KESISWAAN


Program kesiswaan merupakan pola kegiatan pembinaan untuk mengarahkan dan membentuk peserta didik mempunyai karakter disiplin dan taat pada tata tertib sekolah.

Pola pembinaan kesiswaan yang dilakukan di SD Islam Sabilillah Malang dilaksanakan melalui kegiatan OSPIS (Orientasi Sistem Pendidikan Islam Sabilillah) peserta didik baru, Masa Orientasi Karakter Sabilillah, pendidikan kepramukaan dan leadership, Paskibra, ekstrakurikuler, PHBI, PHBN, dan lainnya.

Dalam rangka membina kemandirian dan prestasi siswa, maka dilakukan berbagai macam pembinaan. Pola pembinaan yang dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Penerimaan Siswa Baru
  2. Penerimaan peserta didikbaru dilaksanakan melalui 2 jalur:

    1. Internal (alumni TKIS)
    2. Alumni TK Islam Sabililah dapat melanjutkan ke SD Islam Sabilillah Malang secara langsung tanpa seleksi, dengan melakukan daftar ulang pada waktu yang telah ditentukan.

    3. Eksternal (alumni non TKIS)
    4. Jalur eksternal dibuka setelah jalur internal terpenuhi. Peserta harus mengikuti kegiatan wawancara, yang meliputi: (1) Wawancara Kesiapan Belajar, dan (2) Wawancara orang tua/wali.

  3. Masa Orientasi Karakter Siswa (MOKS)
    1. Kegiatan MOKS bertujuan untuk membina karakter kedisiplinan, pembiasaan kegiatan ibadah, dan akhlaqul karimah, dan pembiasaan karakter baik lainnya.
    2. MOKS dilaksanakan pada awal semester.
  4. Ketentuan Seragam
  5. Setiap peserta didikwajib mengenakan seragam sekolah lengkap sesuai dengan ketentuan sekolah :

    1. Jenis Seragam Sekolah
      • Senin – Selasa : baju merah putih dengan atribut lengkap
      • Rabu : baju Hijau dan Rompi dengan atribut lengkap
      • Kamis : baju batik & bawahan hitam
      • Jum’at : busana muslim dengan kopyah hitam/jilbab
      • Sabtu : Pramuka Lengkap (hasduk dan atribut lengkap)
    2. Bentuk Seragam untuk kelas IV - VI
      • Putra : celana panjang, baju lengan panjang, rompi (Rabu)
      • Putri : rok panjang, baju lengan panjang dan berjilbab.
    3. Atribut sekolah
      • Setiap berpakaian dilengkapi nama siswa, bedge, dan lokasi SD Islam Sabilillah Malang.
      • Bertopi/berjilbab, berdasi dengan logo SD Islam Sabilillah Malang.
      • Bersepatu hitam, berkaus kaki warna putih, dan warna hitam khusus hari sabtu.
      • Mengenakan ikat pinggang hitam berlogo SD Islam Sabilillah.
      • Seragam olah raga sekolah dipakai saat pelajaran olah raga.
    4. Perlengkapan Shalat
      • Bagi putra menggunakan sarung dan kopyah hitam.
      • Bagi perempuan menggunakan mukena putih polos terusan.
  6. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
    1. Pengembangan pendidikan karakter di SD Islam Sabilillah Malang didasarkan pada keprihatinan seluruh pimpinan, guru, dan staf LPI Sabilillah Malang oleh demoralisasi di kalangan anak–anak dan para remaja Indonesia akhir-akhir ini yang semakin lama semakin marak.
    2. Karakter peserta didik yang diharapkan adalah Siswa Sabilillah Penuh Cinta, yaitu cinta 360 derajat yang terdiri dari 8 cinta yaitu: Cinta Allah dan Rasul, Cinta Orang Tua/Guru, Cinta Sesama, Cinta Keunggulan, Cinta Diri Sendiri, Cinta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Cinta Alam Sekitar, Cinta Bangsa dan Negara
    3. PPK di SD Islam Sabilillah Malang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh (whole school development approach), ialah suatu pendekatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat sekolah, yaitu siswa, guru dan staf, kepala sekolah dan pemimpin pendidikan lain, orang tua siswa. Semua dikerahkan melalui pengembangan kesedaran siswa, program strategis dan kebijakan sekolah, program pembelajaran di kelas, dan program kemitraan orang tua.

    Integrasi Pendidikan Karakter Peserta didik meliputi :

  7. Pembelajaran Ekstrakurikuler
  8. Jenis ekstrakurikuler yang dikembangkan di SD Islam Sabilillah Malang adalah ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler wajib pilihan. Ekstrakurikuler wajib adalah pendidikan Kepramukaan yang wajib diikuti semua peserta didik kelas I-V.

    Ekstrakurikuler pilihan sebagai wadah pembinaan kreativitas peserta didik ada 22 macam ekstrakurikuler yang terbagi dalam ekstrakurikuler seni dan olah raga. Jenis ekstrakurikuler pilihan terinci sebagai berikut.

    Ekstrakurikuler Seni:
    1. Lukis
    2. Vokalia
    3. Biola
    4. Sanggar Ilmiah SIAS,
    5. Al-banjari
    6. Tari
    7. Qiro’ah
    8. Teater DAMAR
    9. Dokter kecil (TIWISADA)
    10. Jurnalis anak (IDEA)
    11. Band islami
    12. Angklung
    13. Robotika

    Ekstrakurikuler Olahraga:
    1. Sepak bola/futsal
    2. Bola volli mini
    3. Basket
    4. Bulu tangkis
    5. Karate
    6. Pencak silat Pagar Nusa
    7. Tenis meja
    8. Catur
    9. Atletik

    Kegiatan ekstrakurikuler dilatih oleh pelatih profesional yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, pukul 07.00–11.15 WIB. Setiap siswa dapat memilih jenis ekstra sesuia minat dan bakatnya melalui angket yang diisi oleh orang tua. Ketika kelas I – III, peserta didik dapat pindah pilihan jenis ekstrakurikuler, sebagai penjajakan bakat minat yang dimiliki. Pada kelas IV – V, peserta didik sudah memilih 1 jenis ekstrakurikuler yang akan diikuti untuk pembinaan yang lebih intensif. Penjaringan khusus dilakukan bagi peserta didik yang berminat untuk mengikuti ekstrakurikuler Paskibra. Kegiatan Trening centre dilaksanakan bagi siswa yang akan mengikuti lomba kejuaraan. Pembinaan prestasi akan diberikan kepada peserta didik yang menjadi delegasi lomba/kejuaraan oleh tim expart.

  9. Pembinaan Prestasi Olimpiade
  10. Upaya pembinaan kompetensi olimpiade dilaksanakan secara rutin di sekolah pada jenjang kelas III – VI. Mata pelajaran pembinaan olimpiade meliputi Matematika dan IPA. Kegiatan pembinaan dilakukan oleh guru khusus dengan alokasi waktu 4 kali seminggu @ 2 JP. Kegiatan Trening centre olimpiade dilaksanakan bagi siswa yang akan mengikuti lomba olimpiade. Penjaringan peserta kelas olimpiade dilaksanakan pada kegiatan Olimpiade Siswa Sabilillah (OSS).

  11. Kegiatan Kesiswaan dan Sosial
    1. Pagelaran Simphoni Khasanah Bangsa (SKB)
    2. Pagelaran SKB merupakan kegiatan puncak unjuk prestas ekstrakurikuler musik, yang diselenggarakan setiap Bulan Desember.

    3. Olimpiade Sains Sabilillah (OSS).
    4. Penyelenggaraan OSS merupakan wadah untuk mencari bibit siswa berprestasi olimpiade Matematika dan Sains. Dari hasil penyelenggaraan OSS tersebut akan ditindaklanjuti dengan pembinaan prestasi dalam bentuk Kelas Olimpiade dan trenning centre yang dibina oleh guru olimpiade.

    5. Festival Lomba Olahraga dan Seni Sabilillah (FLOSS)
    6. Kegiatan FLOSS merupakan kegiatan perlombaan pada berbagai bidang ekstrakurikuler. Dari hasil kejuaraan tersebut, siswa yang berprestasi akan masuk pada Tim Inti ekstrakurikuler dengan pembinaan khusus untuk menjdi delegasi lomba yang mewakili sekolah.

    7. Sabilillah Scout Camp (SSC)
    8. Penyelenggaraan SSC merupakan punck kegiatan ekstrakurikuler wajib yaitu pendidikan Kepramukaan. Pada kegiatan SSC dilaksanakan dalam bentuk Perkemahan Sabtu-Minggu dan pelantikan Dewan Galang Pramuka.

    9. Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta didik (LDKS)
    10. Kegiatan LKDS dilakukan sebagai wahana bagi peserta didikdalam rangka menumbuhkembangkan aspek kepemimpinan peserta didik. Peserta LDKS adalah peserta didik kelas III, IV, dan V setelah melalui mekanisme pemilihan yang ketat.

  12. Program TASS (Tabungan Anak Sholeh Sabilillah)
  13. Kegiatan menabung dilakukan setiap hari Sabtu, melalui petugas khusus. Program TASS ini tidak ada bunga, dan hanya bisa diambil pada saat lulus sekolah (digunakan untuk kegiatan akhir seperti Studi tour kelas VI dan kegiatan pelepasan siswa). Membiasakan peserta didik untuk hidup hemat, dan melatih peserta didik mengelola uangnya sendiri dengan baik.

  14. Amal Sosial
    1. Friday Charity,dilaksanakan setiap hari Jumat yang pelaksanaannya dikoordinir oleh pengurus kelas.
    2. Amal muharram, dilakukan rutin setiap bulan Muharram. Amal Muharram umumnya berupa uang, alat sekolah, dan pakaian yang selanjutnya dirupakan PAKET SANTUNAN yang disumbangkan ke anak yatim serta disalurkan ke beberapa panti asuhan.
    3. Amal Idul Adha, dilakukan selama satu bulan penuh. Setiap kelas berlomba-lomba untuk beramal dan mendapatkan minimal satu hewan Qurban.
  15. Kunjungan Wisata & Kunjungan Tematik
    1. Kunjungan Wisata dilaksanakan oleh kelas IV – VI, pada akhir semester dengan tujuan luar kota atau luar negeri (opsional).
    2. Kunjungan Tematik dilaksanakan pada kelas I – III d dilaksanakan setiap bulan di wilayah kota Malang.
    3. Lokasi tujuan kunjungan tematik meliputi tempat khusus yang berkaitan dengan Tema pada pelajaran, seperti tempat bersejarah, sarana sosial, fasilitas umum, atau tempat-tempat yang dihubungkan dengan pembelajaran kontekstual yang dapat menunjang pembelajaran dan wawasan peserta didik.
  16. Layanan Bimbingan Konseling
  17. Layanan bimbingan dan konseling diadakan setiap hari dengan satu orang Psikolog dan satu orang konselor. Layanan konseling dimaksudkan untuk membantu peserta didikdalam mengembangkan potensi dan pribadi peserta didikyang optimal. Program utama layanan bimbingan dan konseling adalah :

    • pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat,
    • pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat;
    • pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar untuk mengikuti pendidikan sekolah secara mandiri.
  18. Usaha Kesehatan Siswa
  19. Layanan Unit Kesehatan (UKS) meliputi pemeriksaan kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut, telinga hidung tenggorokan (THT) secara berkala. Dalam kasus tertentu juga melayani perawatan dan rujukan setiap saat jika diluar kemampuan petugas UKS. Fasilitas UKS meliputi : Ruang UKS, Tim Medis yang terdiri dari 1 Dokter Umum, 1 Dokter THT, 1 Perawat, dan 1 Ahli Gizi. Untuk menunjang pemantauan status kesehatan siswa, setiap peserta didik mendapat Buku Paspor.