Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Sekolah Islam Sabilillah Malang Peringati HUT ke-78 RI di Monumen Perjuangan Laskar Sabilillah

18 August 2023

Sekolah Islam Sabilillah Malang (Sisma) World Class Islamic Education Sekolah Pemimpin Peradaban Dunia Kota Malang menyemarakkan Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia (RI) dengan upacara bendera, pada Kamis (17/08/2023) pagi.

Ratusan peserta didik dari SD, SMP Islam Sabilillah Malang, dan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren dengan khidmat mengikuti setiap prosesi upacara bendera yang dilaksanakan di Monumen Perjuangan Laskar Sabilillah, di halaman Masjid Sabilillah, Jalan Ahmad Yani nomor 15, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Tim paskibraka Sisma dengan gagah menggunakan seragam kebesaran Paskibraka bergerak bersama untuk melaksanakan prosesi pengibaran bendera. Pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh tim Paskibraka berjalan dengan sukses tanpa kendala.

Asisten Direktur II LPI Sabilillah Malang, Drs H Moh Ishom Ihsan MPd dalam amanatnya menyampaikan bahwa sebagai rakyat Indonesia dan bangsa yang besar, kita harus dapat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bangsa.

Ishom juga menegaskan bahwa perjuangan para syuhada Sabilillah diwujudkan dengan adanya pembangunan Masjid Sabilillah dan pendirian Monumen Perjuangan Laskar Sabilillah. Di mana dari bangunan Masjid Sabilillah itu banyak simbol-simbol perjuangan yang patut diketahui oleh generasi penerus yakni simbol-simbol perjuangan.

"Jumlah tiang sebanyak 17 buah simbol tanggal kemerdekaan Republik Indonesia dan jumlah rakaat salat wajib yaitu 17 rakaat, tinggi tiang masjid 8 meter simbol bulan kemerdekaan Republik Indonesia, tinggi menara masjid adalah 45 meter dan jumlah lampu gantung berjumlah 45 buah simbol tahun kemerdekaan Republik Indonesia, jarak antara tiang masjid 5 meter simbol dasar negara kita Pancasila dan rukun Islam, bentuk menara masjid 6 persegi simbol Rukun Iman agama Islam", jelas Ishom, pada Kamis (17/08/2023).

Sementara itu, Kasubag Pembinaan Prestasi dan Alumni Sekolah Islam Sabilillah Malang, M Isnin Hasanah SPd mengatakan bahwa Sisma memiliki visi mewujudkan satuan pendidikan unggul dan rujukan kelas dunia dalam menghasilkan pemimpin peradaban dunia yang Islami berkebangsaan dan cendekia.

"Upacara ini kita lakukan untuk menyongsong kepada visi kita menjadi sekolah unggul rujukan kelas dunia dalam menghasilkan pemimpin peradaban dunia", katanya.

"Untuk mencapai itu kita tuangkan dalam profil yang salah satunya di situ ada profil negarawan", tambahnya.

Usai pelaksanaan upacara, pihak Sisma juga memberikan penghargaan kepada beberapa siswa berprestasi yang telah mengharumkan nama sekolah, mulai tingkat SD hingga SMA Sabilillah. Penyerahan penghargaan itu diberikan oleh Asisten Direktur III LPI Sabilillah Malang, Dr H Muh Wartono MPd.

Di akhir pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-78 RI, juga dipertontonkan kreasi dari para siswa dan siswi Sisma, mulai dari tarian hingga performa band.

Translate