Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Ajang Peningkatan Motivasi dan Prestasi Siswa

03 October 2023

Competition Day SD Islam Sabilillah berlangsung sukses. Kegiatan tahunan ini telah menjadi wadah ekspresi dan kompetisi kepada lebih dari 500 siswa KB/TK/BA se Malang Raya. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Hari terakhir sebagai hari apresiasi bagi para juara, dilaksanakan Minggu (1/9) lalu.

Ketua Pelaksana Competition Day SD Islam Sabilillah, Vindy Foniastuti, S.Pd mengatakan tahun ini ada sebanyak 528 peserta yang mengikuti 10 kategori lomba. Yaitu lomba Futsal, Mewarnai Kategori A, Mewarnai B, Menyusun Huruf Hijaiyah, Story Telling, Salat Berjamaah, Gerak dan Lagu, Tari Kreasi, Matematika Kreatif, dan Hafalan Surat Pendek.

Semua bidang lonba tersebut telah meliputi tida bidang kompetensi. Antara lain bidang olahraga, seni dan akademik. “Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan sukses. Semua peserta mengikuti dengan penuh semangat,” katanya, Senin (2/10) kemarin.

Competition Day merupaan event SD Islam Sabilillah yang membawa spirit mencetak generasi yang kompetitif. Karena salah satu profil lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) adalah lulusan yang berprestasi.

Maka budaya berprestasi itu ditularkan kepada anak-anak TK/BA untuk menjadi pribadi yang kompetitif dan berdaya saing. Salah satunya melalui kegiatan perlombaan dalam event Competition Day.

Di perlombaan ini hanya diambil tiga juara. Juara 1, 2 dan 3 dari setiap bidang lomba. Dan Juara Umum Competitin Day tahun ini kembali diraih BA Restu 1. Dan lembaga ini sudah tiga kali memperoleh gelar Juara Umum. Itu artinya BA Restu 1 berhak memperoleh Piala Tetap Juara Umum.

“Selamat untuk para pemenang. Kami berharap tetap bersemangat dalam belajar dan berlatih. Termasuk yang belum juara, tetap optimis masih ada kesempatan meraih juara di kesempatan yang lain,” kata dia.

Sebagai Ketua Panitia, Vindy menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak yang terlibat dalam acara. Baik lembaga-lembaga KB/TK/BA/RA yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Comptition Day.

Termasuk kepada pengurus Majelis Orang Tua Siswa (MOS) SD Islam Sabilillah Malang yang telah melibatkan diri menyebar informasi dan undangan dalam menghimpun peserta. “kami sampaikan terimakasih atas semua dukungannya. Termasuk para panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini,” ucapnya.

Vindy menjelaskan Competition Day memiliki banyak tujuan. Antara lain menumbuhkan sikap dan rasa percaya diri anak. Melalui ajang kompetisi mental anak akan semakin kuat. Dan itu akan berpengaruh pada kepercayaan diri mereka. “Apabila individu percaya diri dapat melakukan sesuatu, maka akan timbul motivasi dalam diri mereka untuk melakukan yang terbaik,” tuturnya.

Dia menambahkan, Competition Day yang dilaksanakan SD Islam Sabilillah Malang bertujuan untuk memotivasi siswa agar selalu berprestasi. Harapannya, siswa TK/RA/BA terbangun keinginan yang kuat untuk bekerja keras demi mencapai tujuan.

“Kegiatan Competition Day bertujuan untuk meningkatkan motivasi anak untuk berprestasi, mengembangkan potensi anak dan mengembangkan kreatifitas mereka dalam bidang akademik maupun non akademik,” pungkasnya.

Translate