News


Program Up Your Skill dari Perpustakaan SD Islam Sabilillah Malang

Perpustakaan SD Islam Sabilillah Malang umumnya diselenggarakan untuk menyimpan hasil karya manusia agar bisa dipelajari oleh generasi selanjutnya dan menjadi bahan evaluasi untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Begitu pentingnya perpustakaan di dunia ilmu pengetahuan sehingga perpustakaan mau tidak mau harus diselenggarakan di setiap intansi pendidikan guna mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan memperkaya pengetahuan masyarakat di lingkungannya.

Perpustakaan SD Islam Sabilillah Malang, di samping memiliki beberapa program utama, juga terdapat program pengembangan. Salah satunya adalah program Up Your Skill, yang bertujuan menjadi sarana bagi anggota perpustakaan untuk meningkatkan soft skill di berbagai bidang. Salah satunya adalah menumbuhkan semangat warga sekolah untuk berliterasi.

Bertepatan dengan adanya peringatan hari Kartini tahun 2022, Perpustakaan SD Islam Sabilillah Malang mengadakan kegiatan UP Your Skill dengan mengajak warga sekolah untuk mengasah kemampuan di bidang menulis. Kegiatan tersebut bertajuk Challenge Menulis Buku Antologi dengan Tema “Karena Wanita Inspirasi Dunia”. Harapan dari kegiatan tersebut adalah dari secuil cerita baik itu berupa artikel ilmiah popular, Essay, Feature yang berisi kisah wanita-wanita tangguh bisa menjadi inspirasi dan semangaaat bagi wanita lain diluar sana. Karena kata pepatah Gajah mati meninggalkan gading, dan manusia dikenang dari tulisan (literasi).

Kegiatan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi pendidik maupun non pendidik, namun, ada juga kegiatan siswa yang berupa menulis puisi dengan Tema “Akulah Kartini Masa Kini”. Kegiatan Challenge Menulis yang akan dilaksanakan bertujuan sebagai berikut:

  1. Menjadi ajang dan kreasi siswa dan seluruh pegawai sekolah dalam bidang kepenulisan.
  2. Meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan guru, pegawai, dan siswa.
  3. Bagi siswa dapat menumbuhkan kecintaan dalam dunia membaca dan menulis khususnya menulis puisi.
  4. Tantangan menulis bagi pendidik dan non pendidik ini adalah bagaimana kita dapat berkisah lewat tulisan tentang perjuangan menjadi sosok wanita kuat perdetik ini.
  5. Tantang menulis ini bukan lomba ataupun kompetisi, namun kolaborasi sehingga menjadi buku antologi Kartini.

Adapun jenis kegiatan Challenge Menulis adalah tentang:

  1. Menulis Buku Antologi Kartini “Karena Wanita Adalah Inspirasi Dunia”
  2. Challenge Menulis Buku Antologi Puisi Untuk Siswa “Akulah Kartini Masa Kini”

Kegiatan Challenge Menulis ini diperuntukkan untuk guru, pegawai SISMA, dan seluruh siswa kelas 1 – 6 SD Islam Sabilillah Malang. Kegiatan Challenge Menulis dilaksanakan pada tanggal 9 – 25 Maret 2022. Selanjutnya hasil karya yang terkumpul akan dijadikan sebuah buku dan akan dilaunching pada 21 April 2022.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat siswa dalam dunia literasi khusunya membaca dan menulis.

SEMAKIN BANGGA HUT SD Islam Sabilillah Malang Ke-23

26 Oktober 2019

Read More