Visi
Terwujudnya SMA Islam Boarding School sistem pesantren unggul dan rujukan dalam pembentukan pemimpin peradaban dunia yang islami, berkebangsaan, dan cendekia
Misi
SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School menyelenggarakan pendidikan yang terintegrasi dengan program kepengasuhan Ma'had SMA Islam Sabilillah, yaitu:
Tujuan
Kurikulum Pemimpin Peradaban Dunia
Dalam rangka mengemban visi, misi dan tujuan pendidikan SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School menerapkan Kurikulum Pemimpin Peradaban Dunia Sekolah Islam Sabilillah Malang.
Pembelajaran dilaksanakan di sekolah dan di Mahad secara terpadu dan berkelanjutan. Kurikulum mengintegrasikan antara kurikulum merdeka, kurikulum lembaga (islami) dan integrasi kurikulum internasional.
Pembelajaran internasional di Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) dilakukan dengan mengintegrasikan kurikulum merdeka dengan kurikulum Cambridge. Pembelajaran internasional diterapkan pada mata pelajaran Matematika, IPA, dan Bahasa Inggris. Pembelajaran internasional pada mata pelajaran tersebut didukung dengan penggunaan sumber belajar berbahasa Inggris sesuai dengan kurikulum Cambridge. Dengan implementasi dari integrasi Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Cambridge, dimensi saintis dan dimensi multilingual siswa dapat terus tumbuh dan berkembang serta berprestasi sebagai pemimpin peradaban dunia.
Lulusan Sekolah Islam Sabilillah Malang adalah generasi terdepan dalam pembaharuan peradaban dunia yang memiliki profil pemimpin yang (1) agamis, (2) qurani, (3) negarawan, (4) kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, (5) terampil berbahasa asing, dan (6) berprestasi. Dimensi profil pemimpin peradaban dunia tersebut berlandaskan pada karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Karakter 8 Cinta). Pemimpin Peradaban Dunia yang diharapkan memiliki profil sebagai berikut.
Prinsip Pembelajaran
Pembelajaran berorientasi pada prinsip
Pembelajaran bertujuan siswa memiliki karakter wonder (bertanya-tanya), investigate (mencari tahu), synthesize (menyimpulkan), express (mempresentasikan), reflective (interopeksi diri).
Pendekatan pembelajaran interdisiplin yang memadukan antara pengetahuan (science), teknologi (technology), keislaman (religion), teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics).
Pembelajaran berbasis proyek (Thematic Project Based Learning) menggunakan sintaks PAPER (Presenting, Analizing, Planning, Executing, Reporting)
Pembelajaran mengintegrasikan karakter Siswa Sabilillah Penuh Cinta (Cinta 360 derajat) yaitu nilai 8 Cinta
SMAIS ENGLISH IMMERSION
SMAIS English Immersion adalah kegiatan kunjungan ke luar negeri dalam rangka praktik berbahasa inggris dan mengenal budaya barat dalam bidang pendidikan dan peradaban dunia. Kegiatan ini dilakukan sekali selama belajar di SMA Islam Sabilillah Malang yaitu ketika kelas XI. Saran kunjungan adalah perguruan tinggi unggulan dan sekoalh setingkat SMA di obyek negara saswaran. Luaran Kegiatan SMAIS English Immersion adalah
DRILLING TIME
Drilling time adalah kegiatan pembiasaan dan praktik berbahasa asing (English/arab) melalui pelafalan kalimat percakapans\ sehari-hari dalam bahas ainggris/arab. Kegiatan dilaksanakan di pagi hari sebelum aktivitas pembelajarn dipimpin oleh ssiwa potensial dan dibimbing oleh wali kelas.
ENGLISH ON STAGE /ARABIC ALA MIMBAR
Kegiatan pembiasaan berbahasa inggris/arab dilakuakn di jam istirahat yang diikuti oleh semua siswa dengan tampilan siswa secara bergantian. Ragam kegaiatan antaar lain dialog bahasa asing, bermain drama, bernyangi, orasi, dan lain-lain.
ENGLISH WITH NATIVE / AL-'ARABIYYAH MA'A AN-NATHIQ
Kegiatan motivasi berbahasa Inggris/Arab dan sekaligus belajar berbahasa asing bersama dengan penutur bahasa (native) maupun foreigner. Kegiatan dilakukan denganc aa mendatangkan native ke sekolah untuk bersama=sama dengan siswa belajar berbahasa Inggris.