Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Berita Bilal Bin Rabah

13 August 2022

Setiap kita mendengar nama "Bilal" tentu konotasinya adalah nama sahabat terkenal di zaman Nabi Muhammad SAW. Ia adalah "kekasih" Rasulullah yang bertugas untuk mengumandangkan adzan setiap shalat. Akan tetapi Bilal yang dimaksud di sini bukan Bilal Muadzin Rasulullah itu, tetapi orang yang tugasnya pemberi aba-aba, lebih tepatnya penyambung suara imam.

Sewaktu hendak dilaksanakan shalat/khotbah dialah (Bilal) yang menyampaikan kepada jama'ah dengan kata-kata yang khas. Pada hari Jum'at dapat disaksikan ketika imam akan naik mimbar maka Bilal akan mendengungkan aba-aba agar jama'ah tenang, mendengarkan khotbah secara sungguh-sungguh.

Bilal juga mengatakan, siapa bicara atau menegur teman sebelahnya dengan suara yang bisa membuat gaduh maka ia kehilangan pahala Jum'atannya meski memakai bahasa Arab yang terkadang sulit dicema.

Siswa SMA Sabilillah malang boarding school dilatih dan dibimbing untuk menjadi bilal di masjid Al-Irfan kampus dua Sabilillah. Tujuan dari penugasan ini adalah membentuk kepribadian baik dan karakter yang berakhlaqul karimah, menanamkan semangat islami, kebangsaan dan cinta tanah air, meningkatkan keterampilan dan keberanian tampil ditempat umum, sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, pejuang tangguh dan menjadi calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan.

Agenda ini adalah wadah yang tepat bagi semua siswa Sabilillah untuk bisa mengembangkan potensi diri. Demi tercapainya tujuan tersebut, semua siswa Sabilillah Malang harus dilibatkan dalam berbagai kegiatan islami yang bersifat mendidik. Kegiatan tersebut haruslah bisa meningkatkan kualitas siswa Sabilillah agar lebih siap terjun sebagai generasi pemimpin bangsa dan pemimpin peradaban dunia yang memberikan solusi dalam setiap permasalahan dan solid dalam segala aksi.

Translate