Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Tahun Baru Islam 1444 H

13 August 2022

Tahun baru islam diperingati setiap 1 Muharrom, merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam diseluruh dunia. Tahun ini 1 Muharrom jatuh pada tanggal 30 juli 2022. Satu muharrom menjadi hari yang penting karena menandai peristiwa hijrahnya nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Kota Madinah pada tahun 622 M, yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharrom. Siswa Sabilillah Malang pada saat bulan muharrom mempunyai kegiatan khusus yaitu menyantuni anak yatim. Karena dibulan Muharrom mempunyai keutamaan bersedekah dengan menyantuni anak yatim. Menyantuni anak yatim merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan siswa Ma’had SMA Ilslam Sabilillah Malang. Bersedekah dengan menyantunin anak yatim menjadi salah satu amalan yang di anjurkan Nabi di bulan Muharrom. Selama hidupnya Rasulullah senantiasa mengasihi dan memberi bantuan kepada anak yatim.

Selain dicontohkan oleh Nabi, Allah dalam firmannya menyampaikan pada Q.S An-nisa :36 yang berbunyi “Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki.” Salah satu keterangan diatas bahwa seorang muslim hendaknya memberikan kepada anak-anak yatim. Dalam hal ini semua siswa Ma’had SMA Islam Sabilillah Malang pada saat awal bulan muharrom di anjurkan agar menyisihkan uang jajannya guna menyantuni anak-anak yatim. Uang jajan tersebut nantinya digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah dan snack yang nantinya diberikan buat anakanak yatim.

Sebelum diberikan ke anak yatim snack tersebut akan di hias dalam bentuk parcel. Hal ini dijadikan ajang perlombaan bagi seluruh siswa sabilillah untuk menghias parcel masing-masing sebagus mungkin dan semenarik mungkin. Tujuan dari kegiatan tersebut agar menumbuhkan rasa kompetitif dan meningkatkan kerjasama serta kreatifitas siswa dalam membungkus parcel sesuai dengan inovasinya sendiri-sendiri, dan serta membentuk kemandirian. Sehingga menjadi manusia yang siap dalam berbagai kemampuan untuk menjadi pemimpin peradaban bangsa di masa yang akan datang. Agenda ini merupakan agenda yanng tepat untuk terus mengasah kemampuan siswa dalam bidang soft skill. Siswa sabilillah selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang mendidik. Baik itu akademik maupun non akademik, supaya menjadi pribadi yang mempunyai inovasi yang luas, kreatif dan kemandirian untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin peradaban dunia.

Translate