KURIKULUM


Proses pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang diselenggarakan dengan berlandaskan pada visi dan misi. Keterkaitan antar program pembelajaran dengan visi dan misi sekolah tersaji dalam diagaram berikut ini.

  1. Kurikulum Lembaga
  2. Kurikulum muatan lembaga dikembangkan atas prinsip: (1) kesesuaian dengan perkembangan peserta didik; (2) keutuhan kompetensi; (3) fleksibilitas jenis, bentuk, dan pengaturan waktu penyelenggaraan; dan (4) kebermanfaatan untuk kepentingan nasional dan menghadapi tantangan global. Dalam hal ini SD Islam Sabilillah Malang menetapkan mata pelajaran muatan lembaga dengan menambah jam belajar khusus. Mata pelajaran muatan lembaga sebagai berikut:

    1. Pembelajaran Al Quran Sabilillah Bil Qalam (Tartil Al Qur’an dan Tahfid juz 30)
    2. Pembelajaran We Can Speak (Bahasa Inggris & Bahasa Arab).

    Disamping itu juga ada tambahan beban belajar yang harus diikuti oleh peserta didik diluar jam pelajaran/pembiasaan yang diatur dalam struktur kurikulum, yaitu pelaksanaan kegiatan berikut:

    1. Drilling time EDE’s Book & Al Ibarat Al Yaumiyah;
    2. Program Literasi Drop Everything and Read in Sabilillah (DEARS) setiap siswa membawa 1 buku bacan dari rumah untuk dibaca secara bergantian;
    3. Bimbingan intensif olimpiade & bimbingan intensif menjelang perlombaan;
    4. Praktik ibadah: pembelajaran sholat berjama’ah Dhuha, Dhuhur & Ashar, pembacaan shalawat nabi, Asma’ul husna, tahlil, istighotsah,
    5. Pembelajaran makan siang Islami;
    6. Penanaman Aqidah Pagi (PAP), Senam pagi, program Keputrian (khusus siswa pada hari Jum’at),
    7. Upacara bendera, apel pagi, fryday ceritty & santunan yatim;
    8. Program Semerbak (Gerakan Sekolah Bersih, Pembiasaan Bersih Kelasku, Tabulampot, Green School).

    Pembelajaran Al Qur’an Sabilillah bil Qalam

    Pembelajaran Al Quran Sabilillah bil Qalam diampu oleh pendidik khusus yang memiliki kompetensi Tilawatil Qur’an yang baik. Dalam sistem pembelajaran Al Quran ada beberapa ketentuan yang wajib diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh masing masing guru sehingga tercapai pembelajaran yang baik dan menyenangkan serta memperoleh hasil yang maksimal.

    Target pembelajaran Al Qur’an di SD Islam Sabilillah Malang adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan membaca Al Quran metode Sabilillah bil Qalam pada Buku Jilid 1 – 4 dengan tartil, tahfidzul Qur’an juz 30, menguasai ilmu Ghorib dan Tajwid, dan minimal 1 kali khatam AlQuran 30 juz. Target tersebut wajib dicapai siswa pada akhir kelas V yang dikukuhkan dengan Wisuda Al Quran.

    Pembelajaran We Can Speak (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)

    We Can Speak merupakan program pembelajaran bahasa di SD Islam Sabililah Malang dengan tujuan membekali siswa untuk memiliki ketrampilan menggunakan Bahasa Asing (Inggris dan Arab) dalam berkomunikasi sehari-hari melalui program pembelajaran dan pembiasaan. Dalam program pembelajaran bahasa, terutama Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ditekankan pada speaking atau percakapan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga lulusan SD Islam Sabilillah Malang cakap berkomunikasi dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

    Program pembiasaan yang dilakukan di sekolah yaitu 1) Drilling Time English Daily Expressions Book (EDE’S Book) setiap hari Senin – Rabu pada awal pembelajaran, 2) Drilling Time Al Ibaraat Al Yaumiyah setiap hari Kamis – Jum’at pada awal pembelajaran, 3) English Day, yakni hari berbahasa Inggris, dimana semua guru dan siswa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris selama 3 hari Senin-Rabu. 4) English on stage dilaksanakan pada saat jam istirahat dalam bentuk unjuk kreativitas berupa penampilan oleh siswa seperti pidato, story telling, membaca puisi, drama, talk show, game menggunakan bahasa Inggris.

    Struktur Kurikulum muatan lembaga terinci sebagai berikut.
  3. Proses Pembelajaran
  4. Proses Pembelajaran di SD Islam Sabilillah Malang yaitu:

    1. Pembelajaran diselenggarakan berbasis kompetensi, yaitu menfasilitasi peserta didik agar memiliki kompetensi tertentu sesuai standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan.
    2. Setiap kompetensi peserta didik mencakup kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan, sehingga semua pembelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.
    3. Pembelajaran dikelola secara profesional melalui emat tahap, yaitu (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan dan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, (4) pembelajaran remidi atau pengayaan.
    4. Pembelajaran harus mampu menumbuhkembangkan peserta didik sebagai warga negara Indonesia yang memiliki komitmen keislaman, komitmen kebangsaan, dan kecendekiaan dengan karakter Sabilillah Penuh Cinta (SSPC) serta ketrampilan critical thinking, creativity, collaboration dan communication(4 C’s).
    5. Pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL). Dalam setiap proyek terdapat satu tema, satu produk, dan satu Assembly. Dalam setiap tema PjBL, peserta didik melakukan kegiatan Presentation of a Significant Issue, Analysing the weaknesses of Current Action, Planning the Project, Executing the Project, dan Project the Result (PAPER) dan guru sebagai fasilitator untuk memotivasi dalam membangun pencapaian 4C’s melalui questioning (menanya) kepada peserta didik agar menghasilkan produk yang excelent. PJBL diakhiri dengan kegiatan Assembly sebagai wahana untuk unjuk karya/pameran produk dan mengembangkan kemampuan communicative peserta didik.
  5. Ketuntasan Pembelajaran
  6. Standar ketuntasan belajar SD Islam Sabilillah Malang mengacu pada Ketuntasan Kompetensi Minimal yang ditetapkan oleh lembaga yaitu:

    1. Ketuntasan kompetensi sikap dalam bentuk deskripsi minimal Baik
    2. Skor ketuntasan kompetensi pengetahuan dan keterampilan adalah 75
    3. Nilai Pendidikan Karakter peserta didik minimal Berkembang
  7. Jadwal Pembelajaran
  8. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada hari Senin – Sabtu dengan sistem fullday. Jam belajar setiap hari Senin-Jumat Pukul 06.40 – 15.30 WIB, dan Sabtu 06.40 – 11.15 WIB. Untuk masa adaptasi pola belajar fullday school, bagi peserta didik kelas I awal tahun pelajaran akan mengikuti kegiatan belajar semi fulldayselama 1 bulan pertama, yaitupukul 06.40 – 13.00 WIB

    Rincian jadwal kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
    Hari Senin - Kamis

    Hari Jumat

    Hari Sabtu