News


Peringatan Isra Mi’raj membentuk potensi diri Ananda

Isra Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam.Peristiwa yang terjadi pada 27 Rajab di tahun ke delapan kenabian ini merupakan peristiwa perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam,untuk menerima peritah dari Allah agar umatnya beriman dan melaksanakan Shalat.

Kegiatan Peringatan Isra Mi’raj ini antara lain diisi dengan beberapa macam perlombaan serta kreativitas seni antar kelas. Kegiatan Peringatan Isra Mi’raj ini bertujuan meningkatkan sikap cinta kepada Nabi Muhammad SAW. serta aturan-aturan Islam dan ajaran-ajaran Allah SWT terutama tentang shalat. Secara umum manfaat lomba peringatan bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang positif.

Lomba Isra’Mikraj dilaksanakan tanggal 7-10 Maret 2022 Pengumuman juara lomba akan diumumkan pada puncak acara Isra’ Mikraj tanggal 12 Maret 2022. Pada kegiatan Isra Mi’raj SD Islam Sabilillah Malang mengadakan lomba yaitu lomba bercerita Lomba bercerita diikuti oleh siswa kelas 1-6. Lomba diikuti oleh minimal 2 perwakilan dari masing-masing kelas Peserta bercerita tentang “Isra’ Mikraj”, boleh menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa Arab Juara akan diambil 1 terbaik di setiap level kelas (I, II, III dan IV, V,VI). Yang kedua yaitu lomba hafalan tasyahud akhir Lomba diikuti oleh siswa kelas 1-3 secara daring, Setiap kelas mengirimkan minimal 3 dan maksimal 5 perwakilan di masing-masing kelas Perwakilan kelas dipilih oleh wali kelas masing-masing. Ananda menggunakan pakaian busana muslim bebas Juara akan diambil 1 yang terbaik di setiap level kelas.

Dan lomba yang terakhir yaitu lomba hafalan Doa Qunut. Lomba diikuti oleh siswa kelas 4-6 secara daring. Setiap kelas mengirimkan minimal 3 maksimal 5 perwakilan di masing-masing kelas.Perwakilan kelas dipilih oleh wali kelas masing-masing. Lomba dilaksanakan di zoom pada tanggal 9 Maret 2022 pukul 13.00. Peringatan Isra Mi’raj kali ini fokus kepada Shalat Ananda karena dalam peringatan Isra Mi’raj, Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam,untuk menerima peritah dari Allah agar umatnya beriman dan melaksanakan Shalat.

Semoga dengan diadakan lomba yang berfokus kepada Shalat, Ananda SD Islam Sabilillah Malang selalu istiqamah melaksanakan shalat 5 waktu tidak hanya di saat lomba tetapi selalu melaksanakan dengan sadar diri serta senantiasa terus menjalakan 8 karakter salah satunya yaitu Cinta Allah dan Rasul yaitu terus menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangan-Nya.

SEMAKIN BANGGA HUT SD Islam Sabilillah Malang Ke-23

26 Oktober 2019

Read More