Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

SMP Islam Sabilillah Malang Rayakan Ulang Tahun ke-21 dengan Tema ‘Sustainable Living’

24 February 2024

SMP Islam Sabilillah (SMPIS) Kota Malang gelar gebyar hari ulang tahun ke-21 dengan tema ‘Suistainable Living’, Sabtu (24/2/2024). Rangkaian kegiatan senam, peresmian taman, jalan sehat, pameran, launching buku, tarian hingga pembagian doorprize meriahkan acara tersebut. Harapannya SMP Islam Sabilillah bisa terus maju, berkembang dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan agama. 

Kepala Sekolah SMPIS, Ani Rahmawati SPd MPd mengatakan, sebenarnya hari ulang tahunnya pada 1 Februari tetapi puncak acaranya dilaksanakan, pada Sabtu (24/2/2024). Serangkaian acara juga sudah dilakukan, mulai dari perlombaan SD se-Malang Raya untuk menyongsong hari pahlawan pada bulan November dan pada 3 Februari acara parenting ‘Menjadi Sahabat Terbaik Anak’. 

“Usia SMP ini sudah menginjak remaja sehingga kita perlu membekali orang tua bagaimana untuk bisa menjadi teman terbaik bagi anak. Kemudian hari ini temanya kehidupan berkelanjutan sehingga kami juga meresmikan taman sebagai penghijauan untuk keberlanjutan lingkungan untuk jangka panjang. Semua kegiatan puncak ini merupakan hasil kerja sama antara orang tua, pihak sekolah dan siswa,” seru Rahma, sapaan akrabnya. 

Lebih lanjut, Rahma menyampaikan, kegiatan gebyar tersebut merupakan assembly my Project yang diselenggarakan empat kali dalam setahun. Pada tema ketiga ini, ada total 12 stand pameran dari kelas 7 hingga 9. Kemudian didukung stand pameran dari TK Islam Sabilillah Malang, SD Islam Sabilillah Malang dan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. 

“Karya anak-anak yang dipamerkan menjadi bukti bagaimana anak-anak kita untuk menghadapi tantangan zaman abad 21. Anak-anak dilatih kritisnya, kreatifnya, hingga komunikasinya tentunya dengan sinergisitas orangtua dan sekolah. Pameran proyek ini juga merupakan implementasi dari kurikulum merdeka, dimana sudah berjalan tahun ketujuh,” tambahnya 

SMP Islam Sabilillah memiliki enam dimensi cita-cita, 

  1. Dimensi agama, siswa memiliki keagamaan kuat, berakhlak mulia. 
  2. Dimensi Qurani, dimana sekolah punya kelompok tartil, tahfidz dan terjemah. 
  3. Dimensi pemimpin negarawan,siswa diharapkan memiliki ketangkasan dan kesigapan dalam setiap medan tugas 
  4. Dimensj saintis, proyek anak-anak bisa menghadapi tantangan zaman. 
  5. Dimensi multilingual, dikembangkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, termasuk pemberangkatan seluruh kelas 8 ke Malaysia. 
  6. Dimensi berprestasi, sekolah mengawal prestasi siswa di bidang akademik maupun non-akademik. 

“Pesan untuk anak-anak, karakter menjadi hal utama, salat adalah pembelajaran, makan siang islami adalah pembelajaran. Secara utuh pendidikan di SMP Islam Sabilillah Malang ini akan bisa terlaksana dengan baik. Semoga di usia ke-21 tahun ini, tetap menjadi sekolah swasta terbaik, mencetak anak-anak sukses yang saleh dan shalihah serta pemimpin peradaban dunia,” tutup Rahma 

Translate