PROGRAM KESISWAAN


A. Doa Pembelajaran

Kegiatan doa pembelajaran dilaksanakan setiap hari 5 menit sebelum memulai kegiatan pagi dan 2 menit sebelum mengikuti pembelajaran oleh seluruh siswa kelas 1 sampai 6. Teknisnya siswa membaca bersama guru setiap memulai pembelajaran. Tujuannya adalah siswa dapat melafalkan, menghafalkan, memahami, dan membiasakan berdoa sebelum pembelajaran dimulai.

B. Kegiatan UKS


Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan kesehatan di sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kesehatan. Targetnya untuk menerapkan komponen-komponen dalam Semerbak di lingkungan sekolah. Kegiatan UKS dapat berupa penyuluhan kesehatan, pembinaan dokter kecil, pelayanan konseling, dan pembinaan lingkungan sehat.

C. Program Karakter


SD Islam Sabilillah merupakan lembaga pendidikan yang LPI Sabilillah Malang yang sangat konsen dengan penanaman karakter kepada peserta didiknya. Penanaman karakter disemaikan dalam setiap kegiatan yang dikembangkan, baik intra kurikuler, ko kurikuler, maupun ekstra kurikuler. Tujuannya adalah untuk membentuk siswa berakhlakul karimah untuk mencapai maqaman mahmuda yang memiliki 8 karakter cinta (cinta Allah dan Rasul, cinta orang tua dan guru, cinta sesama, keunggulan, diri sendiri, IPTEK, alam sekitar, bangsa dan negara).

D. Semerbak

Semerbak (Sehat, Menyenangkan, Rapi, Bersih, dan Berkarakter) bertujuan untuk memastikan, membiasakan, dan mewujudkan setiap kelas rapi dan bersih. Kegiatannya berbentuk penugasan (merapikan meja dan kursi, mengisi papan pajangan, dan membersihkan kelas) , metode demonstrasi (classroom tour), dan diskusi (kegiatan MOKS).

E. Shalat Duha


Kegiatan shalat duha bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan membiasakan Ananda melaksanakan amalan sunnah. Ananda ditargetkan untuk mampu melafalkan, menghafalkan, dan mengamalkan shalat sunnah duha dengan baik dan istiqomah. Bentuk kegiatannya adalah Ananda melaksanakan shalat sunnah duha bersama kemudian membaca secara talqin bersama guru.

F. Ekstrakurikuler


Setiap siswa mendapat pembinaan tiga jenis ekstrakurikuler yaitu; ekstrakurikuler wajib, pilihan ekstrakurikuler olahraga, dan pilihan ekstrakurikuler seni. Kegiatan ekstrakurikuler dibina oleh pelatih profesional dari luar sekolah yang dilaksanakan setiap hari Sabtu. Ekstrakurikuler wajib: pramuka atau paskibra. Ekstrakurikuler olahrga: futsal, bola basket, bola voli, bulutangkis, tenis meja, pencak silat, karater, catur, dan atletik. Ekstrakurikuler seni: sanggar tari, lukis, teater, qiroah, biola, band islami (drum, gitar, piano, angklung), vokalia, dokter kecil, jurnalis anak, albanjari, sanggar ilmiah anak, kriya anyam.

G. Klub Bidang Studi Matematika dan IPA

Pembinaan klub bidang studi dilakukan untuk siswa kelas olimpiade. Pemetaan siswa dibentuk berdasarkan placement test bakat dan minat. Pembinaan klub dilakukan oleh guru khusus klub Matematika dan IPA yang berkompeten di bidangnya.

H. PHBI dan PHBN


Kegiatan memperingati hari besar Islam dan hari besar Nasional dilakukan di SD Islam Sabilillah Malang secara rutin. Kegiatan dikemas dengan melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, serta MOS (Majelis Orang Tua Siswa). Kegiatan PHBI diantaranya: peringatan Muharram, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ Mi’raj, dan hari Santri. Kegiatan PHBN diantaranya, peringatan HUT RI, hari pahlawan, hari pramuka, hari kesaktian Pancasila, hari sumpah pemuda, dan hari batik nasional.

I. Kunjungan Wisata/Kunjungan Tematik


Kegiatan kunjungan wisata/kunjungan tematik merupakan kegiatan siswa SD Islam Sabilillah Malang untuk belajar di luar sekolah yang disesuaikan dengan tema pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengalaman belajar siswa secara langsung dan sekaligus sebagai kegiatan rekreatif siswa.

J. Masa Pembentukan Karakter (MBK)


Masa Pembentukan Karakter adalah masa dimana siswa SD Islam Sabilillah Malang kelas I memperoleh pembinaan karakter sesuai dengan program yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang. Kegiatan ini dilakukan di awal semester satu selama 4 minggu. Diakhir Masa Pembentukan Karakter, siswa SD Islam Sabilillah Malang kelas I akan mengikuti pembaretan MBK.

K. Masa Penguatan Karakter (MPK)


Masa Penguatan Karakter adalah masa dimana siswa SD Islam Sabilillah Malang kelas II - VI memperoleh pembinaan penguatan karakter sesuai dengan program yang sudah ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang. Kegiatan ini dilakukan di awal semester satu selama 2 minggu. Monitoring penguatan karakter dilakukan oleh wali kelas secara berkelanjutan.