Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Warisan Pendidikan Berkualitas Karya Besar Prof. Dr. Kh. M. Tholhah Hasan

08 December 2023

Sekolah Islam Sabilillah Malang sukses menyelenggarakan pendidikan dan saat ini sudah mempunyai 6 satuan pendidikan salah satunya adalah SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren. Bedanya dengan TK Islam Sabilillah Malang 1 dan 2, SD Islam Sabilillah Malang 1 dan 2, SMP Islam Sabilillah Malang, SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren ini sudah sudah memiliki fasilitas asrama/pondok/boarding. SMAIS, sebagai nama singkat yang sering digaungkan, didirikan sejak tahun 2014 dan banyak lulusannya yang sudah diterima di perguruan tinggi ternama. Salah satu lulusan pertama diterima di salah satu perguruan tinggi di China melalui Program Beasiswa di Fakultas Kedokteran.

Ternyata dibalik kesuksesan tersebut ada sentuhan tangan dingin dari sosok karismatik, futuristik, dan tokoh yang terkemuka yaitu Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Beliau yang mengawal dan menginisiasi lahirnya sekolah ini di Kota Malang. Kini SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren sudah sangat berkembang pesat dengan prestasi para siswa dan santri-santri SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren. Prestasi yang tercatat dalam kurun waktu 9 tahun adalah SMAIS sudah menjadi salah satu sekolah favorit di Kota Malang dan luar Kota Malang dibuktikan dengan berhasil diraihnya peringkat sekolah terbaik di Kota Malang dan Jawa Timur. Tidak hanya di Malang dan Jawa Timur, SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren juga menjadi salah satu sekolah rujukan di Indonesia dengan peringkat UTBK sudah bisa tembus 300 terbaik sekolah tingkat nasional dalam kurun waktu yang sangat cepat.

Siswa/santri SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren tersebar dari beberapa provinsi di Indonesia mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur Kalimantan Selatan, Tengah, Utara dan Timur serta berbagai Provinsi lainnya di Indonesia. Prestasi siswanya juga tidak tanggung-tanggung. Mereka sudah pernah beberapa kali mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade dan mendapat kejuaraan di tingkat Internasional salah satunya adalah kejuaraan Thailand International Mathematic Olympiad, International Mathematics Contest (IMC) Singapore, International Youth Steam Tournament, Hong Kong International Mathematical Olympiad dengan perolehan kejuaraan mulai dari emas, perak, dan perunggu. Sedangkan untuk lulusannya juga sudah banyak tersebar di perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri, antara lain di Universitas Indonesia, UGM, Unair, ITS, UB, dan universitas lainnya, sedangkan untuk yang di luar negeri antara lain Chongging Medical University China,  Universitas Teknikal Malaysia Melaka, Coventry University Singapura, PSB Academy Singapura, University Of Chester, Nantong University China, Sichuan International Studies University China, Wageningen University & Research Netherland dan kampus luar negeri lainnya.

Berbagai capaian tersebut tidak lepas dari peran Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan sebagai sosok dengan ghiroh perjuangan hebat dalam penyelenggaraan pendidikan. Beliau sebagai pencetus dan perintis berdirinya SMA Islam Sabilillah Malang dengan sistem Boarding School dan berbasis pesantren. Boarding School Sistem pesantren sebagai ujung tombak rangkaian pendidikan di Sekolah Islam Sabilillah Malang. Hal ini dimaksudkan agar siswa-siswi semakin mampu mengamalkan nilai-nilai keislaman, memiliki akidah yang kuat istiqomah dalam beribadah, dan berakhlakul karimah. Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa apapun nanti profesi yang akan digeluti siswa, tiga hal itu menjadi bekal dalam hidupnya kelak. Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan wawasannya sangat luas dan ke depan, beliau berharap bahwa lulusan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren dapat menjadi pemimpin yang akan memimpin dunia. Dampaknya dalam sistem pendidikan, kegiatan pembelajaran sehari-hari siswa difokuskan pada pendidikan Yang bertaraf Internasional, kejuaraan internasional, dan mereka dikenalkan dengan pola-pola pembinaan dan pendidikan di luar negeri dengan tetap berpegang teguh kepada pendidikan keislaman, kebangsaan  dan kecendekiaan. Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang khususnya SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School Sistem Pesantren ini akan menjadi salah satu rujukan pendidikan terbaik untuk putra/putrinya dalam mewujdkan cita-citanya.

Translate