News


Serunya Belajar Bahasa Arab dengan Nathiq dari Sudan

Kegiatan We Can Speak merupakan program pembelajaran bahasa asing di SD Islam Sabililah Malang. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membekali siswa untuk memiliki kemampuan berbahasa asing baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab dalam berkomunikasi dalam pembelajaran maupun pembiasaan sehari-hari.

Tujuan utama dalam program ini ada kemampuan berbicara (speaking) Ananda kelas 1-6 SD Islam Sabilillah Malang. Untuk menumbuhkan kemampuan ini tentunya perlu pembiasaan mempraktikkannya langsung dengan penutur aslinya, yaitu para speaker yang berasal dari Negara asing yang sudah terbiasa menggunakan kedua bahasa ini.

Pada pembahasan kali ini kita akan bersama-sama mengikuti kegiatan we can speak kelas 1 SD Islam Sabilillah Malang yaitu Muhadatsah ma'a Nathiq. Kegiatan yang biasa disebut dengan Nathiq ini sendiri diadakan dengan mengundang speaker dari luar negeri yang terbiasa menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari

Kegiatan ini dilakukan setiap 1 bulan sekali. Meskipun dalam kondisi pandemi pelaksanaan kegiatan ini tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya namun dengan cara daring melalui zoom meeting. Namun, meskipun begitu, suasana dan keseruannya tentu tidak kalah dengan pelaksanaannya yang biasa dilakukan secara langsung.

Bagaimana pelaksanaan Nathiq di kondisi daring ini? Yuk kita simak ulasannya bersama-sama.

Pelaksanaan Muhadatsah ma'a Nathiq dimulai dengan penjadwalan yang sudah dilakukan oleh coordinator we can speak. Kelas-kelas atau level kelas secara bergantian melaksanakan kegiatan ini sesuai dengan jadwalnya yang sudah ditentukan. Kegiatan Nathiq ini dilakukan dengan mengundang speaker dari luar negeri untuk mengisi materi dan mengajak Ananda berinteraksi terkait tema yang sudah ditentukan. Para tutor ini bergabung di link zoom kelas dengan didampingi oleh guru kelas dan guru bahasa Arab.

Seperti kemarin Sabtu 13 Februari 2021 kegiatan Muhadatsah ma'a Nathiq dilaksanakan di kelas 1 SD Islam Sabilillah Malang. Dalam kegiatan ini, speaker dari Sudan bernama Mohammed Alfadil sengaja diundang untuk mengajak Ananda membahas materi serta mengajak Ananda berinteraksi. Tema yang menjadi bahasan dalam pertemuan kali ini adalah tema Tumbuhan dan Hewan dalam bahasa Arab. Masing-masing Ananda mendapatkan kesempatan dalam berbincang langsung dengan kak Fadil dari Sudan.

Dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.30 ini Ananda benar-benar mempraktikkan cara berkenalan, menyapa dengan bahasa Arab yang benar, kemudian Ananda juga bertanya tentang negara Sudan dan terlihat sekali Ananda sangat antusias. Ananda juga mendapatkan informasi dan bisa bertukar pengalaman tentang budaya dan kebiasaan para tutor di negara asalnya serta membahas tumbuhan dan hewan khas di Negara Sudan.

Semangat Ananda kelas 1 SD Islam Sabilillah Malang sungguh luar biasa. Pada awal kegiatan sudah sangat terlihat sekali Ananda sangat antusias dalam menyambut speaker masuk bergabung join bersama mereka. Kemudian Ananda juga sangat bersemangat ketika diberi kesempatan untuk bertanya jawab langsung dengan kak Fadil.

Dari kegiatan ini kesan Ananda sangat positif dan menyenangkan. Kegiatan ini membuat Ananda dengan leluasa mempraktikkan ilmu yang sudah diajarkan guru bahasa Arab tentang menyapa dalam bahasa Arab serta percakapan lainnya dalam bahasa Arab. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan barokah untuk Ananda semua. Amiin

SEMAKIN BANGGA HUT SD Islam Sabilillah Malang Ke-23

26 Oktober 2019

Read More