News


Berkarakter, Tangguh dan Menjadi Pemimpin Negarawan

Disekolah SD Islam Sabilillah Malang di awal tahun ajaran 2022-2023 menerapkan program MBK (Masa Pembentukan Karakter) dan MPK (Masa Penguatan Karakter) program ini tidak hanya di laksanakan di SD melainkan juga di laksanakan di TK, SMP maupun di SMA Borading School. Di awal tahun pembelajaran baru sekolah selalu mengawali dengan kegiatan MOKS tetapi pada tahun ajaran 2022-2023 kegiatan berganti nama dikemas dengan bentuk lain yaitu MBK (Masa Pembentukan Karakter dan MPK (Masa Penguatan Karakter).

MBK (Masa Pembentukan Karakter) ini adalah masa di mana untuk Ananda baru agar menjadi siswa yang berkarakter Tangguh dan bisa membiasakan pembiasaan yang baik. MPK (Masa Penguatan Karakter) ini adalah masa di mana untuk Ananda lama dengan tujuannya untuk memperkuat Ananda dalam pembiasaan karkater yang baik yang mana juga tidak lepas dari Pembelajaran mengintegrasikan karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Cinta 360 derajat) yaitu nilai 8 Cinta. Sebagai sekolah memiliki jargon sekolah karakter selalu mengedepankan program MBK dan MPK ini tujuannya untuk memberikan karakter tangguh dan membiasakan pembiasaan yang baik seperti pembentukan karakter jiwa kenegaraan. Fokus utama dalam pembentukan karakter jiwa kenegaraan yaitu menanamkan jiwa kedisiplinan kuat Ananda, diantaranya melalui peraturan baris berbaris (PBB) , kesamaan dan kekompakan mematuhi instruksi setiap kegiatan Ananda yang meliputi pembarisan masuk ke kelas, cara izin saat pembelajaran, do’a awal dan akhir pembelajaran, kegiatan instruksi awal makan dan setelah makan. Semua kegiatan sudah dikemas baik sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

Harapannya Ananda SD Islam Sabilillah Malang dengan program MBK dan MPK selalu tertib, disiplin rapi, berakhlakul karimah dan berjiwa pemimpin negarawan. Dalam kedisiplinan salah satu unsur yang mendasar karena di dalam kedisiplinan terdapat ketaatan dan kepatuhan dalam diri Ananda baik dalam disiplin waktu, disiplin dalam perlengkapan, dalam berpakaian, dalam bersikap dan disiplin dalam beribadah. Kemudian harapannya Ananda memiliki jiwa pemimpin negarawan yang mana dapat menerapkan jujur, mampu mengambil keputusan, bijaksana, tegas, adil, memiliki kepekaan, tidak rakus akan kekuasaan serta selalu menjadi tauladan bagi sekelilingnya. Semoga dengan adanya program MBK dan MPK Ananda selalu menerapkan jiwa kedisplinan, berkarakter baik, tangguh dan berjiwa pemimpin yang baik yang mana selalu di praktikkan baik di rumah, sekolah, saat pembelajaran berlangsung dan di masyarakat.

SEMAKIN BANGGA HUT SD Islam Sabilillah Malang Ke-23

26 Oktober 2019

Read More