Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Edukasi Pemilu Anak Usia Dini

03 February 2024

Oleh: Dinda Kurnia Rizky, S.Psi

Kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) akan dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemilu merupakan pilar utama dalam sistem demokrasi dan partisipasi warga negara akan hak dan kewajiban politiknya sangat penting.

Memang hak memilih hanya untuk warga Negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun, akan tetapi untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis dan berpartisipasi, edukasi pemilu pada usia dini, khususnya anak-anak menjadi langkah yang sangat strategis.

Menurut World Health Organization (WHO) anak usia dini berkisar pada usia 3-5 tahun. Pada usia dini, anak-anak sedang dalam periode emas, yaitu perkembangan yang kritis. Edukasi pemilu pada tahap ini dapat membentuk dasar pemahaman mereka tentang konsep demokrasi, hak, dan tanggung jawab kewarganegaraan.

Memahami setiap orang memiliki peran dalam memilih pemimpin dan berkontribusi pada pembentukan kebijakan negara merupakan konsep dasar yang dapat ditanamkan sejak dini. Ada beberapa cara terkait menanamkan pengetahuan kepada anak tentang demokrasi, hak dan tangungjawab berwarga neraga.

Di antaranya, membangun kesadaran akan hak dan kewajiban, menerapkan pembelajaran berbasis pengalaman, menanamkan nilai-nilai demokratis, menggunakan media yang sesuai dengan perkembangan, serta pentingnya partisipasi lingkungan keluarga dan sekolah.



Membangun Kesadaran Hak dan Kewajiban

Pada anak usia dini, mulai dikenalkan apa itu hak dan apa itu kewajiban kepada anak. Hak harus selalu dibarengi dengan kewajiban. Edukasi pemilu pada anak usia dini membantu membangun kesadaran akan hak dan kewajiban dalam sistem demokrasi.

Anak-anak diajak memahami bahwa mereka memiliki hak untuk berpendapat dan memilih pemimpin. Pada saat yang sama, mereka juga akan menyadari tanggung jawab mereka untuk ikut serta dalam proses demokratis tersebut ketika tumbuh dewasa.



Pembelajaran Berbasis Pengalaman

Pembelajaran yang efektif pada anak usia dini dapat dilakukan melalui pengalaman langsung. Pengalaman langsung ini akan terekam sempurna dalam ingatan anak dan dapat menjadi sebuah pembelajaran yang bermakna. Pembuat kurikulum dan pendidik dapat merancang aktivitas simulasi pemilu di kelas.

Seperti pemilihan ketua kelas untuk memberikan pengalaman nyata tentang bagaimana proses pemilihan berlangsung. Ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang mekanisme demokrasi. Selain itu, aktivitas bermain mengenal kepemimpinan negara Indonesia atau mengenal lambang-lambang negara juga dapat membantu anak lebih memahami tentang menjadi warga negara Indonesia.

Tanamkan Nilai-Nilai Demokratis

Selain pengetahuan tentang proses pemilu, edukasi pemilu pada anak usia dini juga melibatkan penanaman nilai-nilai demokratis. Nilai seperti toleransi, menghargai perbedaan pendapat, dan kerjasama dapat diajarkan melalui konteks pemilu.

Anak-anak dapat belajar bahwa demokrasi bukan hanya tentang memilih, tetapi juga tentang menghormati pendapat orang lain. Seperti halnya pada pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), anak diminta untuk mengamati dan memikirkan solusi permasalahan di lingkungan sekitanya.

Pada proses ini, anak juga dilatih untuk dapat menghargai pendapat teman serta kerjasama secara positif dalam bersosial. Tentunya dalam proses ini anak usia dini masih perlu pendampingan orang dewasa guru, orangtua.



Media Pendidikan

Di era digital, media pendidikan yang sesuai dapat menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang pemilu. Pendidik dapat menggunakan materi edukatif yang menarik, seperti video animasi atau permainan edukatif interaktif, untuk menjelaskan konsep-konsep pemilu secara menyenangkan dan mudah dimengerti dalam bahasa anak-anak.

Edukasi pemilu pada anak usia dini tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, tetapi juga melibatkan peran orang tua. Mengajak partisipasi keluarga dalam diskusi tentang politik dan pemilu dapat memperkuat pemahaman anak-anak tentang konsep demokrasi. Demokrasi di rumah dapat juga dicontohkan orang tua, seperti halnya mendengarkan pendapat setiap anggota keluarga, memberi kesempatan anggota keluarga untuk mengungkapkan keinginan, berdiskusi dan bermusyawarah, saling membantu satu sama lain, dan tidak memaksakan kemauan diri sendiri.

Secara tidak langsung anak juga dapat belajar, mengamati dan mempraktikkan bagaimana berdemokrasi. Orang tua dapat memberikan contoh positif tentang partisipasi aktif dalam proses pemilihan, sehingga saat dewasa pun anak dapat menerapkan dan menjadi langkah strategis agar anak tidak memiliki sikap apatis terhadap politik di negaranya.

Mendidik anak-anak tentang pemilu pada usia dini adalah investasi jangka panjang untuk masyarakat yang demokratis dan partisipatif. Dengan memberikan pemahaman yang kuat tentang hak dan kewajiban mereka dalam proses demokratis, anak-anak dapat tumbuh menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan aktif. Pendidikan pemilu pada usia dini bukan hanya tentang memahami mekanisme pemilihan, tetapi juga tentang membentuk nilai-nilai demokratis yang mendasar. Dengan pendidikan yang tepat, kita dapat membentuk generasi penerus yang memiliki pemahaman mendalam tentang pentingnya partisipasi dalam membangun masyarakat demokratis yang inklusif. Pemilihan sekolah yang tepat dapat membentuk anak menjadi penerus pemimpin negara di masa depan.(*)

Translate