Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Masih Kelas 7 SMP, Aaliyah Sudah Terbitkan Empat Antologi Cerpen

24 February 2024

Aaliyah Putria Nugroho, siswi kelas 7 SMP Islam Sabilillah Malang telah berhasil menulis empat buku. Bahkan bukunya berjudul ‘Diary Rili’ diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, sebuah penerbit mayor ternama di Indonesia. Buku solo keempatnya, sebuah antologi cerpen bergenre misteri berjudul ‘Hijaukan Kota Kecil’ berupaya memberi solusi penghijauan. 

Kepada SERU.co.id, Aaliyah bercerita, sejak SD, orangtua sering membeli dan memberikannya novel. Hal tersebut membuatnya termotivasi untuk menulis buku seperti itu. 

“Sejak kecil aku juga ikut Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Awal menulis kelas 4 SD dan sekarang juga punya akun wattpad dan rencananya ingin menerbitkan dua buku lagi,” seru Aaliyah. 

Lebih lanjut, Aaliyah mengaku sering membaca banyak buku novel fantasi, khususnya serial ‘Bumi’ karya Tere Liye. Dengan inisiatif sendiri dan dorongan orangtua, Aaliyah menulis dan mencari penerbit untuk karyanya. 

“Aku biasanya menulis saat malam hari karena kosong dan sudah tidak ada les pelajaran. Salah satu kesulitanku memikirkan nama tokoh yang pas,” terang Aaliyah. 

Terakhir, Aaliyah berharap kepada seluruh teman-temannya agar mengungkapkan perasaan lewat tulisan. 

“Tulis perasaan kalian di dalam tulisan karena kalau tidak dituliskan maka kalian tidak akan mendapatkan jawabannya,” tutup Aaliyah 

Translate