Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Gebyar HUT ke-21 SMP Islam Sabilillah Malang; Kuatkan Dimensi Saintis Dan Berprestasi

24 February 2024

Pemandangan tak biasa terlihat di SMP Islam Sabilillah Malang, Sabtu (24/2) lalu. Aneka macam produk inovasi siswa dipamerkan. Itu semua merupakan hasil karya siswa dari program Assembly My Project. 

Dalam satu tahun pelajaran, SMP Islam Sabilillah menghasilkan empat tema karya assembly my project. Tema yang terbaru adalah Sustainable Living. Dari tema tersebut diharapkan munculnya ide dan gagasan kreatif siswa tentang kehidupan berkelanjutan. Tentu dengan sebuah karya produk inovasi. 

Kepala SMP Islam Sabilillah Malang, Ani Rahmawati, M.Pd mengatakan assembly my project merupakan satu wujud upaya sekolah dalam melahirkan lulusan yang saintis. Inilah salah satu dari enam profil  lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang. Lima lainnya adalah agamis, qurani, pemimpin negarawan, multilingual, dan berprestasi. 

“Inilah komitmen kami dalam melahirkan para lulusan yang nantinya menjadi pemimpin masa depan, pemimpin peradaban dunia,” ujar Rahma, sapaan akrabnya. 

Pameran siswa itu, ditampilkan dalam kegiatan Gebyar HUT Ke-21 SMP Islam Sabililah, Sabtu lalu. Dalam kesempatan tersebut, SMP Islam Sabilillah memberikan awarding pada Projects Based Learning (PjBL) terbaik untuk siswa tiap tingkatan. “Kategorinya ada yang the best project, ada juga yang sesuai forces keunggulan anak-anak,” terang Rahma. 

Dimensi Profil Berprestasi juga terlihat di gebyar HUT ke-21 ini. Dalam setahun ini, berbagai prestasi nasional dan internasional telah diraih siswa. Dan tiga tim My Project akan dikirim untuk lomba internasional. Dua tim mengikuti secara online dan satu offline untuk menjelaskan karyanya dengan bahasa Inggris. 

Ke depannya, keenam dimensi profil lulusan tersebut akan terus dikawal dan dikuatkan. Untuk dimensi multilingual, SMP Islam Sabilillah tak hanya menerapkannya dalam pembelajaran. Pekan depan, siswa-siswi kelas 8 akan diajak untuk belajar dan berkunjung ke luar negeri dalam program English Immersion. “Kita akan ke Malaysia selama lima hari satu angkatan,” ujar Rahma. 

Selain awarding PJBL, rangkaian HUT kali ini juga dimeriahkan berbagai kegiatan. Diawali dengan Jalan Sehat. Sebelum pemberangkatan, ratusan balon warna-warni dilepaskan. Membuat langit SMP Islam Sabilillah saat itu tampak berwarna. “Hingga usia yang kini telah mencapai 21 tahun, kami terus berkomitmen menyediakan pendidikan dengan kualitas terbaik,” ucap Rahma di sela kegiatan. 

Selanjutnya, ada launching taman sekolah persembahan majelis orang tua siswa, dan stand learning festival. Total ada 15 stand learning festival. 12 stand siswa SMP Islam Sabilillah dan 3 stand partisipasi dari Satuan Unit lain Sekolah Islam Sabilillah. 

Ada pula launching buku karya siswa. Kali ini SMP Sabilillah melaunching 10 karya buku. “Ada tujuh karya tunggal dan tiga karya antologi,” ujar Ayu Fajariya Mulyono, S.Pd, Ketua Panitia HUT ke-21 SMP Islam Sabilillah Malang. 

Asisten Direktur II LPI Sabilillah Malang, Drs. H. Muh. Ishom Ihsan, M.Pd dalam sambutan pembukaan jalan sehat menyampaikan bahwa kesuksesan yang telah dicapai SMP Islam Sabilillah adalah kesuksesan bersama. Hasil kerja sama yang baik antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan dukungan LPI Sabilillah. 

Dia memberikan apresiasi atas kolaborasi positif pengelola SMP Islam Sabilillah dan majelis orang tua siswa (MOS). Salah satunya bisa menjalankan perayaan HUT kali ini. “Terus maju LPI Sabilillah, terus maju SMP Islam Sabilillah,” ucapnya. 

Translate