Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Jambore Pramuka Kwarcab Malang Tahun 2024: Tingkatkan Keaktifan dan Kemandirian Anggota Pramuka SMP Islam Sabilillah Malang

29 August 2024

Pramuka memang harus berjiwa “Setia Siap Sedia” dalam setiap kondisi, begitu pula dengan anggota Pramuka SMP Islam Sabilillah Malang. Mereka siap mengikuti kegiatan “Jambore Cabang Kota Malang Tahun 2024” yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yakni tanggal 29-31 Agustus 2024 berlokasi di Camp Ground Taman Rekreasi Sengkaling. Kegiatan ini dikuti oleh 16 Ananda kelas 8 yang merupakan anggota dari Pramuka Garuda. Tentu saja Ananda tidak mengikuti kegiatan ini sendirian, mereka didampingi oleh Bapak Muhammad Kholil Bisri, S.Pd dan Bu Emilia Wilda Rosyidah, S.Si selaku Guru Pendamping Ekstrakurikuler Pramuka SMP Islam Sabilillah Malang.

Para Ananda sampai di Camp Ground Taman Sengkaling pada hari Kamis (29/08) pagi. Sesampainya di lokasi tersebut, para Ananda diarahkan untuk menuju ke ruangan registrasi untuk memverifikasi data siswa serta pengecekan jumlah anggota. Setelah tahap registrasi selesai, para Ananda menuju ke tendanya masing-masing. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai aktivitas seperti Galang Produktif, Galang Cakap Saka, Galang Petualang, dan berbagai Game Persahabatan yang bertujuan untuk mengakrabkan seluruh Anggota Pramuka yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Malang. Ketika sore hari tiba, kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Pembukaan yang diikuti oleh seluruh Ananda, Guru Pendamping, serta Panitia. Pembina pada Upacara Pembukaan Jambore Malang kali ini adalah Bapak Drs. Alie Mulyanto, M.M. selaku Staff Ahli Bidang Pembangunan, kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia Kota Malang. Beliau menyampaikan beberapa hal mengenai pentingnya kegiatan Jambore Cabang Kota Malang tahun 2024 serta tidak lupa melakukan penyematan simbolis tanda peserta kepada 2 (dua) peserta sebagai perwakilan.

Setelah kegiatan Upacara Pembukaan berakhir, para peserta dipersilahkan untuk menyanyikan yel-yel kebanggannya. Yel-yel tersebut dinyanyikan oleh semua ranting secara bergantian, termasuk para Ananda SMP Islam Sabilillah Malang yang tergabung dalam Kwartir Ranting Lowokwaru. Para Ananda tampak bersemangat dan energik ketika menyanyikan yel-yel kebanggaan tersebut. Setiap teriakan, tepukan tangan, dan hentakan kakinya benar-benar terasa menyenangkan untuk dilihat dan didengarkan. Tak lama kemudian, nyanyian yel-yel berakhir dan dilanjutkan dengan kegiatan Game Persahabatan, Galang Cakap Saka serta ditutup secara apik dengan Pentas “Malam Budaya Malangan”. Salah satu Ananda yang menjadi peserta Jambore Cabang Malang Tahun 2024, Garashya Aliya Almahyra (Kelas 8C) berujar, “Saya sangat senang mengikuti kegiatan Jambore ini. Alhamdulillah bisa membangun kekompakan dengan sesama Anggota Pramuka serta mendapatkan teman-teman baru dari sekolah yang lain. Kegiatan selama dua hari ini sangat menyenangkan dan berkesan buat saya.”

Translate