Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Sebelum Belajar, Siswa Harus Menyanyi Indonesia Raya

10 August 2022

Seluruh siswa dari SMP Islam Sabilillah Malang wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum jam pelajaran dimulai. "Ini adalah bagian dari upaya menumbuhkan semangat dan wawasan kebangsaan pada generasi muda dan pelajar, karena saat ini saya merasa galau dengan jiwa kebangsaan para pelajar," kata Waka kesiswaan SMP Islam Sabilillah Malang, Menurut dia, dengan menyanyikan lagu kebangsaan secara langsung, siswa diharapkan dapat menjiwai nilai-nilai yang terkandung dalam lagu itu sehingga memunculkan semangat dan jiwa kebangsaan.

"Kegiatan ini cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah. Apalagi tidak memerlukan biaya untuk melakukannya," lanjutnya. Selain menyanyikan lagu kebangsaan pada awal jam pelajaran, siswa juga diwajibkan menyanyikan lagu-lagu nasionalisme setelah jam pelajaran berakhir, seperti Padamu Negeri.

Kewajiban siswa untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan juga lagu nasionalisme tersebut akan diatur melalui peraturan direktur yang segera diterbitkan. Kegiatan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan tersebut juga untuk menjadikan dunia pendidikan di SMP Islam Sabilillah Malang memiliki karakter pembentukan wawasan kebangsaan dan nasionalisme yang kuat.

"Ada empat ciri khas pendidikan yang ingin dibangun di SMP Islam Sabilillah Malang, yaitu kebangsaan, kecendekiaan, dan keislaman," katanya. Selain menyanyikan lagu kbangsaan dan nasionalisme, beberapa upaya untuk terus menumbuhkan semangat nasionalisme, mewajibkan tempat hormat bendera merah putih sebelum masuk ke sekolah. "Nanti aturan itu akan dimasukkan dalam salah satu syarat masuk ke sekolah, Ia berharap, masyarakat Indonesia semakin menghormati dan bangga dengan bendera Merah Putih bukan justru merasa bangga dengan bendera dari negara lain.(*)

Translate