News


Hadirkan Guru di Rumah Dalam Suasana Daring

Pelaksanaan pembelajaran di semester 2 ini tetap berlanjut secara daring. Semua kegiatan pembelajaran harus tetap dilakukan secara virtual dengan zoom meeting. SD Islam Sabilillah selalu berusaha memberikan layanan terbaik dalam sistem pendidikan daring ini. Meskipun belajar dari rumah, diharapkan ruh dari guru berupa didikan, motivasi dan semangat untuk siswanya terus bisa dilakukan dengan maksimal.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan guru di rumah meskipun dalam keadaan daring. Bagaimana menghadirkan guru di rumah saat keadaan pandemi ini? Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang sudah dipersiapkan dengan matang oleh sekolah untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada siswa.

Kegiatan menghadirkan guru di rumah ini diawali dengan kegiatan pagi yang secara rutin dilakukan oleh guru dan siswa. Kegiatan kelas pagi yang diawali dengan character building seperti kegiatan morning greeting, morning prayer, membaca Al-Qurán, menyanyi Indonesia Raya dan drilling time bahasa Arab maupun bahasa Inggris bersama. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penanaman karakter yang terjadwal setiap harinya, seperti upacara, senam pagi, sholat dhuha, Penanaman Aqidah Pagi dan Gerakan Sabtu bersih.

Setelah bersama-sama wali kelas masing-masing melaksanakan kegiatan pagi. Selanjutnya para siswa sesuai dengan jadwal pelajaran bergabung dalam kegiatan pembelajaran secara virtual dengan zoom meeting dan didukung dengan layanan web based learning sekolah Sabilillah. Selanjutnya, diakhiri dengan nasihat guru dan doa penutup bersama.

Semua kegiatan ini dilakukan dengan sangat teratur dan tanpa meninggalkan pembiasaan yang sudah menjadi jiwa di dalam SD Islam Sabilillah Malang. Selain itu, yang kalah penting saat waktu free time, guru juga selalu menyampaikan sapaan dan mengingatkan siswa di rumah terkait jadwal pelajaran selanjutnya dan memperbanyak komunikasi dengan mereka baik melalui chat maupun video call.

Dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan ini, harapannya SD Islam Sabililllah Malang selalu dapat menghadirkan para gurunya di rumah siswa masing-masing. Sehingga menjadikan siswa tetap semangat, merasa dibimbing dan diajak untuk tetap melakukan pembiasaan baik yang biasa dilakukan di sekolah secara langsung.

SEMAKIN BANGGA HUT SD Islam Sabilillah Malang Ke-23

26 Oktober 2019

Read More