Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Napak Tilas Makam KH. Muhammad Tholhah Hasan dalam Rangka Menyambut HUT SDIS 1 Ke-28

12 October 2024

Menjelang HUT SDI Sabilillah Malang 1 yang ke - 28, Sabtu 12 Oktober 2024 para guru, tenaga kependidikan, dan perwakilan Majlis Orangtua Siswa (MOS) kompak berziarah-napak tilas ke makam KH. Muhammad Tholhah Hasan di Kompleks Pemakaman Mbah Bungkuk (KH. Thohir) Singosari. Hal tersebut telah menjadi tradisi rutin tahunan dalam rangka memohon berkah melalui wasilah KH. Muhammad Tholhah Hasan selaku tokoh pendiri SD Islam Sabilillah Malang 1.

Acara dimulai pada pukul 16.00 dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan sholawat dan tahlil, kemudian dilanjut dengan sambutan Kepala Sekolah SD Islam Sabilillah Malang 1. Dalam sambutannya, Ibu Qoniah Agustina, S.Pd selaku Kepala Sekolah SDIS 1 menyampaikan bahwa, "Tradisi rutinan ini perlu untuk terus dilestarikan, sebagai bentuk bakti kita kepada pendiri SD Islam Sabilillah Malang 1, agar kita dapat terus mengingat segala perjuangan dan pengorbanan para pendiri Sabilillah dan termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik untuk Sabilillah,".

Pembacaan yaasin dan tahlil dipimpin oleh Bapak Achmad Fajrul Falach, S.Pd dan Bapak Choirul Anam, S.PdI. Setelah kirim doa, pembacaan yaasin dan tahlil dirampungkan dilanjutkan dengan pembacaan manaqib singkat KH. Muhammad Tholhah Hasan oleh Bapak Manshur Yahya, S.Pd. Hal tersebut bertujuan untuk mengingat dan mengenal kembali sosok KH. Muhammad Tholhah Hasan dengan segala perjuangan, pengorbanan, dan karya-karya almaghfurlah.

Pada kompleks pemakaman Mbah Bungkuk Singosari juga terdapat beberapa makam tokoh nasional yang juga sangat berjasa untuk Yayasan Sabilillah yaitu KH. Masjkur yang dikenal sebagai "Laskar Sabilillah" pada saat itu.
Kesempatan penuh khidmat tersebut ditutup dengan acara tabur bunga oleh tim manajemen SDIS, perwakilan MOS, dan beberapa Bapak Ibu guru. (zhr)

Translate