Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Learn With Native: Undang Antusiasme Para Siswa SMP Islam Sabilillah Malang untuk Memperdalam Kemampuan Berbahasa Asing

03 September 2024

SMP Islam Sabilillah Malang berkomitmen dalam peningkatan kemampuan berbahasa asing para siswa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab. Hal tersebut mendorong pihak sekolah untuk mengundang salah satu native speaker yang berasal dari Inggris (United Kingdom) yaitu Priyal dan Joe Adams.

Priyal dan Joe Adams berkesempatan untuk bergabung serta membagikan beberapa materi di salah satu kelas, yakni kelas 8F pada hari Selasa (03/09) pagi. Mereka berdua membahas banyak hal bersama para Ananda yang dimulai dari perkenalan diri, membahas latar belakang negara, hingga budaya di negara Inggris. Para Ananda nampak sangat antusias ketika berkomunikasi dengan kedua native tersebut karena kedatangan mereka turut meningkatkan pengalaman belajar para Ananda, terutama dalam pelajaran bahasa Inggris. Para Ananda juga terlihat ceria ketika mendengarkan penjelasan dari Priyal dan Joe Adams. Setelah jam pelajaran berakhir, Priyal dan Joe Adams berkesempatan untuk tampil bersama para Ananda kelas 9 pada kegiatan “English On Stage” yang diadakan di depan halam Masjid Al-Irfan Sabilillah. Para Ananda mengemas kegiatan tersebut layaknya program “Talk Show” dimana Ananda berperan sebagai presenter dan kedua Native Speaker tersebut sebagai narasumber.

Pada kegiatan “English On Stage” kali ini, para Ananda mengajukan beberapa pertanyaan mengenai latar belakang kehidupan dari Priyal dan Joe Adams. Kemudian, mereka memberikan jawaban bahwa mereka adalah sepasang suami istri yang sedang melakukan perjalanan di Benua Asia. Mereka mengunjungi beberapa negara yang ada di benua tersebut seperti Cina, Filipina, Vietnam, dan tentunya Indonesia. Mereka mengaku sangat senang bertemu dengan masyarakat Indonesia karena keramahannya, bahkan orang-orang seringkali menyapa mereka bahkan ketika satu sama lain tidak mengenal. Mereka juga memperoleh berbagai pengalaman yang menarik ketika berkomunikasi dengan para Ananda SMP Islam Sabilillah Malang dan kagum dengan kemampuan para Ananda ketika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Kemudian, kegiatan “English On Stage” pun selesai dan mereka pun berpamitan dengan seluruh Ananda SMP Islam Sabilillah Malang. Mereka berharap semoga suatu hari nanti dapat mengunjungi sekolah ini lagi.

Kegiatan mendatangkan Native Speaker merupakan program rutin yang dicanangkan oleh SMP Islam Sabilillah Malang. Kegiatan ini merupakan salah satu cara sekolah untuk mewadahi pembelajaran bahasa asing melalui penutur asli dari berbagai negara. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa asing serta mempeerkaya wawasan mereka tentang budaya internasional.

Translate