Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang admin@sekolahsabilillah.sch.id
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Sukses mengerjakan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer)

10 September 2024

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2024 merupakan evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menggantikan Ujian Nasional (UN). ANBK bertujuan untuk menilai mutu pendidikan di setiap sekolah di seluruh Indonesia.

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan, ANBK adalah program untuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemedikbud yang biasanya diikuti oleh siswa SD kelas 5, siswa SMP kelas 8 dan siswa SMA, SMK kelas 11 sederajat. ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah penilaian yang dilakukan menggunakan komputer sebagai alat untuk menampilkan dan menjawab soal. ANBK merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Dalam ANBK siswa kelas V yang akan mengikuti ujian. Dikutip dari buku Adiksimba Asesmen Nasional, mengenai tujuan ANBK untuk mengukur tiga hal, yakni:
• Hasil belajar kognitif
• Hasil belajar non-kognitif
• Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan

Adapun ujian ANBK adalah meliputi Literasi dan Numerasi, Survey Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar. Tujuan ANBK adalah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan di sekolah. Hasil ANBK akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki mutu sekolah. Mutu sekolah ditentukan berdasarkan hasil nilai numerasi literasi dan survey karakter yg dilakukan oleh 35 anak terpilih dan 35 anak dipilih acak dari kemendikbud. Usaha yang dilakukan oleh SD Islam Sabilillah Malang 1 untuk mendapat hasil yang terbaik di ANBK adalah dengan melaksanakan bimbingan tambahan untuk anak 35 yang sudah dipih. Bimbingan tersebut akan dilaksanakan setiap hari pukul 6.45-07.30 dan 11.00-11.45. Pelaksanaan ANBK akan dilaksanakan tanggal 28,29 dan 30 Oktober. Besar harapannya semoga ananda kelas 5 dapat melaksanakan serta mengerjakan ANBK dengan lancar dan mendapat hasil yang terbaik. Aamiin ya Robbal 'alamiin..

Translate