Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Tim Orkestra Sekolah Islam Sabilillah Malang, Tampil Memukau, Meriahkan Hari Anak Nasional

03 August 2023

Grup Orkestra Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) mengguncang Gedung Malang Creative Center (MCC). Penampilan mereka begitu memukau saat memeriahkan acara Hari Anak Nasional Tahun 2023 Kota Malang. Tiga lagu yang mereka bawakan membuat para pejabat Kota Malang dan undangan terpukau.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, Ketua PKK Kota Malang, Kepala Dinas Sosial Kota Malang Donny Sandito, Forum Anak Kota Malang, beberapa perwakilan siswa dan guru.

“Anak adalah aset bangsa. Mereka punya kreativitas. Harus kita bina untuk menjadi potensi yang luar biasa,” ujar Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Malang, Donny Sandito setelah menyaksikan penampilan Grup Orkestra Siswa Sekolah Islam Sabilillah.

Sementara itu, grup Orchestra SISMA berhasil mewarnai jalannya acara dengan begitu meriah. Tiga lagu yang mereka bawakan adalah Meraih Mimpi, Ekspresi, dan Gebyar-gebyar.

Salah satu anggota grup Orkestra, Raihana Nur Sabrina mengatakan, lagu-lagu ini sudah pernah ditampilkan di beberapa event. Sehingga timnya tidak perlu banyak latihan. Dan Sudah terbiasa dengan tugas masing-masing. “Karena waktu kami tidak panjang untuk persiapan. Hanya empat hari saja,” katanya.

Semua lagu itu berhasil diaransemen begitu apik. Terdengar asyik. Dipadu dengan instrumen yang begitu beragam jenisnya.

Ada musik tradisional Nusantara. Seperti angklung dan gamelan. Juga ada alat musik modern. Gitar, keyboard, dan drum. Ditambah biola yang menjadi ikon dari orchestra ini sendiri.

Semua alat musik ini berasal dari tiga budaya daerah. Karena itu, tim orkestra ini juga dinamakan MA3B. Singkatan dari Musik Akulturasi Tiga Budaya. “Guru kami sendiri yang mengaransemen lagunya. Sehingga kami tampilkan dengan gaya yang berbeda,” ungkapnya.

Tim Orchestra Sekolah Islam Sabilillah yang dibina oleh Fajar Sandy Arifin ini setiap tahun tampil di Simfoni Khasanah Bangsa (SKB). Sebuah pagelaran spektakuler yang menampilkan karya-karya keren siswa. Ini adalah acara rutin SISMA. Biasanya digelar di Graha Cakrawala UM.

Kali ini mereka tampil di Hari Anak Nasional 2023. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Karena ditonton oleh pejabat publik. “Rasanya bangga, ini baru pertama kami tampil di depan pejabat Kota Malang. Terimakasih kepada penyelenggara, lebih khusus kepada Sekolah Islam Sabilillah yang telah memberikan kami kesempatan berekspresi,” ucap siswa kelas X SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren ini.

Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, mengatakan Hari Anak Nasional menjadi sebuah momentum yang tepat dalam mendidik anak-anak menjadi patriotis, memiliki keberanian, rela berkorban untuk bangsa dan negaranya. “Semangat ini tidak lain kita mencontoh para pahlawan bangsa yang terdiri dari para pemuda, mereka berjiwa besar untuk membela bangsa ini,” katanya saat sambutan.

Translate