News


Peringati World Diabetes Day
Guru di SD Islam Sabilillah Malang lakukan Glukotest

14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day. Pada tahun ini peringatan ini mengangkat tema The Nurse and Diabetes.

Menurut World Diabetes Day tema tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seputar peran penting perawat dalam mendukung orang yang hidup dengan diabetes. Peringatan Hari Diabetes Sedunia pada 14 November diambil dari tanggal ulang tahun salah satu penemu insulin, yang menjadi salah satu penawar dari penyakit diabetes, Frederick Banting.

Pada tahun 1991 Hari Diabetes Sedunia diperingati oleh Indonesia Development Forum (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Setiap tahun perayaan ini mengangkat tema yang berbeda. Tema difokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi risiko diabetes dan komplikasinya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia. Salah satunya yang dilakukan di SD Islam Sabilillah Malang hari ini yaitu Glukotest. Glukotest adalah prosedur pemeriksaan kadar gula (glukosa) dalam darah sesorang.

Kegiatan yang bertempat di hall 1 SD Islam SD Islam Sabilillah Malang ini terlaksana berkat kerjasama UKS SD Islam Sabilillah Malang bekerja sama dengan Ahli Gizi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kesadaran masyarakat semua guru dan karyawan terhadap diabetes. Tes gula darah bertujuan memeriksa kadar glukosa dalam tubuh Anda. Pemeriksaan ini seringkali digunakan untuk membantu dokter dalam mendiagnosis dan memantau penyakit diabetes. Pemeriksaan gula darah diperlukan untuk menyediakan informasi bagi dokter yang kemudian bermanfaat dalam menentukan pengobatan diabetes.

Bu Fatia selaku perawat di SDIS menjelaskan fungsi tes gula darah ini meliputi:

  1. Memantau efektivitas obat diabetes pada kadar gula darah
  2. Mengidentifikasi kadar gula darah, baik yang tinggi maupun rendah
  3. Memantau perkembangan penderita dalam mencapai target pengobatan diabetes
  4. Melihat pengaruh olahraga dan pola makan terhadap kadar gula darah
  5. Melihat pengaruh faktor lain, seperti penyakit tertentu atau stres

Menurut ahli gizi SD Islam Sabilillah Malang Bu Claodia, kadar gula dalam darah diatur oleh hormon bernama insulin. Namun pada penderita diabetes, insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak cukup atau tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, glukosa bisa menumpuk dalam darah. Kadar glukosa yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan organ bila tidak ditangani dengan baik.

Tes gula darah memberikan hasil instan dan menginformasikan hal-hal seperti bahwa diet atau rutinitas olahraga Anda perlu diubah, bagaimana obat atau pengobatan diabetes dapat bekerja, dan untuk mengetahui jika kadar gula darah seseorang terlampau tinggi atau terlalu rendah.

Semua guru dan karyawan di SD Islam Sabilillah melaksanakan kegiatan ini, kegiatan ini berlangsung selama beberapa 3 sesi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Salam sehat
(Red/Luk)

SEMAKIN BANGGA HUT SD Islam Sabilillah Malang Ke-23

26 Oktober 2019

Read More