News


MENJAGA KESEHATAN DIRI ANANDA TK BELAJAR BERSAMA DOKTER

Bulan lalu (13/03/2020), TK Islam Sabilillah Malang (TKIS) mendapatkan kunjungan istimewa dari para dokter, yakni drg. Yossy Widya Anggini dan dr. Erianto Fanani yang mengajak belajar bersama tentang pola hidup sehat. Kegiatan di mulai pada pukul 08.00 WIB dengan di bagi menjadi dua kelompok sesuai dengan levelnya yaitu A dan B.

Siswa kelas A mendapat bimbingan dari dr. Erianto, sedangkan kelas B oleh drg. Yossy. Selama materi berlangsung, Ananda sangat antusias dan seksama dalam mendengarkan pengarahan para dokter tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dengan hidup sehat, mereka juga angkat tangan memberikan jawaban ketika di beri pertanyaan oleh dokter. tak jarang siswa juga berani bertanya kepada kedua dokter tersebut.

drg Yossy menerangkan kepada anak- anak agar senantiasa makan sayur dan buah buahan dan menghimbau agar tidak jajan sembarangan, karena bisa saja jajan yang di beli banyak mengandung pemanis buatan, pengawet, pewarna yang sangat merugikan kesehatan, lebih baik jajan dikoperasi sekolah dan lebih bersih dan sehat masakan mama di rumah. Beliau juga menerangkan pentingnya olah raga secara teratur, baik di sekolah maupun di rumah karena sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak anak agar terhindar dari penyakit, juga berat badan dapat terkendali dengan baik.

Sementara itu dr. Erianto dalam paparannya menjelaskan salah satu penyebab menularnya penyakit karena perilaku yang kurang sehat, misalnya saat batuk dan bersin tidak menutup mulut dan hidung. Hal itulah yang menyebabkan virus berpotensi pindah ke orang lain. “Jadi kalau bersin harus ditutup dengan tangan, setelah itu cuci tangan yang bersih dan benar,” ungkapnya.

Semua siswa aktif dan antusias mendengarkan penjelasan para dokter sebagai nara sumber hari itu, keaktifan ini membuat para narasumber semakin antusias menyampaikan materinya, mereka juga mengajak siswa untuk praktik cuci tangan dengan benar. drg. Yossy sangat interaktif mengajak anak anak menghafal urutan mencuci tangan dengan iringan lagu baby shark. Tentu saja membuat siswa semakin semangat mengikuti gerakan cuci tangan yang benar dan cepat hafal karena menyenangkan.

“Penyuluhan kesehatan ini merupakan agenda rutin sekolah di bidang pengembangan UKS dan juga masuk pada pembelajaran karakter cinta diri sendiri. Selain itu, memberikan wawasan kepada anak tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan semoga profesi dokter juga dapat menginspirasi ananda, ” ungkap Ana Maslicha, S.Pd, Kepala TKIS. Tak hanya itu, para dokter juga mengedukasi siswa dalam menyikapi virus Corona atau Covid 19, dan cara melindungi diri dari penyakit tersebut. Semoga ilmu yang mereka dapatkan bermanfaat dengan terbiasa menjaga kesehatan dan rajin cuci tangan denga sabun. (Red/Ren)

PUPUK JIWA PATRIOTISME, AJAK SISWA KUNJUNGI MUSEUM

03 Oktober 2019

Read More