Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Gelar Outbound, Asah Mental Kepemimpinan Siswa

16 June 2023

Menjelang masuk Sekolah Dasar anak-anak Kelompok B TK Islam Sabilillah Malang mendapat penguatan karakter. Rabu (14/6), mereka Outbound Kids di Apple Sun Learning Center. Dalam kegiatan ini TK Islam Sabilillah bekerjasama dengan Kaliwatu Learning Adventure Tourism.

BERANI: Siswa TK Islam Sabilillah saat mencoba sebuah permainan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian

Dari pukul 8.00 hingga pukul 12.00 WIB para siswa tampak menikmati setiap kegiatan yang didampingi tim fasilitator. Ada dua jenis permainan. Circuit game, terdiri dari beberapa permainan. Dan High Ropes, terdiri dari flying fox, spider net dan Jembatan Burma.

Mereka tampak bersemangat untuk dapat melalui setiap rintangan yang dihadapi. Tanpa kenal lelah dan tidak pernah menyerah. Inilah ciri khas siswa Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA). Tangguh, berani dan percaya diri.

Wakil Kepala TK Islam Sabilillah Malang Sumarni, S.Hum mengatakan, outbond yang digelar untuk memperkuat karakter itu. Supaya anak didiknya semakin hebat. Semakin terampil dan berani. Terutama saat mereka sudah menjadi siswa SD. “Kegiatan ini untuk mempersiapkan anak-anak kami. Agar mereka lebih siap untuk masuk SD,” ujarnya.

Arni menjelaskan permainan tersebut berkaitan dengan penguatan karakter. Khususnya untuk memperkuat profil lulusan SISMA yang memiliki enam muatan. Salah satunya profil negarawan.

Dari profil ini siswa dilatih untuk dapat memimpin dan dipimpin dengan baik. Jiwa pemimpin ditumbuhkan mulai sejak dini. Diantaranya melalui inovasi dan kreativitas.

“Negarawan yang menjadi salah satu profil lulusan SISMA dikembangkan melalui kegiatan atau pembelajaran. Dari situlah anak-anak kami beri pelatihan kepemimpinan, kerjasama, kekompakan, kecekatan dan sebagainya,” terang Arni.

Arni menambahkan, kegiatan outbound yang dikemas outdoor mendekatkan siswa pada alam. Ada interaksi anak dengan lingkungan sekitar. Dari itu salah satu karakter Sabilillah Penuh Cinta ditumbuhkan. Yakni cinta lingkungan. “Banyak sekali karakter positif yang dapat ditumbuhkan melalui kegiatan ini. Kami senang karena konsep kegiatan yang diberikan oleh fasilitator sesuai dengan kurikulum saat ini,” ujarnya.

Outbound Kids merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di akhir tahun pembelajaran untuk siswa Kelompok B. Tujuannya supaya mereka lebih siap baik secara mental maupun karakter.

Tahun ini, kegiatan Outbound Kids diikuti sebanyak 71 siswa. Mereka didampingi tim guru sebanyak delapan orang. “Kami juga berterima kasih kepada orang tua yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan dengan sukses,” pungkasnya.

Translate