Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Safari Jurnalistik Malang Posco Media di SMP Islam Sabilillah Malang, Sharing Wawasan Etika Bermedia Sosial

20 March 2024

Safari Jurnalistik Malang Posco Media berlangsung sukses. Ini program safari jurnalistik perdana di sekolah. Tepatnya di Bulan Ramadan 1445 Hijriah ini. Disambut antusias oleh guru dan siswa SMP Islam Sabilillah Malang. 


Selasa (19/3) kemarin, Pemimpin Redaksi Malang Posco Media, Muhaimin, hadir di tengah-tengah siswa. Dia memberikan motivasi sekaligus pencerahan etika menggunakan media sosial. 


“Jadi hati-hatilah kalau bermedia sosial. Tidak boleh seenaknya. Karena ada aturan dan undang-undangnya,” ucap Muhaimin, dalam materinya. 


Sekretaris PWI Malang Raya ini menjelaskan, poin-poin etika citizen journalism. Antara lain, tidak menyebarkan berita bohong, tidak mencemarkan nama baik, tidak memicu konflik SARA, tidak memuat konten pornografi, tidak menebar kebencian dan tidak menyajikan kabar hoax. 


ANTUSIAS: Para guru juga tertarik memperhatikan materi bijak bermedia sosial dalam acara Safari Jurnalistik Malang Posco Media 


Karena itu, Muhaimin juga menghimbau kepada para siswa untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Jika ada yang tidak merasa nyaman dengan unggahan mereka lalu dilaporkan ke pihak berwajib maka akan kena undang-undang ITE. 


“Dampak kebencian akan memicu konflik dan dampak dari isu hoax dapat menimbulkan permusuhan. Maka bijaklah bermedia sosial. Agar tidak terjerumus dan berurusan dengan hukum. Gunakan kata-kata yang baik,” tegasnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Muhaimin juga memaparkan undang-undang yang berkaitan dengan sanksi bagi mereka yang melanggar hukum ITE. Para siswa menyimak dengan penuh antusias. 


Dia juga menjelaskan perbedaan mendasar antara media massa (pers) dan media sosial. Produk pers berupa berita, sedangkan media sosial berupa informasi. Berita sudah tentu informasi sedangkan informasi belum tentu berita. 


“Berita itu dibuat oleh wartawan yang kompeten dan profesional, sedangkan informasi bisa dari siapapun. Mereka yang memiliki media sosial bisa memberikan informasi,” terangnya. 


Dalam kegiatan ini, Pemred Malang Posco Media tidak sendiri. Direksi dan manajemen turut serta dalam safari ini. Diantaranya, Wakil Direktur Malang Posco Media, Abdul Halim dan General Manager Affair Noer Adinda Zaini. 


Rombongan Malang Posco Media ini disambut ramah oleh Waka Humas dan Kesiswaan SMP Islam Sabilillah Malang Awwat Warta, S.Pd dan dewan guru. Mereka mewakili  Kepala SMP Islam Sabilillah Malang, Ani Rahmawati, S.Pd., M.Pd yang berhalangan hadir. 


SAMBUTAN: Waka Humas dan Kesiswaan SMP Islam Sabilillah Malang Awwat Warta, S.Pd menyampaikan sambutan dalam acara Safari Jurnalistik Malang Posco Media 


Dalam sambutannya, Awwat Warta memberikan apresiasi atas terlaksananya Safari Ramadan Jurnalistik Malang Posco Media. Menurutnya, kegiatan ini memberikan wawasan baru bagi anak didiknya. 


“Kegiatan ini baru pertama. Biasanya kalau pondok ramadan kami menghadirkan pemateri dari pesantren. Tapi kali ini narasumbernya dari media dengan materi yang luar biasa,” ucapnya. 


Dia pun menyampaikan terimakasih atas sinergi dan kerja sama dengan Malang Posco Media selama ini. Dan kali ini kerja sama tersebut diterapkan dengan kemasan yang berbeda. Tidak hanya publikasi berita seperti biasanya. 


“Terimakasih atas kehadiran dan kerjasama ini. Kami yakin anak-anak mendapat tambahan ilmu bagaimana cara bermedia sosial yang baik dan bermanfaat,” ungkapnya 

Translate