Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Publikasi Sekolah Islam Sabilillah Malang

Detail Karya

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DIPADU DENGAN PEMBIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM SABILILLAH MALANG

08 March 2024

Penulis:

Fila Prasetyawati, M. Pd

Abstrak:

Hasil belajar siswa Indonesia berdasarkan hasil PISA pada bidang sains, literasi, dan matematika masih berada di bawah rata-rata Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Hasil belajar siswa Indonesia ini tidak terlepas dari kualitas proses pembelajaran di kelas, peran guru, motivasi siswa, kecerdasan, bakat, dan keaktifan siswa. Pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kolaborasi antara siswa dengan siswa dan guru sebagai fasilitator perlu dikembangkan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan metode pembelajaran kooperatif di mana terdapat pembagian tugas dalam kelompoknya, sebagai tuan rumah dan sebagai pengunjung. Siswa sebagai tuan rumah memberikan informasi atau hasil diskusi kelompok awal kepada pengunjung dari kelompok lain. Siswa sebagai pengunjung berperan dalam menggali informasi dari kelompok lain yang nantinya akan dibagikan kepada kelompok awal. Pembelajaran kooperatif TSTS ini perlu dipadukan dengan guru sebagai fasilitator pembelajaran dalam hal pembimbingan kelompok. Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadu dengan pembimbingan kelompok diduga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadu dengan pembimbingan kelompok dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP Islam Sabilillah Malang, (2) meningkatkan keaktifan belajar siswa SMP Islam Sabilillah Malang melalui pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadu dengan pembimbingan kelompok, (3) meningkatkan hasil belajar siswa SMP Islam Sabilillah Malang melalui pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dipadu dengan pembimbingan kelompok.

PDF (Bahasa Indonesia)
Translate