Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Our First Project in English Fun Learning

27 September 2024

Implementasi kurikulum Cambridge yang dilaksanakan oleh seluruh siswa kelompok A, TK Islam sabilillah Malang 1 mewujudkan pembelajaran berbasis proyek. Artinya, anak-anak diminta untuk menghasilkan sebuah proyek karya denga ide yang diciptakan sendiri.
Saat ini, kegiatan English Fun Learning untuk kelompok A yang menggunakan kurikulum Cambridge telah mencapai pada lesson 6. Pada lesson 6 ini, anak-anak diajak untuk terlebih dahulu melakukan observasi. Adapun observasi yang dilakukan bertujuan untuk mengamati beragam bentuk bangun yang ada di sekolah. Sebelumnya, ketika pembelajaran di kelas anak-anak telah dikenalkan tentang topik materi shape. Dalam topik tersebut, anak-anak belajar mengenal berbagai bentuk mulai dari circle (lingkaran), square (persegi), rectangle (persegi panjang), dan triangle (segitiga). Tindak lanjut dari pembelajaran di dalam kelas adalah anak-anak diajak untuk observasi kemudian eksekusi dengan membuat proyek gambar bangunan sekolah berdasarkan ide masing-masing.
Proyek membuat bangunan sekolah ini dikerjakan secara berkelompok yang terdiri dari 5-6 orang setiap kelompoknya. Diawali dari kegiatan planning untuk merencanakan dan membuat sketsa gambar sekolah. Adapun observasi dan planning dilaksanakan saat kegiatan English Fun Learning pada hari Kamis, 19 September 2024. Kemudian kegiatan eksekusi membuat proyek dengan menempel berbagai bentuk bangun dari kertas origami menjadi bentuk bangunan sekolah sesuai sketsa gambar yang telah dirancang sebelumnya dilaksanakan pada hari Jumat, 20 September 2024. Anak-anak terlihat antusias dan saling berdiskusi bersama anggota kelompoknya masing-masing, baik pada saat kegiatan planning maupun eksekusi proyek. Hasil dari kegiatan proyek ini akan ditampilkan dalam kegiatan English On Stage yang rutin diadakan setiap akhir bulan.
Pelaksanaan kurikulum Cambridge di TK Islam Sabilillah Malang 1 merupakan kali pertama bagi anak-anak khususnya bagi kelompok A. Namun, dengan adanya kegiatan yang menarik seperti membuat proyek dapat memacu kemampuan kolaborasi dan kreativitas dalam merancang karya berdasarkan ide yang dimiliki oleh anak-anak. Diharapkan melalui kegiatan pada lesson 6 ini dapat menumbuhkan dan mendorong anak-anak untuk memiliki rasa kreatif. Selain itu, diharapkan juga dapat membantu anak-anak untuk memiliki kemampuan bekerja sama yang baik.

Translate