KURIKULUM


  1. Sistem Pembelajaran
  2. Berdasarkan visi dan delapan karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta dikembangkan tujuh program unggulan yang didalamnya mencerminkan sistem pembelajaran unggul dan rujukan bagi pembentukan pemimpin masa depan yang memiliki komitmen keislaman, komitmen kebangsaan dan kecendekiaan siswa bertaraf internasional.

  3. Pendekatan Pembelajaran
  4. TK Islam Sabilillah menerapkan Pendekatan BCCT atau pendekatan sentra dan lingkaran yang diadopsi dari Creatif Center For Chilhood Reserarch And Trening (CCRT) yang berkeduduan di Florida, Amerika Serikat Pendekatan sentra dan lingkaran adalah pendekatan penyelenggaraan PAUD yang berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat dalam lingkaran dengan menggunakan 4 jenis pijakan (scaffolding) untuk mendukung perkembangan anak. Empat pijakan tersebut adalah :

    1. Pijakan lingkungan main
    2. Pijakan sebelum main
    3. Pijakan selama main
    4. Pijakan setelah main

    Sentra main adalah zona atau area main anak yang dilengkapi dengan seperangkat alat main yang berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak dengan jumlah sentra yang dimiliki adalah sebagai berikut:

    1. Sentra balok
    2. Sentra musik dan olah tubuh
    3. Sentra bermain peran dan memasak
    4. Sentra persiapan
    5. Sentra seni dan kreativitas
    6. Sentra bahan alam dan sains

  5. Tujuan Program Unit BCCT
    1. Mengoptimalkan potensi anak dalam kemampuan kognitif, afekti, dan psikomotorik, serta menanamkan nilai-nilai agama pada anak
    2. Proses pembelajaran diharapkan berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekeja mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru
    3. Membuat situasi belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan sehingga siswa dapat belajar sampai tingkatan ,siswa dapat memecahkan masalah dengan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya.
    4. Menanamkan peserta didik dengan nilai karakter cinta Alloh dan Rosul, cinta orang tua dan guru, cinta diri sendiri, cinta sesama, cinta keunggulan, cinta alam sekitar, cinta ilmu pengetahuan dan teknologi serta cinta bangsa dan Negara.