MPK (Masa Penguatan Karakter) Day 2 sebagai tindaklanjut dari MPK Day 1 yang memberikan penguatan akan disiplin, rapi dan tanggap. Sebagaimana telah dipelajari dan dikuatkan pada hari pertama, siswa hormat bendera dengan mempraktikkan tata cara hormat yang baik dan benar. Siswa tampak lebih sigap dan menunjukkan cara hormat yang baik dan benar. Selain penguatan kedisiplinan, kerapian dan ketanggapan siswa juga diajarkan bermacam-macam adab.
Kegiatan pagi pada hari kedua MPK ialah sholat duha dan muroja’ah surat-surat pendek di Laboratorium Al-Qur’an, dilanjutkan dengan pelatihan baris berbaris di lapangan. Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan ketegasan. Siswa dilatih untuk berdiri tegap, melakukan gerakan PBB dasar dan berbicara yang tegas dan lantang.
Gambar 1 : Foto Kegiatan PBB di Lapangan SD Islam Sabilillah Malang 2
Dilanjutkan dengan MPK Leadership (game) yang bertujuan untuk melatih siswa supaya memiliki tanggung jawab dan dapat bekerja sama dalam tim. Adapun game yang ditentukan ialah “Menara Kepercayaan” yang mana setiap kelompok harus bekerja sama untuk membuat menara dari gelas plastik dan saling percaya satu sama lain supaya menara dapat tersusun tinggi dan kokoh. Setelah permainan selesai, siswa bersama guru melakukan evaluasi hasil, analisis tantangan, dan solusi yang ditemukan oleh masing-masing tim.
Sebagai penguatan karakter siswa yang beradab, kegiatan selanjutnya bertema “Menyayangi Teman (Anti Bullying)”. Topik ini sangat penting untuk diusung dalam masa penguatan karakter agar siswa SD Islam Sabilillah Malang 2 paham dan menyadari penyebab, dampak dan macam-macam tindakan bullying, sehingga dapat menghindari perbuatan tersebut, baik sebagai korban maupun pelaku. Sebaliknya siswa lebih empati dan memiliki rasa kasih sayang antar teman.
Hasil dari pelatihan PBB tidak hanya diaplikasikan dalam kegiatan baris atau upacara melainkan melekat dalam setiap kegiatan sehari-hari siswa, seperti makan siang islami, pembelajaran di dalam kelas, sholat berjamaah, dan seluruh kegiatan sehari-hari. Siswa juga diajak untuk mengenal dan membuat majalah dinding dengan tema “Menyayangi Teman” sebagai media untuk penguatan karakter dan meningkatkan kreativitas siswa.
Hasil akhir yang diharapkan dari kegiatan ini ialah siswa dapat menjadi pribadi yang beradab, disiplin, rapi, memiliki kegigihan tinggi, mampu bekerja sama dalam tim, kreatif, inovatif dan mandiri.