Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Para Siswa Kelas 8 SMP Islam Sabilillah Malang Mempelajari Ragam Tanaman Teh pada Kegiatan Outing Class

26 September 2024

Kegiatan Outing Class di SMP Islam Sabilillah Malang pun terus berlanjut, kali ini giliran para siswa kelas 8 yang berkesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan Outing Class ini dilaksanakan pada hari Kamis (26/09) pagi dengan destinasi tempat yang edukatif yaitu Agrowisata Teh Wonosari yang berlokasi di Bodean Putuk, Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Terdapat 192 siswa kelas 8 serta 9 guru yang siap mendampingi mereka selama kegiatan Outing Class ini berlangsung. Seperti biasa para siswa dikondisikan terlebih dahulu untuk mengikuti kegiatan pagi di kelasnya masing-masing. Tak lupa para wali kelas juga mengecek kehadiran siswanya.

Kemudian para siswa diarahkan oleh para guru untuk memasuki mobil armada sesuai dengan kelompok yang telah dibagikan sebelumnya. Perjalanan kali ini cukup lama karena menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam sehingga para rombongan baru sampai di Agrowisata Teh Wonosari pada pukul 09.00 WIB. Para guru pun mulai mengondisikan para siswa untuk memasuki lokasi tersebut, beruntungnya mereka telah disambut oleh para pemandu wisata yang mengajak mereka berkeliling di pabrik teh untuk mengetahui proses produksi dari daun teh segar menjadi produk teh yang siap diminum. Mereka juga diajak untuk melihat kebun teh yang sangat luas dan indah.

Setelah mempelajari banyak hal mengenai teh, para siswa berkumpul dengan wali kelasnya masing-masing untuk melakukan piknik bersama. Mereka menggelar tikar serta menyiapkan berbagai makanan dan minuman yang akan dinikmati bersama. Para siswa dan guru terlihat sangat bahagia ketika kegiatan piknik berlangsung karena mereka bisa mengobrol dengan lebih santai serta lebih nyaman. Lalu, guru pendamping mengarahkan mereka untuk melakukan shalat Dhuhur berjamaah dan makan siang. Tidak lupa mereka juga diberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk dikerjakan. LKS kali ini berisikan berbagai pertanyaan seputar jenis-jenis teh, cara menanam teh yang baik, langkah-langkah produksi teh, jenis produk teh yang dihasilkan serta cara pendistribusian setiap produk teh. Kemudian LKS tersebut dikumpulkan kembali ke guru pendamping dan mereka pun dikondisikan untuk memasuki mobil armadanya masing-masing. Para rombongan bersiap untuk melakukan perjalanan pulang kembali ke sekolah. 

Translate