Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

10 Buku Karya Siswa Jadi Kado Istimewa

11 March 2023

Karya-karya hebat telah dihasilkan siswa SMP Islam Sabilillah Malang. Karya tersebut berupa buku-buku sebagai hasil hasil dari pembinaan literasi di sekolah ini. Ada 10 buku yang sudah diterbitkan dalam kurun waktu lima bulan terakhir. Dan semuanya telah ber-ISBN. Terbitan dari Litnus. Literasi Nusantara. 10 buku karya siswa tersebut menjadi kado istimewa HUT ke-20 SMP Islam Sabililah Malang.

Nur Lailiyah, S.Pd, M.Pd sebagai guru SMP Islam Sabilillah Malang bangga akan kreasi dan keterampilan anak didiknya. Program literasi yang selama ini digalakkan guru membuahkan hasil nyata. Hasil yang bisa dinikmati oleh semua orang. Tidak hanya siswa sendiri.

Waka Kurikulum SMP Islam Sabilillah Malang ini mengatakan produktivitas karya literasi di SMP Islam Sabilillah terus mengalami peningkatan. Semester sebelumnya siswa menghasilkan lima buku. Sedangkan semester ini ada sepuluh buku yang dihasilkan.

Sebagai apresiasi dan ungkapan rasa bangga, buku-buku tersebut dilaunching bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-20 SMP Islam Sabilillah Malang, Sabtu (27/2) lalu. “Ini produk asli anak-anak kami. Kami bangga mereka menghasilkan karya tulis yang bisa dibukukan dan hasilnya luar biasa,” katanya kepada Malang Posco Media, siang kemarin.

Sepuluh buku yang ditulis siswa kali ini beraneka ragam. Diantaranya berupa antologi puisi, cerpen bahasa indonesia, bahasa Inggris, karya cerpen karya tunggal dan antologi esai populer. Antara lain berjudul Goresan Warna, Unrelated Tales, Janji Seorang Ayah, Pals, Alam Raya, Tirta Amarta Yang Rebah, Pelangi Di Pohon Akasia dan sebagainya.

Karya-karya itu merupakan hasil dari pembinaan siswa, termasuk mereka yang tergabung dalam klub literasi. Salah satu program unggulan SMP Islam Sabililah. Mereka membuat karya yang hasilnya kemudian diseleksi untuk dibukukan.

Saat peringatan Hari Ibu beberapa waktu lalu, juga ada lomba karya puisi. Dari karya yang dilombakan itu ada proses seleksi oleh guru. Beberapa yang dinilai bagus, selanjutkan dibuat buku. “Setidaknya kami sudah memiliki 20 buku karya siswa. Semakin lama kualitasnya semakin bagus,” terang Lia, sapaan akrabnya.

Dia menjelaskan bahwa klub literasi terus berinovasi untuk membuat karya-karya hebat. Mereka harus memiliki projects. Sehingga ada karya-karya baru yang bisa dipublikasikan. Salah satunya berupa buku. Dan tidak menutup kemungkinan untuk juga berkolaborasi dengan program pembinaan lainnya. Seperti English club. Yang juga program unggulan SMP Islam Sabilillah.

Kolaborasi ini sudah menghasilkan karya yang tidak biasa. Yakni buku-buku siswa yang berbahasa Inggris. “Seperti buku cerpen yang berbahasa Inggris. Itu merupakan karya hasil kolaborasi klub literasi dengan English club,” kata Lia.

Kepala SMP Islam Sabililah Malang, Ani Rahmawati,S.Pd.,M.Pd mengatakan, selain program Projects Based Learning (PjBL), literasi menjadi satu program strategis yang dikembangkan SMPIS. Ia berharap kedepannya para siswa memiliki literasi yang semakin baik.

“Kita patut bersyukur begitu panjang perjalanan SMPIS Malang hingga mencapai usia 20 tahun dengan segudang prestasi mulai dari tingkat regional hingga nasional. Termasuk semakin produktif menghasilkan karya buku,” tuturnya.

Rahma menambahkan, SMPIS akan terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Termasuk juga dengan pengembangan karakter dan pembiasaan yang sudah dilakukan selama ini.

“Mencapai usia 20 tahun pembelajaran harus lebih berkualitas. Sehingga harapan kami SMPIS lebih maju dan lebih sukses, sesuai dengan yel-yel kami ‘Semoga Semakin Hebat,” tandasnya.

Translate