam unggulan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter
       keislaman dan kebangsaan serta menjadi rujukan TK di tingkat nasional maupun internasional
    b.Mengembangkan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak agar
       memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan sekolah dasar unggulan di tingkat nasional maupun
       internasional
    c.Mengembangkan pendidikan pengenalan baca, tulis, hitung dan pengenalan bahasa internasional melalui pembelajaran
       bermain dan bernyanyi agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan sekolah dasar unggulan di tingkat
       nasional maupun internasional

 

TK Islam Sabilillah Malang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki karakteristik:

    1.Memiliki karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (We Love…) yaitu cinta Allah dan Rasul; cinta orang tua/guru;
       cinta diri sendiri, cinta sesama; cinta alam sekitar, cinta bangsa dan negara, cinta ilmu pengetahuan
       dan teknologi, dan cinta keunggulan
    2.Memiliki pertumbuhan dan per-kembangan jasmani dan rohani sesuai tumbuh kembang anak
    3.Memiliki perkembangan sosial emosional
    4.Memiliki kemampuan dasar membaca Al-Qur'an
    5.Memiliki kemampuan mengenal aksara dan angka dalam rangka pengenalan membaca dan menulis serta berhitung dalam
       bahasa Indonesia
    6.Mengenal kata-kata bahasa internasional
    7.Mengenal TIK
    8.Meraih prestasi dalam berbagai kompetisi
    9.Memiliki kesiapan memasuki sekolah dasar unggulan yang bertaraf internasional

KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN

    a.Sistem Semi-fullday Preschool, setiap hari siswa belajar mulai pukul 06.55 – 11.30 WIB, sedangkan untuk hari
       Sabtu dan Jumat 06.55 – 10.00 WIB
    b.Kurikulum yang dikembangkan adalah Kurikulum Nasional Plus dan Kurikulum Muatan Lembaga yang meliputi
       Program Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Sabililillah Time, Pembelajaran Al Qur'an (Sabilillah bil Qalam),
       praktik ibadah sholat, peringatan hari besar Islam, dan lain-lain
    c.Pembelajaran menekankan pada kemandirian, kreativitas dan pembiasaan  memecahkan masalah (problem solving)
    d.Sistem pembelajaran yang diterapkan adalah model area dengan prinsip Joyfull Learning
    e.Proses pembelajaran yang diterapkan mengacu pada pola pembelajaran mutakhir dalam rangka menghasilkan
       lulusan yang siap untuk menempuh pendidikan sekolah lanjutan yang unggulan dan dapat hidup bersaing
       secara global
    f.Penggunaan TIK dan pendidikan karakter terintegrasi ke dalam setiap bidang pengembangan.
    g.Pada akhir tema di adakan kegiatan penampilan siswa yang dikemas dalam kegiatan Competition Kids dan
       Assembly
    h.Untuk menambah pengalaman belajar yang nyata bagi siswa, dilakukan kegiatan Fieldtrip yaitu berkunjung
       ke tempat wisata atau tempat pembelajaran
    i.Sistem penilaian menggunakaan prinsip penilaian autentik (authentic assassment) melalui berbagai macam
       cara
    j.Laporan hasil belajar setiap bulan melalui laporan akuntabilitas berupa perkembangan belajar dan karakter
       siswa setiap bulan. Setiap akhir semester dilaporkan pula perkembangan akademik dan karakter siswa

Program Unggulan

    1.Sistem  Semi  Full-day Preschool  Berbasis Pendidikan Karakter
       Dengan sistem semi full-day preschool (sekolah setengah  hari), peserta didik tidak hanya mengikuti pembelajaran
       yang baik melainkan mendapatkan lingkungan sosial terdidik selama di sekolah dalam rangka pembentukan karakter
       secara penuh pada diri peserta didik.
       Siswa dapat belajar dan bermain di sekolah sepanjang hari dengan sarana-prasarana pendidikan yang lengkap, aman,
       nyaman, penuh kekeluargaan, dan menyenangkan
    2.Everyday with Al Qur'an
       Di TK Islam Sabilillah Malang diajarkan membaca Al Qur'an setiap hari. Pembelajaran Al Qur'an di TK Islam Sabilillah
       Malang menggunakan metode Sabilillah Bil Qalam yang dikembangkan sendiri oleh guru-guru Al Qur'an.
    3.Pendidikan Agama Islam
       Pendidikan Agama Islam di TK Islam Sabilillah Malang diselenggarakan  tidak sekedar transfer ilmu agama sebagaimana
       pada sekolah-sekolah pada umumnya. Pendidikan Agama Islam di TK Islam Sabilillah Malang lebih ditekankan pada proses
       habituasi atau pembiasaan amalan-amalan ibadah. Amalan ibadah tersebut antara lain: Penanaman Aqidah Pagi (PAP), shalat
       dhuhur berjamaah yg diakhiri dengan dzikir. Di samping itu, semua peserta didik dibiasakan  menyampaikan zakat fitrah
       untuk fakir miskin setiap menjelang hari raya Idul Fitri, mengikuti latihan manasik haji, menyampaikan hewan atau daging
       kurban bagi fakir miskin pada setiap hari raya Idul Adha. Semuanya diselenggarakan secara rutin dalam bimbingan guru
       kelas dengan tujuan mulia, yaitu memproses peserta didik menuju darajat mulia di sisi Allah (maqaaman mahmudah)
    4.Program We Can Speak
       Program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Inggris ditekankan pada pembelajaran percakapan dalam kehidupan
       sehari-hari, sehinga lulusan TK Islam Sabilillah mengenal Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang dilaksanakan
       melalui kegiatan praktis dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam semua kegiatan pembelajaran
    5.Pembelajaran Ekstrakurikuler
       Terdapat banyak pembelajaran ekstrakurikuler yang diselenggarakan, terdiri dari pembelajaran ekstrakurikuler wajib
       yaitu  drumband dan pembelajaran esktrakurikuler pilihan meliputi vocal, mewarnai dan menggambar, menari, tartil
       dan angklung.
    6.Gerakan Sekolah Bersih
       Untuk membiasakan budaya bersih, setiap 2 minggu sekali, pada hari Sabtu dilaksanakan Gerakan Sabtu Bersih (GSB).
       Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa dan guru untuk melakukan praktik menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekolah.

Sekolah Para Juara
Beberapa prestasi terpilih yang telah di raih TK Islam Sabilillah Malang diantaranya:

    1.Juara I Rancang Bangun Hari Anak Nasional  Tk. Propinsi Jawa Timur 2013
    2.Juara Umum Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    3.Juara I Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    4.The Best Costum Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    5.The Best Ritmik dan Melodis Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    6.The Best Colourguard Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    7.The Best General Efect Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    8.The best Display and Showmanship Plaza Araya Drumband Competition 2013 (Malang Raya)
    9.Juara Umum KDS Display and Play Pass Competition 2013 (Jawa Timur)
    10.Juara I KDS Display and Play Pass Competition 2013 (Jawa Timur)
    11.The Best General Effect KDS Display and Play Pass Competition 2013 (Jawa Timur)
    12.The Best Display and Showmanship KDS Display and Play Pass Competition 2013 (Jawa Timur)
    13.The Best Analisis Musik Musk Melodis KDS Display and Play Pass Competition 2013 (Jawa Timur)
    14.Juara 2 menyanyi Open House Permata Iman 2014 (Malang Raya)
    15.Juara 3 menyanyi Open House Permata Iman 2014 (Malang Raya)
    16.Juara 2 renang Open House Permata Iman 2014 (Malang Raya)
    17.Juara 1 Fashion Show Open House Permata Iman  2014 (Malang Raya)
    18.Juara 2 Hafalan Surat Pendek Open House Permata Iman 2014 (Malang Raya)
    19.Juara 1 Hafalan Surat Pendek Open House Permata Iman 2014 (Malang Raya)
    20.Juara 2 Mewarna Open House Permata Iman 2014 (Malang Raya)
    21.Juara 2 Hafalan Surat Pendek TK A Milad SD Anak Shaleh 2014 (Malang Raya)
    22.Juara 1 Fun Math TK A Milad SD Anak Shaleh 2014(Malang Raya)
    23.Juara 2 English Practice TK A Milad SD Anak Shaleh 2014 (Malang Raya)
    24.Juara 3 English Practice TK A Milad SD Anak Shaleh 2014 (Malang Raya)
    25.Juara 3 English Practice TK B Milad SD Anak Shaleh 2014 (Malang Raya)
    26.Juara 2 Menata Huruf Hijaiyah TK A Milad SD Anak Shaleh 2014 (Malang Raya)
    27.Juara Umum Milad SD Anak Shaleh 2014 (Malang Raya)

Pegawai
TK Islam Sabilillah Malang dibina oleh guru sarjana pendidikan yang kompeten di bidang pendidikan anak usia dini serta tenaga kependidikan yang professional sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam mendidik anak usia dini.

MOS (Majlis Orang Tua Siswa)
A. Pengertian dan Jenis
Mengacu pada Sisdiknas tentang Komite Sekolah (Pasal 56, ayat 3 UU Nomor 20 Tahun 2003), maka MOS merpupakan lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan

B. Maksud dan Tujuan Pembentukan
    1.    Maksud dibentuknya MOS adalah agar ada suatu forum yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli
           terhadap peningkatan kualitas pendidikan
    2.    Tujuan pembentukan MOS adalah sebagai berikut:
           a.    Mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa wali siswa dalam melahirkan kebijakan operasional
                  dan program pendidikan di lembaga/satuan pendidikan
           b.    Meningkatkan tanggung-jawab dan peran serta wali siswa dalam penyelenggaraan pendidikan di
                  lembaga/satuan pendidikan
           c.    Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan
                  dan pelayanan pendidikan yang bermutu di lembaga/satuan pendidikan

C. Fungsi dan Peran MOS
    1.    Fungsi MOS lembaga/sekolah adalah:
           a.    Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitment wali siswa terhadap penyelenggaraan pendidikan
                  yang bermutu
           b.    Melakukan kerjasama dengan masyarakat  (perorangan/organisasi/dunia usaha dan dunia industri
                  (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu
           c.    Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yang
                  diajukan oleh masyarakat
           d.    Memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada lembaga/satuan pendidikan, mengenai
                  berbagai hal terutama masalah peningkatan kualitas pendidikan
           e.    Mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung
                  peningkatan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan
           f.    Menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di lembaga/satuan
                  pendidikan
           g.    Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, dan keluaran pendidikan di
                  lembaga/satuan pendidikan
    2.    Peran MOS adalah adalah sebagai:
       a.    controlling agency  yaitu  mengawasi (mengontrol) perencanaan dan pelaksanaan pendidikan
       b.    advisory agency yaitu memberikan pertimbangan terhadap perencanaan dan pelaksanaan
                 program pendidikan
       c.    supporting agency  yaitu  memberikan dukungan pengelolaan sumberdaya, sarana prasarana
                 dan anggaran
       d.    mediator  yaitu sebagai jembatan komunikasi sekolah dan orang tua  dalam perencanaan
                 dan pelaksanaan program  pendidikan

D. Organisasi
    1.    Majelis Orang Tua Siswa (MOS)
    a.    MOS Sekolah
       1)    Keanggotaan MOS Sekolah
          a)    Unsur Orang tua/wali siswa
          b)    Unsur Guru
          c)    Unsur staf administrasi
           2)    Kepengurusan MOS Sekolah
          a)    Pengurus sekurang-kurangnya terdiri atas: Ketua, Sekretaris, Bendahara dan beberapa
                     Bidang Pengembangan
          b)    Pengurus diambilkan dari sebagian dari Koordinator Paguyuban Kelas
          c)    Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
          d)    Ketua bukan berasal dari  Tim Manajemen Lembaga
    2.    Paguyuban Kelas
    a.    Keangotaan Paguyuban kelas
       1)    Orang tua/wali siswa di kelas paralelnya
       2)    Setiap kelas terdiri dari maksimal 3 orang anggota
    b.    Kepengurusan Paguyuban Kelas
       1)    Pengurus hanya terdiri dari satu orang sebagai coordinator
       2)    Pengurus dipilih dari dan oleh anggota
    3.    Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)
    a.    Komite Sekolah wajib memiliki AD dan ART;
    b.    Anggaran Dasar sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat:
       1)    Nama dan tempat kedudukan
       2)    Dasar, tujuan dan kegiatan
       3)    Keanggotaan dan kepengurusan
       4)    Hak dan kewajiban anggota dan pengurus
       5)    Keuangan;
       6)    Mekanisme kerja dan rapat-rapat
       7)    Perubahan AD dan ART serta pembubaran organisasi

 

Polling
Bagaimana desain website kami?
Bagaimana desain website kami?
You must select at least one item to vote!

Buku Tamu