KURIKULUM


Profil Siswa Sabilillah

Terwujudnya sekolah unggul dan rujukan kelas dunia dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia, merupakan visi LPI Sabilillah Malang yang menjadi pondasi seluruh pengembangan program pendidikan.

Salah satu misi yang diemban oleh LPI Sabilillah Malang adalah mengembangkan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah unggul dan rujukan kelas dunia dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia.

Mengacu pada visi dan misi tersebut, Lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang diharapkan menjadi pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia. Lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang adalah generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia yang memiliki motivasi berprestasi, jiwa nasionalisme, dan dilandasi Cinta Allah dan Rasul semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT.


Jabaran Profil Lulusan

  1. Generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia adalah generasi yang memiliki gagasan visioner, mampu menginspirasi orang lain dalam mewujudkannya dengan langkah strategis, dan bijaksana
  2. Sebagai generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia, lulusan selalu memiliki motivasi berprestasi tinggi yaitu meraih hasil terbaik dalam rangka mengharumkan harkat dan martabat bangsa di kancah dunia
  3. Sebagai generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia, lulusan selalu cinta Allah dan Rasul yaitu melandasi kinerjanya dengan memegang teguh prinsip-prinsip Alquran dan Hadis semata-mata mengharap ridha Allah SWT.


Ruang Lingkup Kurikulum

Mengacu pada visi terwujudnya sekolah unggul dan rujukan kelas dunia dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia, Sekolah Islam Sabilillah Malang memiliki ruang lingkup kurikulum yang mengacu pada visi tersebut.


Prinsip Pembelajaran

Prinsip-prinsip pembelajaran World Class Islamic Education adalah sebagai berikut.

  1. BE WISER
  2. Pembelajaran bertujuan siswa memiliki karakter wonder (bertanya-tanya), investigate (mencari tahu), synthesize (menyimpulkan), express (mempresentasikan), reflective (interopeksi diri).

  3. STREAM
  4. Pendekatan pembelajaran interdisiplin yang memadukan antara pengetahuan (science), teknologi (technology), keislaman (religion), teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics). Khusus TK mengembangkan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) yang didesain dalam bentuk sentra.

  5. Thematic Project Based Learning
  6. Pembelajaran berbasis proyek (Thematic Project Based Learning) menggunakan sintaks PAPER (Presenting, Analizing, Planning, Executing, Reporting)

  7. We Love
  8. Pembelajaran mengintegrasikan karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Cinta 360 derajat) yaitu nilai 8 Cinta. . Cinta Allah dan Rasul, Cinta Orang Tua dan Guru, Cinta Diri Sendiri, Cinta Sesama, Cinta Alam Sekitar, Cinta Bangsa dan Negara, Cinta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan Cinta Keunggulan.


Lingkup Penilaian

Prinsip Penilaian yang digunakan menggunakan prinsip Sahih, Objektif, Adil, Terpercaya, Menyeluruh, Sistematis, Acuan Kriteria, Akuntabel.