Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Pembiasaan ASWAJA sebagai Modal Kehidupan Bermasyarakat

08 June 2022

Boarding School merupakan sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal atau asrama bagi siswanya yang berada dalam lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekolah-sekolah yang menganut sistem pendidikan boarding school salah satunya adalah SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Sekolah dengan sistem boarding school memiliki kelebihan dan keistimewaan tersendiri yang dapat menjadi pembeda dengan sekolah-sekolah yang tidak menggunakan sistem boarding school atau asrama.

Sebagai sekolah Islam yang berbasis karakter dan pesantren dalam penerapan kesehariannya SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School mengajarkan santri-santrinya untuk bisa dan terbiasa dengan lancar melakukan amalan-amalan ubudiyah seperti: Shalawat Nabi/ Diba, Ratib Al-Haddad, Istighatsah, Yasin dan Tahlil, serta surat-surat pilihan lainnya. Harapannya adalah ketika para santri sudah lulus dapat di aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pembiasaan amalan ubudiyah atau yang familiar dengan istilah pembiasaaan aswaja di Mahad SMA Islam Sabilillah Malang biasa dilakukan setelah shalat maghrib berjamaah di aula lantainya masing-masing dan di dampingi oleh musrifah. Pembiasaan aswaja sendiri biasa dilakukan per-angkatan, dan setiap angkatan mempunyai target yang harus dicapai. Pembiasaan pembacaan istighasah untuk kelas X biasa di lakukan di hari rabu, yang mana ustadzah akan menunjuk perwakilan santri untuk maju ke depan dan memimpin bacaan kemudian diikuti oleh santri yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk membiasaakan santri agar bisa membaca dan melafalkan bacaan istighatsah dengan baik dan benar. Begitu juga dengan pembiasaan-pembiasaan aswaja yang lainnya baik itu kelas XI maupun kelas XII.

Translate