Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Peserta Membludak, Sukses Gelar Talent’s Day

16 January 2023

Setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi, Talent’s Day SMP Islam Sabililah kembali digelar. Peserta pun menyambut dengan penuh antusias. Tidak seperti biasanya, peserta di event perlombaan ini membludak, Sabtu (13/1) dan Minggu (14/1).

Panitia Talent’s Day sempat kewalahan menolak karena kuota sudah penuh. Terutama bidang lomba olahraga. Futsal, renang dan catur. Ketua Panitia Talent’s Day Miftakhul Jannah, S.Pd. mengatakan, lomba futsal yang awalnya dibatasi hanya 16 tim, membludak hingga 33 tim. Keputusan ini menjelang hari pelaksanaan.

“Sebenarnya kami sempat kewalahan, tapi kami berusaha memberikan yang terbaik dengan mewadahi keinginan mereka,” ujarnya. Yang terbaru dari Talent’n Day tahun ini, ada lomba renang. Lomba ini juga mendapat respon yang cukup tinggi dari peserta. Tercatat sampai 80 peserta yang mendaftar.

Respon tak biasa ini tentu karena lomba ini terbilang unik. Belum banyak sekolah atau lembaga yang dapat menggelar lomba ini. SMP Islam Sabilillah Malang mampu mewadahi. Itu karena sekolah ini memiliki fasilitas kolam renang. Sebagai penunjang bakat dan potensi peserta didik di bidang olahraga ini. “Ini lomba yang baru untuk tahun ini. Alhamdulillah mendapat respon yang sangat baik,” ujar Miftah.

Ia mengaku cukup puas dengan suksesnya kegiatan ini. Menurutnya, antusias peserta mengikuti lomba salah satunya karena faktor pandemi selama dua tahun. Selama itu tidak ada kegiatan lomba yang digelar secara luring. “Maka kami, SMP Islam Sabilillah mengobati kerinduan mereka ini dengan menggelar perlombaan secara langsung,” tuturnya.

Talent’s Day, merupakan event lomba yang digelar secara rutin setiap tahun. Sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 SMP Islam Sabililah Malang. Perlombaan diikuti oleh siswa-siswi SD/MI se Malang Raya. Ada sembilan mata lomba yang digelar. Dari bidang olahraga ada futsal, renang dan catur. Sedangkan dari bidang seni, ada lomba qiroah, solo vokal, scrabble, baca puisi, spelling bee, dan menggambar.

Waka Humas dan Kesiswaan SMP Islam Sabilillah Malang Awwat Warta, S.Pd mengatakan, Talent’s Day bertujuan untuk mewadahi bakat dan minat siswa SD/MI. Khususnya di bidang seni dan olahraga. “Kami perlu mewadahi bakat yang mereka miliki melalui event kompetisi, agar dapat terus berkembang,” katanya.

Awwat juga menerangkan, selain mewadahi bakat siswa, SMP Islam Sabililah juga hendak menjaring potensi-potensi unggul. Selanjutnya potensi yang terjaring itu dipersilahkan untuk terus dikembangkan melalui program-program inovatif di SMP Islam Sabilillah.

“Kami membuka kesempatan bagi peserta untuk bergabung dengan kami. Karena di sini kami memiliki program inovatif yang siap mengembangkan potensi yang mereka miliki,” tuturnya.

Ia juga menambahkan, bagi para pemenang lomba, SMP Islam Sabililah siap memberikan fasilitas khusus. Yakni berupa diskon biaya pendaftaran. “Kebetulan kami sudah membuka pendaftaran peserta didik baru untuk tahun ajaran yang akan datang,” imbuhnya.

Talent’s Day berlangsung selama dua hari sejak 13 Januari lalu. Siswa SMP Islam Sabilillah ikut memeriahkan acara pembukaan dan penutupan acara ini. Mereka menampilkan berbagai seni kreatifitas untuk memotivasi para peserta.

Antara lain menampilkan solo vocal, orchestra dan penampilan keren dari siswa-siswi tim Paskibra. “Mereka yang tampil ini adalah para juara. Mereka telah menorehkan banyak prestasi di berbagai perlombaan di luar sekolah,” ucap Awwat.

Translate