Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Ma’had SMA Islam Sabilillah Malang

03 August 2022

Dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1444H, Ma’had SMA Islam Sabilillah mengadakan ibadah bersama yang diikuti oleh seluruh santri kelas X sampai kelas XII SMA Islam Sabilillah Malang Boarding school.

1 Muharram 1444 H bertepatan dengan pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2022. Meskipun hari libur, Ma’had SMA Islam Sabilillah Malang ini,tidak melupakan hari penting kaum muslimin ini, dan memanfaatkannya dengan mengamalkan ibadah yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan para Salafus Sholeh. Ibadah yang diadakan berupa pembacaan doa akhirus sanah (akhir tahun) 1443H secara bersama-sama yang dilakukan di Masjid Sabilillah Al-Irfan setelah mendirikan sholat ‘Asar berjamaah. Kemudian setelah mendirikan sholat Maghrib, secara bersama-sama membaca doa auwalus sanah (awal tahun) 1444H.

Amalan ini dilakukan dengan harapan agar tahun 1443H yang telah dilalui ditutup dengan hal baik dan mendapat pengampunan dari Allah SWT atas segala khilaf, dosa, dan maksiat yang pernah dilakukan.

Kemudian harapan untuk tahun 1444H yang akan dilalui dibuka dengan hal baik dan mendapatkan pertolongan serta kekuatan untuk menjalankan kehidupan dan ibadah yang diridhoi oleh Allah SWT dan mendapat perlindungan dari godaan syetan dan hawa nafsu.

Selain pembacaan doa, santri dianjurkan untuk berpuasa minimal 2 hari, yakni hari terakhir tahun 1443H dan hari pertama tahun 1444H, dimana sesuai sabda Nabi Muhammad SAW yang disebutkan oleh Imam Ibnu Hajar ra, bahwa pahala orang yang berpuasa diakhir bulan Dzulhijjah dan awal bulan Muharram, maka Allah SWT akan menjadikannya penghapus dosanya selama 50 tahun. MasyaAllah, semoga apa yang sudah kami lakukan ini, menjadikannya penyebab kami mendapatkan ridho Allah SWT.

Translate