Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Literasi dan Numerisasi Pada Anak Usia Dini

21 January 2025

Oleh: Renny Yunis Aprilawati, S.Pd

Meningkatkan literasi pada usia dini bisa dilakukan dengan banyak cara. Membaca buku bersama anak setiap hari, dengan memilih buku yang sesuai dengan usia mereka. Mengajak anak berbicara tentang apa yang mereka lihat dan alami. Memperkenalkan huruf dan angka secara visual dan lisan melalui permainan atau aktivitas yang menyenangkan.
Bisa juga dengan mengajak anak membaca kartu huruf, kartu kata, kartu kalimat sederhana dan membaca simbol-simbol yang ada di lingkungan sekitar. Mendorong anak untuk menciptakan cerita mereka sendiri atau menggambar dan menceritakan kisah berdasarkan gambar. Menggunakan teknologi dengan bijak, seperti aplikasi membaca dan menulis yang menyenangkan dan mendidik.

Numerisasi adalah proses pengenalan dan pemahaman konsep-konsep Matematika dasar, seperti angka, pola, urutan, dan hubungan antar objek. Pada anak usia dini, numerisasi mencakup pengenalan terhadap angka serta konsep-konsep Matematika yang sederhana yang dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir logis, memecahkan masalah, dan memahami dunia di sekitar mereka.
Proses numerisasi ini sangat penting karena dasar-dasar Matematika yang dipelajari di usia dini akan mempengaruhi kemampuan anak dalam mempelajari matematika lebih lanjut di masa depan.

Tujuan numerisasi pada anak usia dini adalah untuk mengenalkan anak pada konsep-konsep Matematika dasar yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Serta membantu mereka membangun keterampilan dasar yang akan digunakan dalam aktivitas akademik dan kehidupan mereka.Pada anak usia dini, numerisasi tidak hanya mencakup pengenalan angka, tetapi juga melibatkan pemahaman berbagai konsep dasar Matematika yang sederhana. Beberapa aspek penting numerisasi pada anak usia dini antara lain: Pengenalan Angka dan Penghitungan, Pengenalan Pola, Urutan dan Peringkat, Pengelompokan dan Kategorisasi, serta Pengukuran dan Ukuran.

 Beberapa pendekatan dan aktivitas yang dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan numerisasi mereka. Pertama, Menggunakan mainan edukatif seperti balok bangunan, puzzle angka, atau alat peraga matematika lainnya.Kedua, Mengajak anak menghitung dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menghitung langkah kaki dan saat belanja. Ketiga, Mengenalkan pola dan urutan. Keempat, Menggunakan buku bergambar dengan tema Matematika. Kelima, Permainan Matematika interaktif. Seperti aplikasi edukasi yang mengharuskan anak untuk menghitung atau menyusun benda berdasarkan kategori tertentu.

Numerisasi pada anak usia dini memberikan banyak manfaat yang akan dirasakan sepanjang hidup anak. Antara lain: Pertama, Mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kritis. Kedua, Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.Ketiga, Membangun dasar Matematika untuk pembelajaran di masa depan. Keempat, Meningkatkan kemampuan sosial dan kolaborasi.

Translate