News


TK Islam Sabilillah Malang Santuni Anak Yatim dan Gelar Lomba Poster

Wajah santri Panti Asuhan Miftahul Huda, Pakis tampak bahagia. Ada rasa yang sepertinya ingin disampaikan ketika dikunjungi guru TK Islam Sabilillah Malang. Semua terlihat sumringah dan berkumpul penuh keakraban.

Di Bulan Muharram 1442 Hijriah ini, TK Islam Sabilillah kembali berbagi kasih. Kali ini dengan para santri Panti Asuhan Miftahul Huda Pakis (26/8) lalu. Para guru berkunjung sekaligus menyampaikan amanah dari siswa dan orang tua siswa TK Islam Sabilillah.

Ada beberapa bingkisan untuk santri. Juga ada sembako dan perlengkapan untuk mandi, ditambah juga uang tunai untuk memenuhi kebutuhan para santri yatim piatu di panti asuhan tersebut.

Santunan tersebut diberikan Kepala TK Islam Sabilillah Nurul Chotimah, S.Pd.I dan diterima langsung oleh Pengasuh Panti Asuhan Miftahul Huda, Khusnul Rofiq.

Mungkin tidak banyak, tapi bantuan tersebut begitu berarti. Terlebih saat ini masa pandemi. Kebutuhan anak-anak yatim harus tetap terpenuhi karena itu amanah yang telah ditetapkan oleh agama.

Ungkapan terima kasih yang disampaikan oleh Khusnul Rofiq dalam pertemuan tersebut, menggambarkan kegembiraan yang begitu dalam. Teriring juga dengan doa untuk kemaslahatan dan kemajuan TK Islam Sabilillah.

“Terimakasih atas bantuan bagi anak-anak kami. Semoga TK Islam Sabilillah semakin maju dan berkah,” ucapnya.

Ketua Panitia Muharram Hanik Maulidah, S.PdI mengatakan, santunan anak yatim tidak lepas dari upaya pendidikan. Muharram menjadi momentum mendidik siswa agar peduli pada sesama.

“Karena dana santunan ini merupakan hasil dari amal anak-anak setiap minggunya,” kata Hanik.

Unsur pendudikan lainnya mengajarkan pada siswa TKIS, bahwa Tahun Baru Islam dirayakan saat Bulan Muharram. Salah satunya dengan menyantuni anak-anak yatim sebagaimana ajaran Rasulullah SAW. “Sebagai bentuk pengamalan cinta kita pada sesama,” imbuhnya.

Kunjungan ke panti asuhan merupakan agenda rutin TKIS setiap Bulan Muharram. Biasanya juga melibatkan orang tua siswa. Namun tahun ini hanya guru saja. Hal itu tak lepas dari kondisi pandemi Covid-19.

“Kami tidak ingin terlalu merepotkan orang tua di masa pandemi ini, apalagi sifatnya juga mendadak,” ungkapnya.

Selain santunan pada anak yatim, TK Islam Sabilillah juga menggelar lomba. Yakni lomba poster dipadukan dengan video yang menayangkan anak mengucapkan Tahun Baru Islam.

Happy Islamic New Year 1442 H. Demikian narasi di poster tersebut. Ada juga yang menggunakan Bahasa Indonesia. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H.

Siswa pun membawakannya dalam bentuk video dengan gaya masing-masing. Terlihat kreatif dan seperti biasanya karakter siswa TKIS, mereka aktif dan ceria.

“Assalamualaikum Teacher. Nama saya Celina Leona, mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam,” ucap Celina, salah satu siswi kelas A-2 dalam videonya.

Karya poster tersebut dibuat sendiri oleh siswa. Kelas A dan B dengan kriteria yang sama. Ketentuan pemenangnya diambil tiga juara di setiap kelas.

MENJAGA KESEHATAN DIRI ANANDA TK BELAJAR BERSAMA DOKTER

13 Maret 2020

Read More
TK Islam Sabilillah Latih Siswa Kritis Dengan Sains Virtual

1 September 2020

Read More