Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Haflah Akhirussanah Tahun Ajaran 2022-2023 SD Islam Sabilillah Malang, Perkuat Nilai Cinta Budaya Bangsa

27 June 2023

SD Islam Sabilillah Malang menggelar Haflah Akhirussanah Tahun Ajaran 2022-2023. Kegiatan ini menjadi ajang ekspresi bagi siswa. Semua tampil dengan keterampilan masing-masing.

Panggung megah di halaman Masjid Sabilillah menjadi sarana mereka menunjukkan kemampuannya di hadapan orang tua. Haflah Akhirussanah adalah program rutin, dan tahun ini kembali digelar secara spektakuler.

Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (24/6) lalu. SD Islam Sabilillah mengangkat tema “Kibarkan Cinta Nusantara”. Beragam karya berupa seni budaya bangsa ditampilkan dengan apik oleh seluruh siswa.

Kepala SDI Sabilillah Malang, Qoniah Agustina,S.Pd mengatakan, kegiatan Haflah Akhirussanah merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan kembali sejak vakum tahun 2018 lalu. “Alhamdulillah, kita bisa kembali melaksanakan, dan berlangsung dengan lancar dan sukses. Antusias para siswa dan orangtua juga sangat luar biasa,” ucap Qoniah.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh siswa dari kelas 1-6 yang berjumlah lebih dari 830 siswa menampilkan karya-karya terbaiknya. Dengan memakai kostum dari beberapa budaya yang ada di Indonesia. Para siswa mampu menghibur seluruh undangan dengan bernyanyi, menari maupun drama kolosal.

Ada lima tema busana budaya adat Nusantara yang dipakai sesuai dengan kelas masing-masing. Untuk kelas satu memakai busana budaya Betawi, kelas dua memakai adat Jawa dengan menyanyikan Tembang Dolanan, kelas tiga dengan adat Bali, kelas empat Adat Kalimantan, kelas lima dengan busana Sumatra. Sedangkan untuk kelas enam perpaduan dari seluruh adat yang dipakai oleh kelas 1 sampai dengan kelas 5.

“Dipilihnya tema Kibarkan Cinta Nusantara adalah untuk menanamkan salah satu delapan cinta yang dimiliki SD Islam Sabilillah Malang, salah satunya adalah cinta bangsa dan negara,” ujar Qoniah.

Dia juga menyampaikan, penampilan para siswa yang meriah ini tidak terlepas dari peran para guru pembimbing. Dengan waktu yang kurang lebih hanya satu minggu, siswa mampu menampilkan penampilan yang luar biasa, ditambah dengan animasi video, semakin menambah meriahnya penampilan mereka.

“Harapannya, bisa memotivasi para siswa untuk lebih cinta bangsa dan negara. Kemudian, bisa bersama-sama menyatukan para siswa untuk lebih rukun, karena setelah ini mereka naik ke jenjang berikutnya dan lebih bahagia menyambut tahun ajaran baru,” tambah Qoniah.

Dalam kegiatan tersebut, SD Islam Sabilillah juga memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi. Setiap kelas diambil nilai teratas tiga besar dan satu kategori siswa berkarakter. Anugerah prestasi tersebut merupakan bentuk penghargaan guru kepada siswa yang selama ini telah berjuang keras. Sehingga mereka mampu menjadi yang terbaik.

Termasuk penghargaan siswa berkarakter. Dengan apresiasi tersebut diharapkan mampu menjadi motivasi bagi mereka untuk semakin lebih baik, dan semakin berprestasi. “Demikian juga bagi siswa lainnya, ikut terpacu menjadi siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang yang penuh cinta. Delapan karakter cinta Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) benar-benar tertanam kuat dalam jiwa anak-anak kami,” terang Qoniah.

Salah satu orang tua siswa, Imam Wahyudi yang hadir dalam kegiatan Haflah Akhirussanah SD Islam Sabilillah Malang ini juga sangat mendukung dan antusias. “Kegiatan ini sangat luar biasa. Anak saya ketika ikut latihan juga sangat antusias dan semangat. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh guru pembimbing yang sudah memberikan pertunjukan yang luar biasa ini,” ungkap Imam.

Translate