Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:

Kurikulum SD Islam Sabilillah Malang


Visi Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Malang adalah terwujudnya sekolah unggul dan rujukan kelas dunia dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia. Untuk menggapai visi tersebut, maka salah satu misi yang diemban oleh LPI Sabilillah Malang adalah mengembangkan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah unggul dan rujukan kelas dunia dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia.

Tujuan pendidikan Sekolah Islam Sabilillah Malang adalah terselenggaranya pendidikan untuk menghasilkan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia.

Dalam rangka mengemban visi, misi dan tujuan pendidikan tersebut dikembangkan Kurikulum Pemimpin Peradaban Dunia Sekolah Islam Sabilillah Malang. Lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang diharapkan menjadi pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia.


PEMBELAJARAN INTERNASIONAL (CAMBRIDGE CURRICULUM)

Pembelajaran internasional di Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum merdeka dengan kurikulum Cambridge. Pembelajaran internasional diterapkan pada mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Pembelajaran internasional pada mata pelajaran tersebut didukung dengan penggunaan sumber belajar berbahasa Inggris sesuai dengan kurikulum Cambridge. Dengan implementasi dari integrasi Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Cambridge, dimensi saintis dan dimensi multilingual siswa dapat terus tumbuh dan berkembang serta berprestasi sebagai pemimpin peradaban dunia.


Lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang adalah generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia yang memiliki profil pemimpin yang (1) agamis, (2) qurani, (3) negarawan, (4) kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, (5) terampil berbahasa asing, dan (6) berprestasi. Dimensi profil pemimpin peradaban dunia tersebut berlandaskan pada karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Karakter 8 Cinta). Pemimpin Peradaban Dunia yang diharapkan memiliki profil sebagai berikut.

  1. Pemimpin agamis, beriman, bertakwa kepada Allah SAW, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang benar dan kuat dalam akidah, istikamah dalam ibadah, dan baik dalam akhlak.
  2. Pemimpin qurani, terampil membaca kitab suci Al Quran dengan tartil, terampil menerjemahkan Al Quran, dan terampil menghafal Al Quran.
  3. Pemimpin negarawan, memiliki jiwa patriot, memiliki jiwa kepemimpinan, dan jiwa enterpreneurship.
  4. Pemimpin saintis yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, memiliki keterampilan, kompetensi, dan keterampilan abad 21 serta berwawasan luas.
  5. Pemimpin multilingual yang mempunyai keterampilan berbahasa asing, bahasa Inggris dan bahasa Arab.
  6. Pemimpin berprestasi, meraih juara dalam olimpiade, festival, dan lomba di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional.


A. DIMENSI AGAMIS

1. PEMBELAJARAN SHALAT DHUHUR, ASHAR, DAN DUHA

Pembelajaran shalat dhuhur dan ashar dilaksanakan menyesuaikan waktu shalat. Teknisnya siswa melakasanakan shalat dhuhur dan ashar bersama kemudian membaca wirid dan doa. Untuk kelas 1 sampai 3 bacaan shalat dibaca keras bersama guru. Untuk kelas 4 sampai 6 shalat berjamaah di masjid.

Shalat duha dilaksanakan pada pagi hari di hari Selasa, Kamis, dan Jumat. Kegiatannya adalah siswa shalat duha bersama-sama kemudian membaca doa. Pembiasaan ini dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan dan membiasaan melaksanakan shalat wajib dan sunnah.

2. PENANAMAN AQIDAH PAGI

Penanaman aqidah pagi dilaksanakan dua kali seminggu. Yakni pada hari Selasa dan Jumat. Kegiatannya berupa siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai materi PAP pada hari itu. Materi disesuaikan dengan kebutuhan dan pembelajaran agamis siswa di sekolah. Seperti contoh di kelas 4 dan 5 materi PAP yang diberikan yakni tentang bahaya lisan. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pengingat untuk siswa agar selalu memperbaiki sikap menjadi lebih baik lagi.

3. PEMBELAJARAN MAKAN SIANG ISLAMI

Pembelajaran makan siang Islami dilaksanakan untuk membiasakan siswa makan dengan baik dan menyesuaika syariat atau aturan dalam Islam. Akan ada pemandu yang akan memimpin siswa untuk berdoa dan mengingatkan perilaku siswa saat makan. Kegiatan ini dilakukan setiap hari di siang hari saat jam makan siang.

4. PHBI

Kegiatan memperingati hari besar Islam rutin dilaksanakan di SD Islam Sabilillah Malang. Kegiatan PHBI diantaranya; peringatan Muharram, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, dll. Kegiatan ini kerap melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, serta Majelis Orang Tua Siswa (MOS).

B. DIMENSI QURANI

1. PEMBELAJARAN

Pembelajaran Al Quran menggunakan metode Sabilillah bil Qolam dikembangkan agar peserta didik mampu membaca Al Quran dengan tartil, menghafal Al Quran Juz 30.

  • Kelas 1 pembelajaran tuntas SBQ jilid 1 & 2
  • Kelas 2 pembelajaran tuntas SBQ jilid 3 & 4
  • Kelas 3 pembelajaran tuntas Tartil Al Qur'an 30 juz, Tajwid dan Ghorib
  • Kelas 4 pembelajaran tuntas hafalan juz 30
  • Kelas 5 pembelajaran hafalan surat surat pilihan
  • Kelas 6 pembelajaran murajaah Tartil, dan hafalan
2. TASHIH (Uji Kompetensi Akhir)

Tashih merupakan ujian akhir dari pembelajaran Al Qur'an untuk mengukur kompetensi dan kelayakan siswa dalam membaca Al Qur'an secara tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Pelaksanaan tashih Al Qur'an dilakukan dua kali dalam setiap tahun pelajaran yaitu semester ganjil pada bulan Oktober dan semester genap pada bulan April. Penguji tashih adalah dari tim Bil Qolam Pusat Pesantren Ilmu Al Qur'an (PIQ) Singosari.

3. WISUDA AL QUR’AN

Dilaksanakan dan diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 yang telah menyelesaikan tashih Tartil dan Hafalan juz 30

C. DIMENSI SAINTIS

1. PEMBELAJARAN DIGITAL

SD Islam Sabilillah Malang telah menggunakan pembelajaran digital terutama di kelas 4,5, dan 6. Siswa kelas 4,5, dan 6 membawa laptop sebagai media belajar di sekolah. Dikelas juga dilengkapi dengan Interactive Flat Panel (IFP) guna mendukung proses belajar siswa. Dengan adanya kelas digital ini diharapkan siswa mampu meningkatkan kemampuan belajar dan mempermudahproses belajar mereka. Siswa bisa mengakes sumber belajar dari mana saja dan kapan saja.

2. SUKSES US (UJIAN SEKOLAH) DAN UKD (UJI KOMPETENSI DAERAH)

Sukses US dan UKD adalah serangkaian kegiatan guna memfasilitasi proses belajar siswa untuk mendapatkan nilai terbaik pada US dan UKD di kelas 6. Kegiatan ini berupa bimbingan belajar intensif yang diberikan kepada siswa kelas 6. Kegiatan sukses US dan UKD dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu jelang waktu UD dan UKD. Harapannya siswa bisa meraih nilai terbaik dalam US dan UKD.

3. SUKSES ANBK (ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER)

Sukses ANBK dilaksanakan pada siswa kelas 5. Kegiatan ini berupa bimbingan belajar intensif bagi siswa yang mengikuti ANBK. Harapannya siswa bisa memperoleh nilai maksimal pada mata pelajaran yang diujikan saat ANBK.

D. DIMENSI MULTILINGUAL

1. SDIS ENGLISH IMMERSION

SDIS English Immersion merupakan kegiatan kunjungan ke luar negri yakni Malaysia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dan mengenal budaya di negara yang dikunjungi. Siswa berkunjung ke tempat edukasi seperti sekolah Internasional untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbahasa Inggris, bersosialisai, dan bertukar budaya bersama siswa di luar negri. Harapannya siswa dapat praktik atau berdialog menggunakan bahasa Inggris dan mendapatkan pengalaman secara langsung.

2. DRILLING TIME

Drilling time adalah kegiatan pembiasaan membaca ekspresi menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Ekspresi yang dibacakan bisa berupa percakapan atau kalimat yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing kelas memiliki English guide dan Muharik/muharikkah yang menjadi pioneer untuk mengajak siswa di kelas bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris pada saat English Day dan menggunakan bahasa Arab pada saat Arabic Day.

3. ENGLISH DAY DAN ARABIC DAY

English day dan Arabic day merupakan hari di mana siswa dihimbau untuk berbicara menggunakan English atau Arabic di lingkungan sekolah. English day dilaksanakan setiap hari Rabu dan Arabic day dilaksanakan setiap hari Kamis. Tujuannya adalah untuk memotivasi siswa agar mau dan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam berkomunikasi. Nantinya, diharapkan siswa dapat menguasai 2 bahasa Internasional tersebut.

4. ENGLISH ON STAGE DAN ARABIC ALA MIMBAR

English on stage (EOS) dan Arabic ala mimbar (ALMA) merupakan kegiatan yang dilakukan satu kali dalam satu minggu saat English day (rabu) dan Arabic day (kamis). Kegiatan ini berisikan tampilan siswa per kelas. Tampilan berupa menyanyi dan menari, membaca puisi, bercerita, bercakap-cakap, drama, dll. Tujuannya untuk membangun keberanian siswa dalam berbicara di depan umum menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab.

5. LEARN ENGLISH WITH NATIVE SPEAKER (LINKER) DAN AL-‘ARABIYYAH MA’A AN-NATHIQ

Kegiatan ini dikonsikan dengan mendatangkan native atau foreigner ke sekolah. Kemudian siswa bisa berkomunikasi bahasa Inggris dan bahasa Arab secara langsung bersama native atau foreigner. Tujuannya untuk membiasakan siswa praktik berbahasa Inggris atau Arab. Menciptakan rasa percaya diri dan berani berbicara dengan native. Dan memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa.


Translate