Jl. Terusan Piranha Atas No.135 Malang [email protected]
Follow us:
Sekolah Islam Sabilillah Malang - SISMA

Assembly My Project Bertemakan “Technology” SD Islam Sabilillah Malang 1

05 October 2024

Sabtu 5 Oktober 2024, SD Islam Sabilillah Malang 1 kembali menggelar Assembly My Project sebagai lanjutan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini merupakan presentasi hasil karya dalam pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Kegiatan ini diikuti oleh kelas II-V dilaksanakan di kelas masing-masing dengan dihadiri oleh orang tua siswa. Tema besar My Project tema 1 kali ini adalah Technology.

Tujuan adanya pembelajaran dengan metode PjBL adalah untuk mengasah kompetensi 4C pada siswa, sebagaimana urgensi hal tersebut dalam pembelajaran Abad 21. Untuk tugas PjBL siswa diberi waktu tiga bulan untuk merampungkan proyek yang akan dibuat. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara heterogen. Kemudian guru berpperan dalam membimbing siswa dalam menyelesaikan proyek.

Beragam proyek hasil karya siswa ditampilkan dan dipresentasikan di depan orang tua. Siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang 1 menampilkan karya-karya yang menarik inovatif dengan mengambil permasalahan yang ada di sekitar, seperti: kemacetan, kemiskinan, kebanjiran, dan pencemaran lingkungan.

Kegiatan Assembly My Project merupakan tahapan terakhir pada sintaks pembelajaran PjBL yang menjadi ciri khas Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA) yaitu reporting. Sintaks pembelajaran My Project di SISMA adalah PAPER.
Sintaks PAPER yang dimaksud terdiri dari beberapa tahap antara lain: Presenting Issue , Analyzing, Planning Executing, dan Reporting. “Pada tahapan Presenting Issue siwa akan dihadapkan pada permasalahan yang ada di sekitar, kemudian pada tahapan Analyzing siswa akan menganalisis permasalahan yang terjadi dan mencoba untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, kemudian siswa akan membuat rancangan timeline kegiatan pada tahapan Planning, setelah membuat rancangan kegiatan siswa akan melanjutkan dengan pembuatan proyek pada tahapan Executing dengan waktu pengerjaan sekitar 2 minggu. Setelahnya, siswa akan melaporkan hasil karyanya pada tahapan reporting. Tahap ini dikemas dalam kegiatan Assembly My Project yang dilakukan saat ini,” ucap Bu Zahro selaku salah satu guru pengampu My Project SD Islam Sabilillah Malang 1.

“Dengan pelaksanaan Assembly My Project ini, kami berharap siswa-siswi SD Islam Sabilillah Malang 1 dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, rasa percaya diri, dan meningkatkan kemampuan 4C’s” tambah Bu Zahro. (zhr)

Translate