Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:

Kurikulum SMA Islam Sabilillah Malang


Visi

Terwujudnya SMA Islam Boarding School sistem pesantren unggul dan rujukan dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia

Misi

SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School menyelenggarakan pendidikan yang terintegrasi dengan program kepengasuhan Ma'had SMA Islam Sabilillah, yaitu:

Tujuan

  1. Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler bidang keislaman peserta didik;
  2. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai cinta Allah & Rasul dan cinta orang tua & guru;
  3. Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler bidang kebangsaan peserta didik;
  4. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai cinta diri sendiri, cinta sesama, cinta alam sekitar, dan cinta bangsa & negara;
  5. Menyelenggarakan pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler bidang kecendekiaan bertaraf internasional;
  6. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai cinta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan cinta keunggulan;
  7. Menyelenggarakan pembelajaran internalisasi nilai-nilai kepemimpinan islam kelas dunia.

Kurikulum Pemimpin Peradaban Dunia

Dalam rangka mengemban visi, misi dan tujuan pendidikan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School menerapkan Kurikulum Pemimpin Peradaban Dunia Sekolah Islam Sabilillah Malang.

Pembelajaran dilaksanakan di sekolah dan di Mahad secara terpadu dan berkelanjutan. Kurikulum mengintegrasikan antara kurikulum merdeka, kurikulum lembaga (islami) dan integrasi kurikulum internasional.


PEMBELAJARAN INTERNASIONAL (CAMBRIDGE CURRICULUM)

Pembelajaran internasional di Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum merdeka dengan kurikulum Cambridge. Pembelajaran internasional diterapkan pada mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Pembelajaran internasional pada mata pelajaran tersebut didukung dengan penggunaan sumber belajar berbahasa Inggris sesuai dengan kurikulum Cambridge. Dengan implementasi dari integrasi Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Cambridge, dimensi saintis dan dimensi multilingual siswa dapat terus tumbuh dan berkembang serta berprestasi sebagai pemimpin peradaban dunia.


Lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang adalah generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia yang memiliki profil pemimpin yang (1) agamis, (2) qurani, (3) negarawan, (4) kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, (5) terampil berbahasa asing, dan (6) berprestasi. Dimensi profil pemimpin peradaban dunia tersebut berlandaskan pada karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Karakter 8 Cinta). Pemimpin Peradaban Dunia yang diharapkan memiliki profil sebagai berikut.

  1. Pemimpin agamis, beriman, bertakwa kepada Allah SAW, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang benar dan kuat dalam akidah, istikamah dalam ibadah, dan baik dalam akhlak.
  2. Pemimpin qurani, terampil membaca kitab suci Al Quran dengan tartil, terampil menerjemahkan Al Quran, dan terampil menghafal Al Quran.
  3. Pemimpin negarawan, memiliki jiwa patriot, memiliki jiwa kepemimpinan, dan jiwa enterpreneurship.
  4. Pemimpin saintis yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, memiliki keterampilan, kompetensi, dan keterampilan abad 21 serta berwawasan luas.
  5. Pemimpin multilingual yang mempunyai keterampilan berbahasa asing, bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Jerman, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin.
  6. Pemimpin berprestasi, meraih juara dalam olimpiade, festival, dan lomba di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional serta alumni SMA Islam sabilillah Malang Boarding School di terima di Perguruan Tinggi TOP 1000 Dunia.


Prinsip Pembelajaran
Pembelajaran berorientasi pada prinsip

  1. WISER
  2. Pembelajaran bertujuan siswa memiliki karakter wonder (bertanya-tanya), investigate (mencari tahu), synthesize (menyimpulkan), express (mempresentasikan), reflective (interopeksi diri).

  3. STREAM
  4. Pendekatan pembelajaran interdisiplin yang memadukan antara pengetahuan (science), teknologi (technology), keislaman (religion), teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics).

  5. Pembelajaran Berbasis Proyek
  6. Pembelajaran berbasis proyek (Thematic Project Based Learning) menggunakan sintaks PAPER (Presenting, Analizing, Planning, Executing, Reporting)

  7. We Love
  8. Pembelajaran mengintegrasikan karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Cinta 360 derajat) yaitu nilai 8 Cinta


SMAIS ENGLISH IMMERSION

SMAIS English Immersion adalah kegiatan kunjungan ke luar negeri dalam rangka praktik berbahasa inggris dan mengenal budaya barat dalam bidang pendidikan dan peradaban dunia. Kegiatan ini dilakukan sekali selama belajar di SMA Islam Sabilillah Malang yaitu ketika kelas XI. Saran kunjungan adalah perguruan tinggi unggulan dan sekoalh setingkat SMA di obyek negara saswaran. Luaran Kegiatan SMAIS English Immersion adalah


  1. Siswa mendapatkan pembelajaran English Skills (Reading, Listening, Speaking, Writing) di sekolah Internasional di Malaysia atau Singapura.
  2. Siswa dapat mempraktikkan dialog tentang kegiatan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris di Malaysia dan Singapura.
  3. Khusus untuk siswa SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School mengunjungi/overview kurikulum kampus di Malaysia dan Singapura.

DRILLING TIME

Drilling time adalah kegiatan pembiasaan dan praktik berbahasa asing (English/arab) melalui pelafalan kalimat percakapans\ sehari-hari dalam bahas ainggris/arab. Kegiatan dilaksanakan di pagi hari sebelum aktivitas pembelajarn dipimpin oleh ssiwa potensial dan dibimbing oleh wali kelas.


ENGLISH ON STAGE /ARABIC ALA MIMBAR

Kegiatan pembiasaan berbahasa inggris/arab dilakuakn di jam istirahat yang diikuti oleh semua siswa dengan tampilan siswa secara bergantian. Ragam kegaiatan antaar lain dialog bahasa asing, bermain drama, bernyangi, orasi, dan lain-lain.


ENGLISH WITH NATIVE / AL-'ARABIYYAH MA'A AN-NATHIQ

Kegiatan motivasi berbahasa Inggris/Arab dan sekaligus belajar berbahasa asing bersama dengan penutur bahasa (native) maupun foreigner. Kegiatan dilakukan denganc aa mendatangkan native ke sekolah untuk bersama=sama dengan siswa belajar berbahasa Inggris.

Translate